Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

PELAJARAN TENTANG BUKU FIKSI DAN NONFIKSI: Bahasa Indonesia Kelas VIII/Smstr 2

Posted by lembursingkur pada Juli 13, 2018

Pengertian Jenis-jenis Buku Fiksi

• Buku Fiksi
Merupakan buku yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Tidak membutuhkan pengamatan dalam pembuatannya dan tidak tidak perlu dipertanggungjawabkan, karena ide ceritanya berasal dari khayalan atau imajinasi penulis. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa kiasan atau konotatif. Jadi, pembaca diajak untuk masuk ke dalam cerita itu dengan bahasa yang tidak biasa.

• Buku Non-fiksi
Merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Dalam buku nonfiksi, membutuhan pengamatan dan data dalam pembuatannya, sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa denotatif atau bahasa sebenarnya, jadi pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi buku. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan data maka isi dari buku tersebut harus memiliki fakta-fakta. Oleh karena itu, buku nonfiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca.

Nah, setelah mengetahui bahwa buku dibagi dalam dua jenis yakni fiksi dan non fiksi. Saatnya kita mengetahui apa sih buku novel, roman, jurnal dsb tersebut.

Dimulai dari buku fiksi terlebih dahulu. Buku fiksi adalah buku-buku karanyan atau khayalan seperti yang telah dijelaskan di atas. Buku yang terdiri dari non fiksi adalah novel, roman, antologi cerpen, dongeng.

Buku novel adalah suatu karya sastra dengan karangan panjang yang menceritakan suatu tokoh utama dengan berbagai peristiwa. Pada dasarnya novel ini bisa ternspirasi dari kisah nyata atau bisa juga murni khayalan.

Berikutnya adalah buku roman, roman adalah suatu karya sastra dengan karangan panjang dalam bentuk prosa atau gancaran yang isinya melukiskan perilaku tokohnya.

Lalu ada buku antologi cerpen atau bisa juga antologi puisi, yakni buku yang berisi kumpulan karya sastra cerita pendek dan syair-syair puisi.

Nah, antara novel, antologi cerpen dan roman ini seringkali memiliki suatu kesamaan. Lalu apa yang membedakan antara novel, cerpen dan roman?

Ciri-ciri pada cerpen adalah :
1. Menceritakan sebuah peristiwa dalam hidup seseorang
2. Dikemas dengan narasi yang pendek

Ciri-ciri novel adalah :
1. Menceritakan sebagian kecil kisah-kisah hidup seseorang
2. Narasinya lebih panjang daripada cerpen

Ciri-ciri roman adalah :
1. Menceritakan sebagian besar kisah-kisah hidup seseorang
2. Menceritakan sebagian kisah-kisah hidup seseorang hingga ia meningal

Pengertian Jenis-jenis Buku Non Fiksi
Selanjutnya yakni buku-buku non fiksi. Di mana buku non fiksi artinya adalah buku yang berdasarkan hal nyata, tidak rekaan dan khayalan. Seperti buku ajar, buku pelajaran, biografi, buku ajar.

Berangkat dari pengertian buku ajar dahulu, buku ajar adalah buku pegangan untuk suatu mata kuliah atau mata pelajaran yang ditulis dan disusun oleh para pakar bidang terkait. Buku itu telah memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan.

Jadi kata kunci dari buku ajar adalah disusun sesuai dengan mata pelajaran atau mata kuliah tertentu. Dimana buku tersebut diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan maka artinya buku tersebut tentulah harus memiliki ISBN.
Kemudian ada pengertian buku teks atau buku referensi. Buku teks adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya fokus pada satu bidang ilmu. Buku teks membahas suatu topik yang cukup luas.
Urutan materinya dan struktur buku teksnya benar-benar disusun berdasarkan logika bidang ilmu atau conten oriented. Buku teks adalah buku yang diterbikant secara resmi untuk dipasarkan.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah pengertian buku teks menurut beberapa ahli.

Hall-Quest
Buku teks adalah rekaman susunan susunan rasial yang disusun untuk maksud-maksud an tujuan-tujuna instruksional.

Bacon
Buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan di kelas dengan cermat disusun dan disiapkan oleh paka atau ahli ahli dalam bidang itu. Kemudian diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.

Tarigan dan Tarigan
Buku tek merupakan buku pelajaran dalam bidang studi tertentu. Di mana buku teks merupakan buku standart. Disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan instruksional.

Dilengkapi pula oleh sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahamai. Ya, mudah dipahami ketika digunakan oleh pemakainya di ekola-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.

Selain itu dlam Permendiknas nomor 2 tahun 2008 pasal 1 menjelaskan bahwa :
Buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi. Buku teks memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia dan kepribadian.

Lalu juga disusun untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.

Lalu untuk buku diktat sendiri adalah bahan ajar untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pengajar mata kuliah tersebut. Buku diktat ditulis dengan mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebar luaskan kepada peserta kuliah.

Kemudian yang terkgir adalah pengertian buku biografi. Buku biografi adalah buku yang menceritakan tentang kisah seorang tokoh dimulai dari latar belakang pendidikannya hingga kehidupan sehari-harinya dan keluarganya.
Buku biografi umumnya mnceritakan suatu tokoh yang membawa perubahan atau menginspirasi. Seperti biografi Soekarno, Albert Einsten, Kartini, Jendral Soedirman, dll.

Nah, lalu apa ya perbedaan antara buku ajar, buku teks, buku diktat dan buku biografi ini?
Ciri-ciri buku ajar  adalah :
Berusaha menimbulkan minat baca
Dirancang dan ditulis untuk mahasiswa
Menjelaskan tujuan instruksional
Dipergunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan
Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel, sistematis dan terstruktur. Hal ini berdasarkan kebutuhan mahasiswa dan kompetensi yang ingin dicapai.
Fokus pada pemberian kesempatan bagi mahasiswa untk berlatih
Memberi rangkuman
Gaya penulisan komunikatif

Ciri-ciri buku teks :
Mengasumsikan minat dari pembaca
Belum tentu menjelaskan tujuan instruksional
Dirancang untuk dipasarkan secar luas
Disusun secara linear dan strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu
Gaya penulisan naratif, tidak komunikatif dan padat
Tidak ada mekanisme umpan balik

Ciri-ciri buku diktat adalah :
Bahan ajar untuk suatu mata kuliah
Ditulis oleh pengajar mata kuliah tersebut
Mengikuti kaidah penulisan ilmiah
Disebarluaskan kepada peserta kuliah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: