Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

Dongeng Fabel

Posted by lembursingkur pada November 4, 2014

Beruang !!!

oleh Gregorius Reinhard

“Benny, ayo cepat mandi !” seru mama Benny.

“Iya, Ma, Benny mandi bentar lagi.” jawab Benny.

Benny adalah seekor anak kura – kura yang memang malas mandi, ia senang bermain dengan Jesse, seekor anak anjing sampai lupa untuk mandi. Mereka sudah berteman dan bermain sejak masih sangat kecil. Beruntung, lingkungan tempat tinggal mereka dekat, dan orangtua mereka juga sudah lama kenal, sehingga mereka menjadi akrab.

Suatu hari, Jesse mempunyai ide untuk menjelajahi Hutan Terlarang, dimana air terjun dan sebuah kolam yang airnya masih jernih, bersih, dan segar. Tadinya Benny ragu karena ‘katanya’, konon di Hutan Terlarang, seekor kelinci pernah bermain di hutan tersebut dan tidak pernah kembali, serta ‘katanya’ banyak binatang buas di sana. Tetapi, setelah dipikir – pikir, Benny memutuskan untuk pergi ikut Jesse.

Keesokan harinya di pagi hari, Jesse dan Benny berangkat tanpa ijin dari orangtua mereka. Mereka bilang, mereka hanya main sebentar. Padahal mereka berangkat ke Hutan Terlarang. Petualangan pun dimulai.

Mereka berjalan kaki. Berjalan kaki jauh melewati padang gurun, lautan, kebun apel, serta melewati padang semak berduri. Mereka mengatasi rintangan bersama – sama. Tanpa terasa, matahari telah berada di atas kepala mereka. Teriknya sangatlah menyengat.

Namun tidak berapa jauh dari tempat mereka berdiri, air terjun terlihat. Dengan bunyi yang indah dan pemandangan yang anggun, air terjun tentunya sangat menggoda mereka untuk segera memasukikolam dimana air terjun mengalirkan airnya. Rupanya mereka telah sampai di Hutan Terlarang. Dan, wah ternyata airnya benar – benar jernih dan bersih. Bebatuannya juga indah, serta banyak ikan – ikan kecil menghiasi kolam.

“Woohoo !” teriak Jesse sambil melompat ke dalam kolam.

“Brrr !” lanjutnya kedinginan.

Benny pun menyusul. Mereka bermain air dan tentunya menikmati pengalaman tersebut sampai tiba – tiba…

“Grrr !” suara yang tidak diketahui asalnya muncul. Benny dan Jesse segera menghentikan kegiatan. Mereka mencoba menangkap dan mendengar suara tersebut. Namun tiba – tiba…

“Meow!”. Mereka berdua tertawa terbahak – bahak.

“Grrr!” suara tidak dikenali pun muncul lagi. Jesse dan Benny segera bersembunyi karena mereka merasa suara itu semakin dekat.

“Beruang ! Aaah !” teriak Jesse keras.

“Tutup mulutmu Jesse.” bisik Benny pelan sambil menutup mulut Jesse. Namun telat, beruang mendengar teriakan Jesse dan mendekati mereka berdua. Tanpa piker panjang, Jesse yang adalah seekor anjing langsung berlari kencang meninggalkan Benny si kura – kura. Benny tidak bisa berlari kencang seperti Jesse karena ia adalah seekor kura – kura.

Benny panic, tetapi di sisi lain ia harus tetap tenang. Huh, beruntung, Benny langsung mengambil tindakan dengan berpura – pura mati. Beruang yang bingung hanya bisa mengendus – endus cangkang Benny. Sebenarnya Benny geli ketika diendus, namun ia harus tetap diam.

Beruang pun pergi meninggalkan Benny. Setelah beruang pergi jauh, Benny meninggalkan Hutan Terlarang.

“huhh… untung saja mama pernah mengajarkanku cara mengatasi beruang.” Sahut Benny lega.

Benny pulang meninggalkan Hutan Terlarang tanpa Jesse yang tidak tahu sudah pergi kemana. Sesampainya di rumah, Benny menceritakan kejadian tersebut kepada orangtuanya. Orangtuanya bersyukur Benny selamat. Tetapi kemanakah Jesse ? Orangtua Jesse cemas memikirkan nasib anaknya, tetapi Benny menenangkan mereka.

Setelah kejadian itu, Benny kesepian tanpa Jesse. Benny terus berandai – andai kemanakah Jesse pergi. Kemanakah anjing muda itu pergi ?

Belasan tahun berlalu, seekor kura – kura yang sudah dewasa dan berkeluarga bertemu dengan seekor anjing dewasa di dekat sebuah kolam kecil. Ya, mereka adalah Benny dan Jesse.

Pesan Moral : Jangan egois, janganlah meninggalkan teman, tolonglah teman sehingga persahabatan dan relasi terus terjaga.

Satu Tanggapan to “Dongeng Fabel”

  1. […] https://lembursingkur.wordpress.com/2014/11/04/dongeng-fabel/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: