Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

PIDATO 3

Posted by lembursingkur pada Desember 9, 2009

Pidato merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang tergolong dalam ketrampilan berbicara. Di bawah ini contoh naskah pidato karya siswa SMP St. Ursula BSD. ( Ch. Enung Martina )

Pendengar     : Peternak kelinci dan pelaku agribisnis

Pembicara     : Peternak kelinci sekaligus pelaku agribisnis

Tema             : Keuangan

Topik            : Pemanfaatan kotoran kelinci

Sumber         : Intisari September 2009

Judul Pidato   :

Pupuk Kelinci Sumber Penghasilan

Selamat pagi saya ucapkan kepada seluruh hadirin sekalian. Pertama-tama, saya ucapkan rasa syukur saya yang sebesar-besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya lah kita semua dapat berada di sini dalam keadaan sehat sentosa. Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para hadirin sekalian karena telah rela mengorbankan waktunya untuk mendengarkan pidato saya.

Pada kesempatan ini, melalui pidato saya yang bertajuk ’Pupuk Kelinci Sumber Penghasilan’ ini, saya, selaku peternak kelinci dan ”pemain” dalam bidang agribisnis, ingin menghimbau kepada para hadirin sekalian, khususnya para peternak kelinci yang ingin menjadi ”pemain” dalam bidang agribisnis, untuk melihat peluang bisnis yang cukup menjanjikan yang berhubungan dengan kelinci disamping bulu dan dagingnya. Peluang bisnis ini bersifat kontinu atau berlangsung secara berkelanjutan, tidak seperti daging dan bulu kelinci yang hanya didapatkan sekali dari satu ekor kelinci.

Saya akan mengajak anda semua untuk mulai melirik bisnis baru ini. Sedikit menjijikan memang, tetapi sebanding dengan keuntungan yang akan anda semua dapatkan. Peluang bisnis tersebut adalah bisnis pupuk kelinci yang terbuat dari urin dan feses kelinci. Pupuk yang juga masuk dalam kategori pupuk kandang ini disinyalir merupakan pupuk yang handal untuk menghasilkan produk yang baik dari tanaman karena berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Menurut sebuah majalah dari Amerika Serikat, pupuk tersebut mengandung Nitrogen, Fosfor, Potassium, Sulfur, Kalsium, dan Magnesium.

Dibandingkan dengan hewan ternak lainnya, kandungan pupuk kelinci termasuk yang terbaik karena mengandung unsur hara yaitu 2.72% Nitrogen, 1.1% Fosfor, 0.5% Potassium, dan 55.3% air untuk kelinci dewasa. Berbeda dengan pupuk kandang lainnya, contohnya kerbau, yang hanya mengandung unsur hara 0.60% Nitrogen, 0.30% Fosfor, 0.34% Potassium, dan 85% air. Untuk lebih lengkapnya, dapat dilihat pada tabel ini:

Jenis ternak Unsur Hara
N (%) P (%) K (%) H2O (%)
Kuda (padat) 0,55 0,30 0,40 75
Kerbau (padat) 0,60 0,30 0,34 85
Sapi (padat) 0,40 0,20 0,10 85
Domba (padat) 0,75 0,50 0,45 60
Babi (padat) 0,90 0,35 0,40 80
Ayam 0,40 0,10 0,45 97
Kelinci muda* 1,6-2,0 0,43-1,3 0,4-1,0 44,7-32,5
Kelinci dewasa** 2,72 1,1 0,5 55,3

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang ada dalam pupuk kelinci yang sangat baik untuk tanaman, kita akan mulai membahas mengenai nilai ekonomis pupuk kelinci ini. Menurut Tabloid Agrina, pada tahun 2006, harga pupuk kotoran kelinci mencapai Rp7.500,-/kg sedangkan harga urinnya Rp5.000,-/liter. Bisa dibayangkan harga pupuk kelinci ini pada masa sekarang. Sudah tentu harganya sudah naik dari harga yang saya sebutkan tadi. Seratus ekor kelinci akan menghasilkan 25kg kotoran setiap harinya. Jika dihitung, dalam sehari, 100 ekor kelinci akan menghasilkan uang sebanyak 25kg x Rp7.500,-/kg atau Rp187.500,- hanya dari kotoran kelinci. Belum lagi ditambah dengan urinnya. Anggap saja pendapatan selama sehari dari kotoran dan urinnya adalah Rp200.000,- maka dalam sebulan akan mendapatkan keuntungan kotor sebesar Rp6.000.000,- dari 100 ekor kelinci. Betapa besar omzet yang didapatkan dari bisnis pupuk kelinci ini.

Setelah melihat berbagai keuntungan dari berbisnis pupuk kelinci ini, saya harap anda tertarik untuk melirik bisnis yang cukup menjanjikan ini. Saya harap pidato dari saya ini berguna badi para hadirin sekalian.

Demikianlah pidato saya. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian para hadirin sekalian. Selamat pagi.

Antoni H

SMP Santa Ursula BSD 9c/2


Tinggalkan Balasan

 
