Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

Tafsir Mimpi:Makna Warna dalam Mimpi

Posted by lembursingkur pada Juli 20, 2015

venisia 1Tulips

Penafsiran mimpi diperkirakan  orang dimulai sejak 4000 tahun SM. Banyak orang mimpinya tak terlalu berwarna, hanya hitam dan putih saja. Namun, banyak orang mimpinya penuh warna, full color. Hidup ini penuh dengan warna, warna merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan warna hidup menjadi lebih indah. Coba Anda bayangkan bila di dunia ini tidak ada warna pasti hidup terasa membosankan.

Saya pernah membaca buku tentang mimpi. Penulis menyarankan agar kita memperhatikan warna di dalam mimpi kita karena warna mempunyai makna tersendiri. Warna memiliki banyak fungsi dan arti serta simbol-simbol tersendiri. Bahkan tidak hanya di kehidupan nyata, tetapi dalam dunia mimpi warna juga mewakili lambing-lambang tertentu. Jika Anda bermimpi coba ingat warna apa yang dominan yang ada dalam mimpi Anda?

Merah

Warna primer ini menyatakan energi, tenaga, kekuatan, mewakili hawa panas, gairah, api, dan kemarahan. Jika dalam mimpi Anda warna ini dominan itu berarti Anda sedang sangat marah, bisa juga Anda sedang diingatkan untuk lebih lebih bergairah dan dinamis dalam menjalani hidup. Namun, juga bisa dimaknai dengan mengindikasikan bahaya, rangsangan, dan malu. Emosi dan hasrat yang membara diwakili oleh warna merah. Merah yang sedikit lebih terang melambangkan cinta, sedangkan merah pekat dapat berarti rasa benci atau kemarahan. Jika warna merah yang hadir di mimpi ini berarti jiwa kita sedang bersemangat entah karena takjub atau karena penderitaan. Namun jika anda bermimpi mengenakan pakaian merah ini berarti hasrat seksual yang kuat. Merah dapat berarti keberuntungan , kesenangan, kebahagiaan, tenaga, vitalitas tapi juga dapat berarti kebencian, amarah, dan kekuatan .

Kuning

melambangkan sinar matahari yang menandakan optimism dan keceriaan. Pesannya adalah agar Anda lebih bersemangat meraih mimpi Anda. Namun, sumber lain mengatakan bahwa warna kuning mempunyai makna dua asisi negatif dan positif. Jika mimpi yang dialami yang tidak  menyenangkan maka itu berarti penyakit, pengecut, dan keraguan. Jika mimpinya menyenangkan maka maknanya kebahagiaan, kecerdasan, harmoni, dan kebijaksanaan. Selain itu, warna kuning dalam mimpi bermakna ketertarikan anda pada hal-hal yang baru. Kuning selalu identik dengan tenaga, kesenangan, kegembiraan, tapi dapat pula menjadi warna yang melambangkan motivasi yang ekstrem dan rasa cemburu.

Biru

Warna primer ini menyatakan memiliki banayak kualitas. Selain itu juga  melambangkan suasana hati Anda. Biru gelap menggambarkan depresi yang menekan hati Anda, kerinduan akan masa lalu, hilangnya romantisme. Sedangkan biru terang menggambarkan gairah menyambut rencana atau proyek baru. Makna biru yang positif dihubungkan dengan kebenaran, keterbukaan, kesetiaan, ketenangan, dan kebijaksanaan. Arti biru yang lain mewakili spiritualitas dan kejernihan pikiran. Selain itu Warna biru selalu identik dengan intelektualitas dan ketenangan jiwa. Biru memberikan kesan lembut, bijaksana dan pemurah. Warna biru dalam mimpi berarti relaksasi, kepercayaan, dan kerinduan. Tapi dapat pula berarti kembali kepada diri sendiri.

Hijau

Warna hijau dapat menggambarkan makna negatif dan juga positif. Hijau dapat menandakan kesehatan yang baik, pertumbuhan, harapan, vitalitas, kedamaian, penyembuhan, perubahan yang positif, dan ketenangan. Selain itu, menggambarkan keserasian hubungan Anda dengan lingkungan alam dan orang di sekitar Anda. Bila bermimpi tentang warna ini, coba ingat-ingat, mungkin Anda berada ditengah-tengah percekcokan. Itu berarti Anda dianjurkan untuk segera memperbaiki hubungan anda. Beberapa kualitashHijau tua bisa dimaknai dengan kecemburuan, kecurangan, penipuan, materialisme, dan ketidakmampuan untuk berbagi. Hijau selalu dekat dengan tanaman, alam dan pertumbuhan. Memimpikan warna hijau melambangkan kenyataan hasrat yang melimpah, cita-cita dalam hidup anda
Namun warna ini bisa berarti pula anda harus lebih memperhatikan lingkungan hidup. Secara psikologis hijau merepresentasikan harapan, keramahan, percaya diri, dan alam.

Hitam

Hitam dikenal sebagai warna kegelapan. Tapi warna ini juga berarti maskulinitas dan ketidaksadaran. Lebih dalam lagi hitam identik dengan mistik, konservatif, tua dan kesedihan.perasaan tertekan atau stress yang sangat berat. Entah dalam kehidupan secra menyeluruh atau karena ulah orang yang Anda cintai.

Putih

Putih sudah pasti melambangkan kesucian. Jika anda memimpikan kuda putih ini berarti akan datang kesedihan atau nasib buruk seperti kematian. Warna putih dalam mimpi mengindikasikan adanya suatu masalah yang harus diselesaikan. warna putih melambangkan perasaan yang penuh harapan. Bisa jadi pertanda akan memulai hidupa baru (setelah melewati periode transisi). Bisa juga bermakna bahwa Anda telah lepas dari beban atau masalah dan kini siap memulai yang baru.

Ungu

Warna ini adalah lambang kekuasaan, kebangsawanan dan supremaasi hukum. Warna ini bisa menyiratkan Anda perlu bersikap lebih bersahaja atau sebalilknya perlu percaya diri. Selain itu, ada juga yang menghubungkannya dengan kemampuan penyembuhan, kebaikan, kasih sayang, keagungan, dan pengabdian.

Ping/Merah Muda

Warna ini menunjukkan lebih ke arah yang positif. Maknanya merujuk untuk mencintai, manis, kasih sayang, belas kasih, dan suka cita.

Coklat

Ini adalah warna bumi, warna tanah. Warna ini memang mengacu kepada tanah atau bumi. Dimaknai juga sebagai keparaktisan, konservasi alam, keduniawian, kenyamanan fisik. Nuansa warna coklat menimbulkan kesan hangat, tenang, penyayang dan feminin. Memakai baju coklat dalam mimpi memiliki makna kalau anda memilih menjalani gaya hidup yang alami.

Oranye

Warna ini bisa menunjukkan arah yang positif, harapan, keaktifan, keramahan. Namun, oranye juga adalah warna yang melambangkan idealisme dan antusiasme. Sedangkan oranye tua mengindikasikan prasangka dan sinisme. Sebagai warna perpaduan antara merah dan kuning, oranye identik dengan kesenangan, kehangatan, dan energi.

Perak
Warna perak identik dengan ketenangan, dingin, dan kesopanan

Emas
Warna emas melambangkan kesejahteraan, kekuasaan, ketenaran, kemewahan, dan elegan.

Catatan:

Untuk menjelaskan makna mimpi secara utuh : pemimpi harus mengubungkannya dengan kehidupan sehari-hari yang sedang dialaminya, budaya yang dihihidupinya, permasalahan yang dilaminya, pengalaman masa lalu, dan juga menghubungkan dengan unsur simboloik mimpi yang lain seperti benda-benda yang dimimpikan. Jangan lupa melihat juga waktu Anda bermimpi, petang, malam, dini hari, menjelang pagi, pagi hari, siang hari, atau sore.

Contoh:

Saya pernah bermimpi pada tahun 1998:

Saya bermimpi suami saya diberi buah kondang oleh seorang anak gadis remaja bernama Livia Pawitra. Buah kondang itu lonjong berwarna hijau. Saya bermimpi sekitar pukul 2 pagi. Saya terbangun ketika selesai mimpi tersebut. Hingga sekarang saya masih mengingat detil mimpi itu. Saya merasa mimpi itu mempunyai makan tersendiri bagi saya. Saya berdoa ketika saya terbangun.

Dari mimpi tersebut saya memaknai dengan melihat berbagai latar belakang diri saya dan yang sedang saya alami. Saya orang Sunda, saat saya bermimpi keadaan ekonomi keluarga sedang susah karena ada peristiwa kerusuhan Mei. Suami saya di-PHK dari pekerjaannya di RCTI. Penghasilan keluarga hanya mengandalkan gaji saya yang tak seberapa. Saya sering kuatir menghadapi saat itu karena kami punya anak yang amsih besekolah di SD dan TK. Saya mengartikan mimpi itu sebagai berikut:

Buah kondang = kondang dalam bahasa Sunda artinya terkenal. Buah kondang termasuk

                         buah langka.

Gadis remaja = usia yang penuh harapan, penuh vitalitas

Livia  Pawitra  =  Livia Nama modern bentuk pendek dari Olivia, yang beramakna pohon zaitun,  juga merupakan nama perempuan dari nama Romawi Livius yang berarti ‘kebiruan’. Selain itu juga bisa bermakna Cepat pulih dari sakit. Selalu diberkati. Intuitif dan penuh inspirasi. Artistik, memiliki selera yang bagus. Mandiri, kritis terhadap diri dan orang lain.

Pawitra (bahasa sansekerta) artinya tempat menyucikan diri.

Warna hijau= menandakan harapan, kesuburan, alam

Saya memaknai mimpi saya =

Suami saya akan mendapatkan berkat, dan pulih dari keadaannya, ia akan terkenal, dan menjadi inspirasi. Itu berarti ada harapan untuk keluarga kami untuk pulih secara ekonomi.

Kenyataannya =

Sebulan kemudian saya dipertemukan dengan seorang wartawati sebuah majalah dalam acara di gereja. Kami mengobrol tentang ini itu. Ia ingin berkenalan dengan suami saya untuk menjadikan suami saya sebagai profil di majalahnya. Maka jadilah suami saya profil di sebuah majalah rohani Katolik. Puji Tuhan dia mendapatkan tawaran pekerjaan.

Saya memaknai mimpi saya dengan cara demikian. Bukan berarti saya percaya kelenik. Namun, saya percaya Tuhan memberi petunjuk dengan cara-Nya yang ajaib.

(Disarikan dari  berbagai sumber lain)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: