Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

ARTIKEL KARYA SISWA

Posted by lembursingkur pada Desember 10, 2011

Di bawah ini artikel karya siswa SMP St. Ursula BSD kelas VII angkatan tahun pelajaran 2011-2012. Tema yang diambil tentang Kecerdasan Ganda.
Selamat membaca! ( Ch. enung Martina)
Kecerdasan Manusia
 
Dunia ini ada banyak orang . Setiap orang pasti memiliki kecerdasan tersendiri. Ada yang pintar olahraga , pintar berhitung , pintar berbicara , pintar beribadah dan masih banyak lagi. Dan semua kecerdasan yang dimiliki semua orang itu terbagi dalam 9 kategori .
        9 Kategori itu ialah logis matematika , linguistik , spasi visual , musikal , kinestetik , intra personal , inter personal , natural dan satu lagi yang tak boleh ketinggalan ialah spiritual . Semua kecerdasaan ini dimiliki oleh seseorang . Namun seseorang hanya dapat menonjol di satu kecerdasan atau  tiga kecerdasan sekaligus .
        Logis matematis adalah tipe kecerdasan matematika atau berhubungan tentang angka . Seseorang yang sangat menyukai angka berarti ia bertipe logis matematika . Ia akan tertarik pada matematika atau apapun yang berhubungan dengan angka .
        Seseorang yang pintar berbahasa disebut linguistik . Ia dengan mudah berbicara di depan umum , menata kalimat dengan bahasa yang baik dan benar adalah ciri ciri tipe linguistik .
        Spasi – Visual . Agak aneh memang namanya tapi perhatikan mungkin anda menonjol kecerdasan ini. Spasi – Visual adalah kemampuan seseorang mengenal tempat walaupun orang itu hanya pernah mengunjunginya sekali . Orang seperti ini dapat diandalkan disaat saat genting mencari tempat .
        Orang yang tertarik pada musik disebut kecerdasan musikal . Biasanya orang ini akan mencoba untuk belajar semua alat musik walaupun bagi kita tak menarik sekalipun.
        Kinestetik adalah kecerdasan bergerak . Orang ini biasanya tak dapat diam dalam suasana apapun . Orang ini lebih suka bergerak atau berolah raga daripada duduk di kursi di sebuah ruangan sambil memperhatikan orang lain berbicara .
        Apakah kamu pernah melihat seseorang yang terbiasa sendiri ? Atau lebih suka menyingkir dari kerumunan orang . Pasti dia memiliki kecerdasan  intra personal yang tinggi . Orang ini lebih suka tempat sepi tempat sepi dan sendiri daripada keramaian .
        Ada intra personal ada juga inter personal . Kebalikan dari intra personal , inter personal lebih senang bergaul . Ia gampang sekali berkenalan dengan suasana yang baru . Sudah diketahui orang ini pasti memiliki banyak teman dan tak suka menyendiri itulah kecerdasan inter personal .
        Natural adalah kecerdasan yang menyukai semua yang berhubungan dengan alam . Misalnya bercocok tanam . Orang ini akan mencari tanaman yang menurutnya bagus untuk ditanam , walaupun harus mengais kantong dalam dalam .
        Dan kecerdasan yang terahkir adalah spiritualitas . Orang ini sangat suka beribadah atau berhubungan dengan agama . Beberapa orang akan menganggap orang dengan spiritualitas tinggi cupu , karena susah untuk bergaul dengan orang banyak .
        Mungkin kamu mengasah salah satu dari kecerdasan di atas . Namun ingatlah satu kecerdasan bukanlah apa apa jadi satu kecerdasan akan membuahkan hasil jika dibantu dengan kecerdasan lain . JADI  UKURLAH KECERDASANMU DAN ASALAH SEBAIK MUNGKIN !
Karya = Vinsensa Dianda
VII E – 38

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: