Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

Kecerdasan Manusia

Posted by lembursingkur pada Januari 17, 2012

Di bawah ini sebuah artikel tentang kecerdasan ganda manusia. Sering kali kita tak menyadari ke-8 kecerdasan dalam diri kita. Semua orang memiliki kecerdasan tersebut, tetapi hanya kadarnya yang berbeda satu sama lain. Selamat membaca ( Ch. Enung Martina )

Pada dasarnya semua manusia pasti memiliki kecerdasan. Kecerdasan adalah kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu dengan akal budi dan hati nuraninya. Ada 8 kecerdasan yang dimiliki manusia dalam dirinya baik dalam skala yang besar maupun yang kecil. Berikut ini kecerdasan-kecerdasan tersebut.

Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang untuk berbahasa. Orang-orang yang memiliki kelebihan pada kecerdasan tersebut biasanya akan dengan cepat mempelajari suatu bahasa baru. Kemampuannya dalam memilih kata-kata yang tepat atau membuat suatu karya sastra akan sangat baik. Kecerdasan ini berguna bagi profesi sebagai aktor, penyiar radio, penulis dan juru bicara.

Kecerdasan Logis-Matematis (Number Smart)

Kecerdasan Logis-Matematis adalah kemampuan seseorang untuk berpikir secara logis terutama dalam hal berhitung. Biasanya orang-orang yang memiliki kelebihan pada kecerdasan ini akan cepat dalam berhitung dan memecahkan masalah dengan pikiran yagg logis. Kecerdasan ini berguna bagi profesi ilmuwan, akuntan, insinyur dan ahli program komputer.

Kecerdasan Spasial (Picture Smart)

Kecerdasan spasial adalah kemampuan seseorang yang berhubungan dengan visualisasi. Orang-orang yang memiliki kelebihan pada kecerdasan ini biasanya bakat menggambar dan cermat dalam kemampuan spasialnya, misalnya mudah mengetahui arah ke suatu tempat. Kecerdasan ini berguna bagi profei pilot, arsitek, designer dan pelukis.

Kecerdasan Kinestetik (Body Smart)

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas yang melibatkan fisik. Orang-orang yang memiliki kelebihan pada kecerdasan ini biasanya senang dengan aktivitas fisik seperti olah raga atau menari. Kemampuan menggerakan tubuhnya akan terlihat sangat lincah dan luwes. Kecerdasan ini berguna bagi profesi atlet dan penari.

Kecerdasan Musikal (Music Smart)

Kecerdasan musikal adalah kecerdasan yang berhubungan dengan audio. Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya akan dengan mudah menghapal sebuah lagu, peka terhadap irama atau mengenali melodi. Tak jarang pula dapat memainkan berbagai macam alat musik. Kecerdasan ini berguna bagi profesi sebagai pemain band, pianis atau penyanyi.

Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain. Orang-orang dengan kemampuan tersebut biasanya cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, supel, pandai bergaul dan mampu bekerja sama dengan baik. Kecerdasan ini berguna bagi profesi sebagai pemimpin perusahaan atau event organizer.

Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan seseorang untuk mengenali dirinya sendiri secara mendalam. Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya sangan disiplin diri dan mampu memutuskan yang terbaik bagi dirinya sendiri. Bila orang yang memilikinya berkepribadian tidak pemalu/percaya diri, maka kecerdasan ini akan luar biasa bila dikembangkan. Profesi yang cocok untuk kecerdasan intrapersonal adalah wirausaha.

Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan seseorang dalam pendekatan dirinya dengan alam. Biasanya orang-orang yang memiliki kecerdasan ini akan peduli terhadap lingkungan, menyayangi binatang dan menyukai kegiatan yang berhubungan dengan alam. Kecerdasan ini akan berguna bagi profesi dokter hewan, ahli biologi dan holtikulturaris (pembudidayaan tumbuhan).

Inilah kecerdasan-kecerdasan yang ada dalam diri manusia. Tinggal bagaimana kita mau mengembangkannya hingga menjadi sesuatu yang berguna bagi diri kita dan orang lain. Kecerdasan dapat dikembangkan dengan terus berlatih, mengikuti kursus yang sesuai dengan bakat dan minat dan dukungan dari orang-orang terdekat. Tak lupa juga kita elalu bersyukur kepada Tuhan atas kecerdasan yang telah diberikanNya pada kita. Dengan begitu kita diharapkan dapat menjadi seseorang yang berhasil dalam hidup.

diberikan oleh: Nadya Andhita 7E/27

Sumber : http://kesesatanbioenergicenter.blogspot.com/2011/06/8-kecerdasan-manusia.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: