Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL SASTRA 8 (Salah Asuhan)

Posted by lembursingkur pada November 25, 2011

NOVEL SASTRA

Abdul Muis adalah sastrawan terkemuka Indonesia juga seorang jurnalis, aktivis partai politik dan pejuang kemerdekaan yang berperan besar dalam menumbuhkan nasionalisme rakyat Indonesia melalui karya-karya, tulisan-tulisan di media massa serta sepak terjangnya dalam organisasi pergerakan nasional. ( Ch. Enung Martina )

Salah Asuhan

Abdoel Moeis

Penerbit Balai Pustaka

Corrie de Bussee adalah seorang gadis Indo-Belanda yang cantik dan tinggal di Indonesia . Corrie berteman dengan Hanafi semenjak ia kecil. Hanafi sendiri adalah lelaki muda asli Minangkabau yang berpandangan kebarat-baratan. Hanafi bahkan cenderung memandang rendah bangsanya sendiri. Karena selalu bersama-sama akhirnya Corrie dan Hanafi saling mencintai satu sama lain. Tapi sayangnya, mereka tidak dapat bersatu karena perbedaan bangsa. Orang Bumiputera tidak diperbolehkan menikah dengan keturunan Belanda, dan jika sampai terjadi mereka akan diasingkan. Corrie yang tadinya tinggal di Minangkabau pun akhirnya pergi ke Betawi. Perpindahan itu sengaja ia lakukan untuk menghindar dari Hanafi dan meneruskan sekolahnya di sana .

Akhirnya ibu Hanafi ingin menikahkan Hanafi dengan Rapiah. Rapiah adalah sepupu Hanafi, gadis Minangkabau sederhana yang berperangai halus, taat pada tradisi dan adat sukunya. Ibu Hanafi ingin menikahkan Hanafi dengan Rapiah yaitu untuk membalas budi pada ayah Rapiah yaitu Sutan Batuah yang telah membantu membiayai sekolah Hanafi. Hanafi tidak mau karena cintanya hanya untuk Corrie seorang. Tapi akhirnya dengan bujukan ibunya ia menikah juga dengan Rapiah. Karena Rapiah tidak Hanafi cintai, keberadaan Rapiah pun di rumah hanya diperlakukan seperti babu. mungkin Hanafi juga menganggap bahwa Rapiah itu seperti tidak ada apabila banyak temannya orang Belanda yang datang ke rumahnya. Hanafi dan Rapiah dikarunia seorang anak laki-laki yaitu Syafei.

Suatu hari Hanafi digigit anjing gila, maka dia harus berobat ke Betawi untuk berobat. Di Betawi Hanafi dipertemukan kembali dengan Corrie. Di Betawi, Hanafi menikah dengan Corrie dan mengirim surat pada ibunya bahwa dia menceraikan Rapiah. Ibu Hanafi dan Rapiah pun sangat sedih. Namun Rapiah tetap sabar dan tetap tinggal dengan Ibu Hanafi. Perkawinannya dengan Corrie ternyata tidak bahagia, sampai-sampai Corrie dituduh suka melayani laki-laki lain oleh Hanafi. Akhirnya Corrie pun sakit hati dan pergi dari rumah menuju Semarang .

Di Semarang Corrie terserang penyakit Kholera dan meninggal dunia. Hanafi sangat menyesal telah menyakiti hati Corrie dan sangat sedih atas kematian Corrie. Hanafi pun pulang kembali ke kampung halamannya dan menemui ibunya. Namun pekerjaan Hanafi hanya termenung saja dan tidak terlalu bergairah. Hanafi sakit, kata dokter dia minum sublimat dan akhirnya meninggal dunia.

Opini dan Moral

Menurut saya novel sastra Salah Asuhan merupakan suatu novel yang baik. Novel tesebut memberikan moral bahwa cinta tidak memandang ras ataupun perbedaan, bahwa kita harus melakukan yang terbaik dalam hidup kita agar tidak menyesal pada akhirnya, dan bahwa kita pun harus menghargai orang yang berbeda dengan kita.

Bernadeth Natasha

9B / 7

Satu Tanggapan to “RINGKASAN NOVEL SASTRA 8 (Salah Asuhan)”

  1. Ajie said

    Dimana kah letak ke kontenporer nya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: