Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

“9 Kecerdasan Manusia”

Posted by lembursingkur pada Januari 6, 2012

Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifatpikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar,merencanakanmemecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Kecerdasan manusia dibagi menjadi 9, yaitu :
1.  Logis Matematis
Kemampuan/kecerdasan manusia yang lebih berkaitan dengan penggunaan bilangan pada kepekaan pola  logika  dan perhitungan.
2.  Linguistik
Kemampuan manusia yang berkaitan dengan ilmu bahasa. Tergantung sudut pandang, pendekatan seorang peneliti, maka ilmu linguistika seringkali digolongkan pada ilmukognitifpsikologi dan antropologi.
       3.  Spasi – Visual
Ialah kemampuan manusia yang berkaitan dengan indra penglihatan seperti gambar-gambar dan ilustrasi serta pewarnaan yang banyak melibatkan indra penglihatan yaitu mata
4.  Musikal
Kemampuan seseorang  untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk-bentuk musik dan suara. Kemampuan ini terdapat pada pencipta lagu dan penyanyi.
5.  Kinestetik
Kemampuan manusia dalam hal menggunakan gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Kemampuan ini dimiliki oleh aktor, penari, pemahat, atlet dan ahli bedah.
6.  Intra Personal
Kemampuan seseorang dalam mengenali dirinya sendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan berefleksi (merenung) dan keseimbangan diri.

7.  Inter Personal
Kemampuan seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, motivasi, dan watak temperamen orang lain seperti yang dimiliki oleh seseorang motivator dan fasilitator.
8.  Natural
Kemampuan seseorang untuk mengenal dan mencintai alam sekitarnya. Contohnya seseorang yang dapat mengenal  flora dan fauna dengan sangat baik.
9.  Spiritual
Kecerdasan spiritual atau yang biasa dikenal dengan SQ ( spiritual quotient ) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif
Monica Angella B.
VIIE / 26 SMP St. Ursula BSD



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: