Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

MINYAK ZAITUN

Posted by lembursingkur pada Februari 21, 2012

1. Merawat kulit:

minyak zaitun mengandung asam linolenat, berupa senyawa yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia dan dapat mencegah penguapan air pada tubuh. Ia dapat secara langsung dioleskan pada kulit atau dicampur ke air saat mandi, memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit.

2. Melembabkan rambut:

Gosokkan sedikit minyak zaitun pada rambut yamg kering dan kusut, akan membuat rambut lebih luwes; terutama pada musim dingin atau hari bercuaca lembab, minyak zaitun juga dapat mengurangi beberapa kerusakan pada rambut. Dapat pula menggunakan beberapa sendok minyak zaitun untuk memijat rambut, supaya minyak menyerap masuk lebih dalam ke kulit kepala serta akar rambut.

3. Merawat kucing kesayangan:

Ambil satu sendok minyak zaitun campurkan kedalam makanan kucing, dapat mencegah akumulasi rambut dalam lambung dan usus kucing, bersamaan juga bisa membuat bulu kucing lebih berkilau dan sehat. Dibandingkan dengan minyak anti kusut rambut yang terbuat dari minyak bumi, minyak zaitun mungkin lebih aman terhadap tubuh kucing.

4. Mengurangi dengkur:

sebelum tidur menghirup seteguk minyak zaitun dapat bantu melembabkan otot pada tenggorokan , mengurangi kemungkinan mendengkur. Ketika tenggorokan gatal juga boleh minum satu sendok minyak zaitun untuk meredam gejala tersebut.

5. Membersihkan perabotan dan merawat kulit sofa:

Gosokkan sedikit minyak zaitun pada perabotan rumah bisa mencegah tanda tanda  belang, korosi dan bintik noda. Minyak zaitun dicampur cairan lemon dengan perbandingan 2:1 dapat membuat meja di ruang kantor mengkilap seperti baru. Teknik ini juga sangat cocok untuk berbagai jenis perabotan yang terbuat dari kayu; tuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada kain lembut, dengan mudah dapat membersihkan debu dan rusak gesekan. Ia juga dapat merawat produk kulit, misalnya gunakan minyak zaitun menggosok sarung tangan baseball, selang 30 menit kemudian baru bersihkan sisa minyak zaitun.

6. mengatasi suara pintu yang tergesek atau risleting yang macet:

Banyak kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas, seperti bunyi derit engsel pada pintu atau risleting yang macet tidak bergerak, oleskan sedikit minyak zaitun kemudian dengan pelahan-lahan digerakkan supaya lancar

Cara Memilih Minyak Zaitun

Minyak zaitun sama dengan arak anggur, kwalitasnya bisa berbeda dikarenakan jenis, tempat asal produk, iklim, proses pemerasan dan metode penyimpanan. Minyak zaitun yang berkualitas tinggi tampak bening, berwarna hijau keemasan atau kuning keemasan, saat dicicipi rasanya hangat dan licin di mulut, ada sedikit pahit atau pedas; sebaliknya, minyak zaitun yang berkualitas rendah agak keruh, kurang bercahaya, warnanya tawar, mutu minyaknya encer, saat dicicipi rasanya hambar atau ber-aroma aneh.

Harga minyak zaitun tinggi karena pengolahan yang benar sehingga bisa mempertahankan lebih banyak gizi. Buah zaitun yang diolah melalui perasan dingin pertama menghasilkan minyak zaitun dengan kemurnian extra tinggi (extra virgin olive oil), aroma harumnya paling kental; melalui perasan dingin kedua menghasilkan minyak zaitun dengan kemurnian tinggi (virgin olive oil). Minyak zaitun yang beredar dipasaran adalah bertaraf umum (regular olive oil) atau taraf murni (pure olive oil). Ini adalah hasil olahan denga ekstraksi dan penyaringan kimia, sehingga kadar aroma dan gizinya agak kurang.

Yang harus diperhatikan ialah, minyak ampas (biji) zaitun (pomace olive oil) merupakan minyak bekas hasil olahan dengan memanfaatkan ampas bekas perasan ditambah dengan biji zaitun dan sari sayuran, minyak tersebut mengandung zat penyebab kanker “benzopyrene”, meskipun harganya rendah, namun sebaiknya jangan dibeli.

Penyimpanan Minyak Zaitun

Para ahli menyarankan bahwa minyak zaitun bukan seperti arak anggur, disimpan makin lama makin harum, ia sebaiknya digunakan habis dalam batas waktu kadaluarsa. Jika tidak akan rentan terhadap oksidasi dan berubah aromanya. Minyak zaitun kemasan besar dapat dibagi-bagi, disimpan masing-masing dalam tabung keramik kecil atau botol kaca, untuk mengurangi kesempatan minyak zaitun kontak dengan udara, simpanlah dalam ruangan yang sejuk, dapat juga menyimpannya di dalam kulkas.

Minyak zaitun berkualitas tinggi pada temperatur rendah akan timbul gejala kabut, tapi saat mengalami suhu tinggi akan kembali bening dan transparan. Pada umumnya batas waktu penyimpanan (masa kadaluarsa) minyak zaitun selama 2-3 tahun, namun sebaiknya digunakan habis dalam 18 bulan, baru dapat mempertahankan kualitasnya yang terbaik. (Efochtimes/akw)

Sumber lain yang bisa dibaca: Oliveoil-Oliveoil.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: