Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTs KELAS: IX

Posted by lembursingkur pada Juli 3, 2016

 

DSCF3207

  1. KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

2.        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
1.1   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama 2.1   Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imran/3: 159 dan Hadis terkait
1.2   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama 2.2   Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Hujurat/49: 13 dan Hadis terkait
1.3   Beriman kepada hari akhir 2.3   Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada Hari Akhir
1.4   Beriman kepada qadha dan qadar 2.4   Menunjukkan perilaku tawakal kepada Allah Swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan qadar
1.5   Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama 2.5   Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari
1.6   Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama 2.6   Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
1.7   Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama 2.7   Menunjukkan perilaku  tata krama, sopan santun, dan rasa malu
1.8   Melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan syari’at Islam 2.8   Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat
1.9   Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah adalah perintah Allah Swt. 2.9   Menunjukkan perilaku menjaga solidaritas umat Islam dalam kehidupan sehari-hari
1.10 Menjalankan ketentuan syariat Islam dalam penyembelihan hewan 2.10 Menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi pemahaman ajaran penyembelihan hewan
1.11 Melaksanakan qurban dan aqiqah 2.11 Menunjukkan perilaku empati dan gemar menolong kaum du’afa sebagai implementasi pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
1.12 Meyakini bahwa berkembangnya Islam di Nusantara sebagai bukti Islam rahmatan lil-al-‘alamin 2.12 Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi mempelajari sejarah perkembangan Islam di Nusantara
1.13 Meyakini bahwa tradisi Islam Nusantara sebagai bukti ajaran Islam dapat mengakomodir nilai-nilai sosial budaya masyarakat 2.13 Menunjukkan perilaku peduli lingkungan sebagai implementasi mempelajari sejarah tradisi Islam Nusantara

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

 

4.        Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadis terkait 4.1.1 Membaca Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan tartil

4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Ali Imran/3: 159 serta Hadis terkait dengan lancar

4.1.3  Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, dan Q.S. Ali Imran/3: 159

3.2   Memahami Q.S. al-Hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait 4.2.1 Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan tartil

4.2.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13 serta Hadis terkait dengan lancar

4.2.3  Menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 13

3.3   Memahami makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya 4.3   Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir
3.4   Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya 4.4   Menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar
3.5   Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari 4.5   Menyajikan penerapan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari
3.6   Memahami  cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru 4.6   Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru
3.7   Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu 4.7   Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu
3.8   Memahami ketentuan zakat 4.8   Mempraktikkan ketentuan zakat
3.9   Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah 4.9   Mempraktikkan manasik haji

 

3.10 Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam 4.10 Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
3.11 Memahami ketentuan qurban dan aqiqah 4.11 Menjalankan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqah di lingkungan sekitar rumah
3.12 Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara 4.12 Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan Islam di Nusantara
3.13 Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara 4.13 Menyajikan sejarah dan perkembangan tradisi Islam Nusantara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: