Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

Tanaman Hias Indoor Populer

Posted by lembursingkur pada Oktober 15, 2013

Judul            : Peranan Tanaman Hias Indoor Populer

Penulis          :                        –

Penerbit        : PT Penebar Swadaya, anggpta IKAPI

Tahun terbit  : –     Cetakan 1  _ Jakarta 1997

–          Cetakan 2  _ Jakarta 1998

–          Cetakan 3  _ Jakarta 2001

==========================================================================================

Peranan tanaman indoor ( tanaman hias dalam ruangan ) semakin lama semakin dibutuhkan  di kota-kota besar karena dapat memperindah ruangan sekaligus menciptakan kesegaran dan kenyamanan. Selain itu, tanaman indoor juga dapat menangkal kejemuan dan kelelahan mental sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan gairah kerja, ketenteraman, dan kejernihan pikiran. Sayangnya, tanaman indoor yang dipajang di dalam ruangan seringkali rusak, sakit, merana, atau tidak tahan lama karena salah perawatan atau salah pilih tanaman.

Pembangunan fisik di kota-kota besar, seperti berdirinya gedung pencakar langit, rumah-rumah megah, hotel, perkantoran, dll. Semua itu memberi kesan keras, kaku, dan kurang alamiah. Pembangunan-pembangunan tersebut sangat berpengaruh terhadap perubahan lingkungan dan ruang tinggal manusia sebagai penghuni utamanya. Dampak yang ditimbulkan sering kurang menyenangkan. Karena kurang alamiah, lingkungan baru itu sering mengurangi kenyamanan kerja dan mudah menimbulkan gangguan kesehatan, seperti pening, mata pedas dan berair, dll.

Gejala-gejala itu oleh para ahli kesehatan disebut sick building syndrome ( SBS ).Gangguan kesehatan karena SBS itu terjadi karena ruangan yang digunakan untuk tempat tinggal, kantor, dan kegiatan kerja yang dirancang sedemikian rupa agar terlindung dari panas sinar matahari, tiupan angin, dan guyuran air hujan. Ruangan dibuat tertutup tanpa jendela dan hanya sedikit cahaya dan udara segar dari luar ruangan yang dapat masuk. Praktis lingkungan di dalam ruangan sangat berbeda dengan lingkungan alam di luar ruangan. Ruangan yang tertutup tanpa jendela hanya mempunyai sedikit persediaan cahaya dan udara segar. Suasana itu kurang memenuhi kesehatan.

Maka dari itu, kita memerlukan tanaman-tanaman yang membuat mata kita tidak perih, tidak pening, hidung tidak tersumbat, dan semua penyakit SBS. Jika di dalam ruangan kita memerlukan tanaman indoor atau tanaman indoor plant. Ada juga yang menyebutnya tanaman wisama sari karena dipajang untuk mempercantik ruangan. Adanya sentuhan tanaman indoor yang dipajang di dalam ruangan ini dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit. Kehadiran tanaman itu sangat berperan dalam memberikan kesegaran, keindahan, dan kesejukan suatu ruangan.Dengan demikian, penghuni gedung-gedung modern dapat lebih tenang dan dapat lebih aktif bekerja dengan suasana yang lebih nyaman di ruangnya.

Yohanes Andy Laiyan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: