Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

EKSPLORASI KELAS VIII : WISATA PASAR

Posted by lembursingkur pada Mei 27, 2016

pasar

Eksplorasi kelas VIII tahun ini mengambil tema Wisata Pasar.  Peserta didik dalam setiap kelas dibagi lima kelompok sesuai dengan  jumlah pasar yang akan dikunjungi, yaitu Pasar Lama Tangerang, Pasar Pagi-Jakarta Utara, Pasar Mangga Dua jakarta Utara, Pasar  Sunda Kelapa-Jakarta Utara, dan Pasar Bogor. Transportasi yang digunakan adalah kendaraan umum seperti kereta api, angkot, dan bis. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik agar bisa melihat keadaan lingkungan masyarakat umum dan merasakan berada di situasi nyata. Di bawah ini hasil yang mereka dapatkan.

pasar lama

Kelenteng Boen Tek Bio

Berdasarkan pengamatan di kawasan Pasar Lama Tangerang yang juga dikenal sebagai bagian dari kawasan Pecinan Kota Tangerang, pada malam hari terdapat beragam sajian wisata kuliner khas yang unik dan nikmat untuk disantap. Lokasi wisata kuliner Pasar Lama Tangerang ini terletak di belakang ruko sekitar jalan Kisamaun. Objek yang menarik adalah Museum Benteng Heritage, Kelenteng Boen Tek Bio, dan tempat produksi kecap tertua di Kota Tangerang, yaitu Kecap Benteng. Obyek lain yang tak kalah  menarik dikunjungi adalah Menara Masjid Kalipasir yang berbentuk mirip pagoda.

mangga2

Objek ketiga adalah Pasar Mangga Dua. Pasar Mangga Dua merupakan pusat grosir murah terbesar kedua se-Asia Tenggara. Penataan toko diklasifikasikan berdasarkan barang yang dijual sehingga memudahkan pera pembeli untuk berbelanja. Jenis barang yang dijual terutama pakaian, mulai dari bayi hingga orang tua, baju pesta hingga baju tidur. Herbatnya lagi pasar ini juga menjadi tujuan utama pedagang dari luar negri untuk kulakan.  Kawasan bisnis Mangga Dua buka sejak pukul 8 pagi. Namun beberapa toko sudah mulai buka di pukul 07.00 pagi. Sangat mudah mencari makanan di kawasan Mangga Dua. Bahkan di pusat-pusat perbelanjaan seperti ITC Mangga Dua sampai Orion Mall, kita dengan mudah menemukan kios-kios pedagang makanan di setiap lantai.

kota tua

Mencari pernak-pernik aksesoris murah di Jakarta, paling tepat kalau menyambangi Pasar Pagi Asemka di sekitar Kota Tua, Jakarta Barat. Tak hanya aksesoris, pasar pagi ini juga menyediakan berbagai macam mainan murah-meriah untuk anak-anak. Pasar pagi Asemka terletak di kolong jembatan layang Jembatan Lima, Tambora Jakarta Barat. Terdapat ratusan kios yang menawarkan berbagai macam pernak-pernik seperti jepitan rambut, bros, ikat rambut, bando, dan pernak-pernik lainnya. Pasar Asemka ini buka mulai 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Jika pengunjung merasa lapar dan haus, makanan dan jajanan juga banyak tersedia di pasar ini. Seperti halnya soto mie atau pecel sayuran.

sunda kelapa

Objek kelima adalah Sunda Kelapa. Tujuan semula ke Pasar Ikan. Namun, pasar tersebut sudah tergusur.   Ketika kami tiba, aroma air laut menerpa hidung kami, kami terus berjalan di sepanjang pelabuhan. Terlihat kapal-kapal pinisi yang sedang bersandar dengan teratur, indah sekali pemandangan ini. Di sana juga terlihat beberapa truk berhenti di dekat beberapa kapal. Ada yang membongkar muatan, ada pula yang sedang memuat barang-barang dari kapal ke dalam truk. Kuli-kuli kapal pun terlihat sibuk bekerja, walaupun ada juga yang sedang bersantai di tembok-tembok di tepi laut atau warung-warung, dan ada juga yang sedang beristirahat di kapal-kapal mereka.  Kami menemukan sebuah museum yang bernama Museum Maritim atau Museum Bahari. Kami mengunjungi museum tersebut untuk melihat koleksi di dalamnya. Koleksi di dalamnya bercerita kepada kami bahwa Indonesia adalah negara maritim.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: