Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

KUIS BAKAT DAN KEPRIBADIAN ANAK

Posted by lembursingkur pada Desember 17, 2015

 

Saya pernah mengikuti sebuah pelatihan, tepatnya mendampingi anak dalam  kegiatan pelatihan, tetapi saya lupa apa itu nama pelatihannya. Dalam pelatihan itu ada beberapa pertanyaan yang mengarahkan pesertanya untuk melihat dirinya dengan cara mengasosiasikan pada sesuatu. Saya mencoba berproses seperti murid-murid saya. Di bawah ini pertanyaan tersebut :

  1. Siapakah orang yang sangat menginspirasimu untuk menjadi orang yang lebih baik?

Seperti apakah ciri/sifat/karakter yang dimiliki orang tersebut yang ingin kamu kembangkan dalam dirimu?

 

Jawaban saya:

Orang tersebut adalah Ibu (Maria Napti)

  • Pekerja keras
  • Pantang menyerah
  • Berbelas kasih
  • Percaya diri

 

  1. Bayangkan 20 tahun lagi kamu menjadi seorang yang sukses dan dikelilingi oleh orang-orang yang terpenting dalam hidupmu. Siapa sajakah mereka? Dan apa yang kamu rayakan?

 

Jawaban saya:

  • Ayahku, ibuku, anak-anakku (Metta, Aga, Abhimanyu), Bob (suamiku), sanak saudara, Presidium Maria Imaculatta, dan warga lingkungan St. Silverius, dan teman-teman St. Ursula BSD
  • Ulang tahun ke-70

 

  1. Kalau ada sebatang baja diletakkan di antara dua gedung pencakar langit, demi apakah kamu bersediua menyebranginya? Demi uang? Demi keluarga? Demi harga diri? Renungkanlah baik-baik?

 

Jawaban saya:

Demi harga diri dan keluarga

 

  1. Kalau kamu bisa menghabiskan waktu 1 hari di sebuah perpustakaan besar, mempelajari buku yang kamu sukai, buku apakah yang akan kamu pilih?

 

Jawaban saya:

Fiksi ilmiah, filsafat, rohani, sosial budaya, iptek

 

  1. Sebutkan 10 aktivitas yang dengan senang hati kamu lakukan?

 

Jawaban saya:

Berdoa, berjalan-jalan/traveling, mengunjungi seseorang teman / saudara, ke Gereja, mendengarkan musik, memasak, menulis, berkumpul dengan keluarga, beres-beres rumah, berkebun

 

  1. Dalam kondisi seperti apakah kamu biasanya merasa benar-benar terinspirasi? Jelaskan secara detail!

 

Jawaban saya:

Kondisi setelah mendapat masukan dari film, bacaan, pelatihan, motivasi, dan setelah liburan.

 

  1. Lima tahun lagi, sebuah surat kabar meliput tentang kamu dan mereka ingin mewawancarai 3 orang, yaitu orang tuamu, saudaramu, dan temanmu. Kamu ingin mereka mengatakan apa tentang dirimu?

 

Jawaban saya:

  • Orang tua: Enung adalah anak yang berbakt, berdaya juang tinggi, dan mencintai keluarga
  • Saudaramu : Kakak adalah saudara yang peduli kebutuhan adik-adiknya, bertanggung jawab, menjadi pengayom dik-adik, dan gampang dimintai tolong saat kesusahan, menjadi pendamai bagi kami saudara-saudaranya.
  • Teman : Enung adalah teman yang bisa dipercaya, mau menolong, bersahabat, dan selalu bersaemangat

 

  1. Jika kamu bisa disimbolkan/dilambangkan dengan sesuatu, apakah itu? Misalnya: setangkai mawar, lagu, hewan, dll. Mengapa simbol itu yang kamu pilih?

 

Jawaban saya:

Burung pipit: kecil, berani, terabng bebas, pekerja keras

 

  1. Kalau kamu bisa bersama dengan seseorang yang sangat berharga untuk ditemuai selama 1 jam, siapakah yang akan kamu pilih? Apa yang akan kamu tanyakan padanya?

 

Jawaban saya:

Abraham (Bapak semua bangsa)

Pertanyaan yang diajukan antara lain:

  • Mengapa Bapak Abraham begitu yakin akan janji Allah?
  • Bagaimana perasaan Bapak ketika melihat bangsa-bangsa di dunia ini satu sama lain saling menjegal atas nama agama/kepercayaan? Apa saran Bapak untuk mengatasi hal ini?

 

  1. Semua orang punya 1 bakat atau lebih. Coba kamu pilih daftar di bawah ini atau tuliskan yang lain jika belum ada!
Angka-angka Kata-kata Berpikir kreatif Olah raga Mesin
Berorganisasi Berbicara Menulis Menari Bernyanyi
Humor Musik Melukis Berdebat Komputer

 

Jawaban saya:

Kata-kata, berorganisasi, menulis, berkebun

 

 

Tinggalkan Balasan

 
