Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

Contoh Naskah Pidato HUT RI Ke-70

Posted by lembursingkur pada Agustus 16, 2015

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE-70

DSC_0389

Upacara di helipad  Tanjung Kambani

Yang terhormat :

Kepala SMAN I , Para Guru, Staf Tata Usaha, dan para karyawan, serta  para  siswa yang terkasih.

 

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan kasih-Nya, pada hari ini kita semua diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-70.

Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ini,  kita berharap dapat lebih meningkatkan rasa cinta kita kepada tanah air dan bangsa.  Hal ini dapat dilakukan dengan  lebih meningkatkan daya juang  dalam keseharian kita sebagai guru, tata usaha, karyawan, atau pelajar. Selain itu, kita juga berharap agar dapat  lebih meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam hidup kita. Salah satunya adalah dengan meningkatkan  rasa persatuan  di antara kita sebagai keluarga besar SMAN I. Dengan demikian kita ikut andil dalam  memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Kita membaca dalam sejarah betapa hebatnya para pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut  kemerdekaan negara kita dari tangan penjajah.

Hadirin yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan di masa lalu,  maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran mereka tak kunjung padam bagaikan api yang terus membara. Semangat itu   begitu hebat menyatu pada jiwa para pejuang  tersebut. Kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar, harus dapat menghormati dan menghargai jasa para pahlawan.

Namun, peran kita semua sekarang ini, juga tak kalah penting. Perjuangan belumlah selesai. Perjuangan kita memang berbeda dengan para pejuang di masa sebelum merdeka. Perjuangan kita lebih kepada bagaimana kita melakukan tugas sehari-hari kita dengan tulus, jujur, dan dan tak penuh tanggung jawab.    Dengan integritas dalam  diri, kita bisa membawa pengaruh yang positif bagi orang-orang di sekitar kita. Peranan kita sebagai generasi penerus sangatlah penting demi kemajuan kita bersama.

Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan negara kita yang ke 70 ini,   saya berharap kita lebih dapat  meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap tanah air tercinta, Indonesia. Sebagai warga SMAN I, kita harus menjadi pribadi yang berintegritas tinggi. Berintegritas artinya konsisten, teguh, tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur serta pelaksanaannya dalam kehidupan. Adanya konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip. Adanya konsistensi anatar perkataan dengan tindakan. Berintegritas ditandai oleh satunya kata dan perbuatan.

 

Sebagai warga Santa Ursula BSD, tentunya kita  lebih meningkatkan semangat kita untuk lebih terlibat dalam semua kegiatan di kampus SMAN I. Sebagai warga sekolah kita harus lebih meningkatkan kepedulian kita terhadap kampus kita dan terhadap lingkungan di sekitar kita. Sebagai generasi penerus, kita mempunyai kewajiban  membuat negara tercinta kita menjadi lebih maju dan dikenal sebagai bangsa yang berbudi luhur.

Masih banyak  hal yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita, hendaknya kita isi dengan semangat pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu. Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Untuk itu pula, maka kita wajib menigkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara melalui solidaritas di kampus kita tercinta ini. Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan melalui semangat dan kerja keras kita dalam menjalankan tugas masing-masing.

Dengan demikian harapan para pejuang agar  bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, bisa tercapai melalui kerja keras dan semangat persatuan yang ada dalam diri kita.   Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Penyayang, marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan  semangat kebangsaan dan daya juang yang tangguh dalam diri kita. Merdeka!

Ch. Enung Martina

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: