Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

NASKAH PIDATO 7

Posted by lembursingkur pada Januari 23, 2010

Pidato merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang tergolong dalam ketrampilan berbicara. Di bawah ini contoh naskah pidato karya siswa SMP St. Ursula BSD. ( Ch. Enung Martina )

Pembicara: Psikolog

Pendengar: Murid-murid kelas 9 SMP

Tema: Psikologi remaja

Topik: Bahaya emosi tersembunyi

Judul: Hati-hati Bahaya Emosi Tersembunyi!

Hati-hati Bahaya Emosi Tersembunyi!

Selamat pagi, Ibu Enung dan anak-anak, hari ini saya hadir disini untuk mendidik kalian semua supaya menjadi remaja yang baik. Kali ini saya mengangkat topik tentang pengendalian emosi agar jangan sampai kalian menjadi suka meledak-ledak kalau marah, atau malah kalau lagi kesal marahnya dipendam aja terus. Saya sangat berterimakasih jika kalian mau mendengarkan dengan baik.

Nah. Sebelum itu, saya ingin bertanya, siapa disini yang kalau lagi ingin marah tidak bisa marah? Jadi kalau marah susah mengeluarkannya . Ternyata emosi yang tersembunyi ini bisa berbahaya untuk kita. Ada beberapa alasan mengapa emosi itu menjadi tersembunyi.

  1. Orangnya sangant tertutup.

Pada dasarnya, manusia ada yang memiliki sifat ekstrovert dan introvert. Orang yang

introvert memang belum tentu juga tidak dapat menyalurkan emosinya. Tapi kalau dia sangat sangat menutup diri dan tidak bisa berbagi, otomatis dia susah mengungkapkan emosinya.

  1. Orang tua yang kelewat disiplin, suka mengkritik dengan keras, atau tidak dekat secara mental dengan anaknya dapat menjadi salah satu faktor. Soalnya, si anak merasa akan kena marah tiap kali mencoba mengungkapkan emosinya.
  2. Lingkungan. Berada di lingkungan yang memiliki budaya tertutup menjadikan anak terbiasa menyimpan emosinya.

Setelah mengetahui alasan-alasannya, sekarang kita lihat bahayanya. Bahaya ini terjadi akibat menahan emosi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Meledak. Meledak adalah masa dimana seseorang tidak bisa menahan tekanan yang muncul shingga keluar dengan wujud amarah yang sangat besar. Merupakan akumulasi dari semua emosi yang terpendam dan bisa berbahaya saat mengenai orang lain yang tidak bersalah, bahkan merusak hubungan mereka.
  2. Berpikiran negative tentang dri sendiri. Karena tekanan yang ada, kita jadi kehilangan objektivitas dalam memandang masalah. Tiap kali ada masalah, kita merasa bersalah, tidak mampu, dsb. Akhirnya suasana hati kita jadi BT terus.
  3. Cemas berlebihan. Tekanan mental karena emosi yang tidak tersalurkan menjadikan kita cemas dan  paranoid.
  4. Labil. Semakin sering kita menahan emosi, semakin sering ledakan terjadi.Karena itu kita jadi tidak jelas perangainya. Sebentar diam sebentar ngamuk. Kita bertindak lebih agresif dan kadang dapat menyakiti orang lain.
  5. Sakit. Tekanan menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti sakit kepala, sakit perut, sampai demam.

Kita tidak mau bahaya itu terjadi pada kita, bukan? Kalau begitu terus keadaannya hidup kita jadi nggak happy. Karena itu dengarkan cara mencegahnya, sebagai berikut.

  1. Pahami, menyalurkan emosi bukan hal negative.
  2. Buat pikiran kita menjadi lebih terang. Misalnya waktu kita marah banget, masuk dulu ke kamar lalu tonjok bantal keras-keras sampai puas. Kalau hati sudah tenang, kita bisa melihat persoalan lebih jernih.
  3. Belajar mengungkapkannya dan bukan dengan teriak-teriak

Nah anak-anak,demikian pelajaran yang dapat saya berikan hari ini. Semoga  dapat bergunabag kalian semua. Terimakasih atas kesediaan kalian mendengarkan. ( Cindy -9B SMP St Ursula BSD)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: