Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

CONTOH PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM 2013

Posted by lembursingkur pada Juli 4, 2016

PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN    : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI

PEKERTI

SATUAN PENDIDIKAN    :

K E L A S            : VII

TAHUN PELAJARAN : 2016/ 2017

 

Kompetensi Dasar SMT ALOKASI WAKTU
1.1    Terbiasa membaca al-Qurān dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.

2.1    Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan hadis terkait.

3.1    Memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.

4.1.1  Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  dengan tartil.

4.1.2  Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

4.1.3  Menyajikan    keterkaitan  semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

GANJIL 12 JP
1.3   Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.

2.3   Menghayati perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi  makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

3.3   Memahami makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

4.3   Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

GANJIL 9 JP
1.5  Meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah agama.

2.5  Menghayati perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.

3.5  Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

4.5  Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah.

GANJIL 6 JP
1.7 Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.

2.7 Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.

3.7 Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.

4.7Menyajikan tata cara bersuci dari hadas besar.

GANJIL 9 JP
1.8  Menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.

2.8 Menghayati perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah.

3.8  Memahami ketentuan salat berjamaah.

4.8  Mempraktikkan salat berjamaah.

GANJIL 9 JP
1.11  Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.

2.11 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.

3.11  Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

4.11  Menyajikan contoh strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

GANJIL 6 JP
  51 JP
1.2    Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

2.2    Menghayati perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134, dan Hadis terkait.

3.2    Memahami Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

4.2.1 Membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan tartil.

4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134dengan lancar.

4.2.3. Menyajikan  hubungan  keterkaitan  ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.

GENAP 12 JP
1-4  Beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

2.4  Menghayati perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat.

3.4  Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli.

4.4  Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt.

GENAP 9 JP

 

1.6  Menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama.

2.6  Menghayati perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari.

3.6   Memahami makna empati terhadap sesama, hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru.

4.6  Menyajikan makna empati terhadap sesama, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

GENAP 6 JP
1.9  Menunaikan salat Jum’at sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah.

2.9    Menghayati perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat Jum’at

3.9    Memahami ketentuan salat Jum’at.

4.9    Mempraktikkan salat Jum’at.

GENAP 12 JP
1.10  Menunaikan salat jamak qasar  ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah.

2.10  Menghayati perilaku disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar.

3.10  Memahami ketentuan salat jamak qasar.

4.10  Mempraktikkan salat jamak dan qasar.

GENAP 9 JP
1.12  Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt.

2.12  Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Madinah.

3.12  Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Madinah.

4.12 Menyajikan contoh strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.periode Madinah.

GENAP 6 JP
1.13  Menghayati perjuangan dan kepribadian sebagai penerus perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt.

2.13  Meneladani perilaku terpuji al-Khulafa al-Rasyidun.

3.13  Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun.

4.13  Menyajikan contoh strategi perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun.

GENAP 6 JP
60 JP

 

Serpong,  Juni  2016

Mengetahui,                                                                                        Guru mata Pelajaran

Kepala xsekolah :

 

………………………                                                                                 ……………………………..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: