Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

PIDATO 4

Posted by lembursingkur pada Desember 9, 2009

Pidato merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang tergolong dalam ketrampilan berbicara. Di bawah ini contoh naskah pidato karya siswa SMP St. Ursula BSD. ( Ch. Enung Martina )

Zenia Arif

SMP SANTA URSULA BSD Kls IX B / 35

Pendengar        : murid-murid SMP

Pembicara        : psikolog

Tema                : Hubungan orang tua dengan anak

Topik               : Mengenali dan menghadapi tipe-tipe orang tua

Judul                : Tipe Orang Tua Kita

Teks Pidato

 

Selamat pagi

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah SMP Pantang Mundur

Yang terhormat para guru

Murid-murid SMP Pantang Mundur yang saya kasihi

Pada kesempatan kali ini, saya hadir di sini untuk membahas mengenai tipe-tipe orang tua yang ada saat ini. Kebanyakan dari kalian tidak paham mengenai tipe-tipe orang tua kalian sendiri, sehingga hubungan kalian dengan orang tua kurang baik. Maka dari itu, saya hadir di sini untuk memberikan pengetahuan tersebut sehingga hubungan kalian dengan orang tua bisa lebih baik dan saling mengerti satu sama lain.

Sebenarnya, ada lima tipe orang tua. Yang pertama adalah tipe orang tua yang care. Mungkin tipe ini adalah tipe yang paling sesuai / ideal. Mereka adalah tipe orang tua yang selalu berusaha untuk mempelajari dan mengerti apa yang dipikirkan, dirasakan, diinginkan, dan yang disukai oleh anaknya. Mereka akan proaktif mendekati anaknya secara pribadi dan ikut ke lingkungan pergaulannya. Biasanya, mereka terbuka menerima yang kita ungkapkan. Tipe orang tua yang kedua adalah tipe orang tua yang cuek. Mereka tidak peduli terhadap anaknya karena sibuk dengan urusannya sendiri atau merasa anaknya sudah besar sehingga tidak perlu perhatian. Pada awalnya, mempunyai orang tua seperti ini membuat anaknya menjadi senang karena mempunyai kebebasan. Tapi, lama-lama akan bingung mau berpegangan ke mana saat menghadapi masalah.

Tipe selanjutnya adalah tipe orang tua yang biasanya akan dihindari oleh kalian. Mereka adalah tipe ‘preman’ atau bisa disebut otoriter. Ego mereka terlalu besar sehungga menjadi diktaktor. Hukum bahwa anak harus selalu menurut apapun yang dikatakan oleh mereka dilakukan dengan kaku. Mereka hanya menuntut, tanpa pernah memberikan kesempatan untuk berdiskusi. Kalau kalian berbuat tidak sesuai dengan keinginan mereka, maka sapu dan benda lainnya akan melauang ke arah kalian. Tipe ke empat adalah tipe orang tua yang kolot atau ‘jadul’. Tipe ini hampir sama dengan tipe otoriter. Tapi, yang membedakan adalah tipe otoriter biasanya tahu mengenai dunia remaja, sedangkan tipe kolot adalah orang tua yang memandang dunia kalian yang sekarang sama dengan dunia zaman dulu. Kebalikan dari tipe ke empat, tipe ke lima adalah orang tua yang gaul / terlalu gaul. Tipe ini juga didambakan oleh banyak orang karena mereka hamper mengerti semua keinginan kalian. Mereka tahu perkembangn sekarang sehingga mudah bergaul dengan teman-teman kalian. Pasti ada sengan dan tidaknya. Tapi, orang tua seperti ini terkadang suka kehilangan nilai dan norma-norma yang standar berlaku di masyarakat.

Walaupun tipe orang tua kalian berbeda-beda, kalian harus terus menghargai mereka. Tidak masalah apapun tipe mereka. Yang penting adalah adanya komunikasi yang berjalan dengan baik. Dengan adanya komunikasi, semua akan berjalan dengan baik dan antara kalian dengan orang tua terdapat pengertian sehingga keinginan masing-masing tercapai.

Demikianlah pidato saya kali ini. Semoga pidato saya dapat bermanfaat bagi kalian sehingga hubungan kalian dengan orang tua menjadi lebih baik. Terima kasih atas perhatiannya. Selamat pagi.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: