Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL 12

Posted by lembursingkur pada Oktober 14, 2009

NOVEL23

Di Ujung Malam

pengarang: Maria A. Sardjono

penerbit: Alam Budaya, Jakarta

tahun terbit: 2005

Diana yang lahir dari keluarga sederhana dan Adri yang berasal dari keluarga besar yag bergemilang kekayaan, jabatan, pangkat dan gelar kesarjanaan yang berderet-deret menikah muda. Pernikahan mereka tidak bahagia karena keluarga Adri selalu melecehkan mengejek Diana. Sesuatu yang memang mereka sengaja sebab sebenarnya Aryantilah yang mereka inginkan menjadi istri Adri. Keluarga Aryanti sama dengan keluarga Adri maka dari itu keluarga Adri sangat menyutujui mereka jika mereka menikah.

Merasa tidak tahan dilecehkan, Diana mengajukan keinginannya untuk bercerai. Adri tidak mau bercerai, Adri selalu mendukung Diana untuk tidak memikirkan hal tersebut. Tapi perasaan Diana sudah rapuh karena dilecehkan keluarga suaminya sendiri. Akhirnya setelah berkali-kali Diana ingin bercerai Adri pun kalah dan akhirnya mereka bercerai, dengan perasaan mau tidak mau Adri meninggalkan Diana . Tetapi ketika memulai hidup terpisah dengan Adri, barulah Diana mengetahui dirinya hamil. Padahal ia sedang berjuang untuk memperbaiki kehidupan keluarganya agar jangan mengalami kepahitansebagaimana yang ia alami. Dengan alasan itu pulalah dia merahasiakan kehamilannya. Tak mudah bagi Diana dengan kehamilannya harus melanjutkan bekerja, oleh karenanya ia merasa bahagia ketika akhirnya dia berhasil menjadi notaris.

Setelah berbulan-bulan anak Diana lahir dengan sempurna dan diberikan nama Nining. Nining disekolahkan dengan baik di sekolah yang Diana telah pilih. Diana pun masih sempat ditelponi oleh Adri untuk menanyakan kabar. Diana masih saja merahasiakan bahwa ia sudah memiliki anak. Adri memberi tahu Diana bahwa ia telah menikah lagi dengan Aryanti. Diana tidak merasa kecewa. Setelah 9 tahun berpisah dengan Adri dan Diana telah hidup dengan tentram.

Saat Diana sedang bekerja di kantornya, tiba-tiba muncul seorang laki-laki. Ternyata laki-laki itu adalah Adri, Diana tidak menyangka Adri datang. Diana pun menjadi bingung karena ia tidak menyangka bahwa ternyata dirinya masih mencintai Adri yang sudah menikah sengan Aryanti. Sementara itu rasa berdosa karena telah menyembunyikan keberadaan anaknya, muncul dengan kuatnya. Tetapi Adri sudah tau bahwa Diana telah memiliki anak.

Moral:

Kita tidak boleh melecehkan saudara kita yang mungkin hidup mewah menikah dengan orang yang hidup sederhana. Karena sebagai manusia, kita harus bersatu untuk damai dan hidup tentram. Seharusnya sebagai saudara kita mendukung agar pernikahan akan bertahan lama hingga akhir nanti.

(Reinier Hanzel-9C)


NOVEL24

Judul Buku     : Sematkan Rinduku di Dadamu (Kumpulan Novelet)

Pangarang       : Mira W.

Penerbit          : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit   : 2007

Sinopsis

Agus dan Rini telah berpacaran.Keduanya masih duduk di bangku SMA.Agus adalah pacar yang agak otoriter.Ia memiliki atura-aturan yang harus dipatuhi oleh Rini.Namun Rini adalah orang yang menyenangi kebebasan.Tak jarang mereka bertengkar karena sikap Agus.Suatu hari mereka pulang sekolah bersama dengan mobil milik Rini.Mereka melalui jalan yang sedang ramai dan macet.Walaupun Rini masih dalam tahap belajar menyetir mobil,Rini tetap nekat menyetir mobil sendiri.Dalam perjalanan,Rini tidak sengaja menabrak seorang anak SMU yang menyelip di depan mobilnya.Agus keluar dari mobil untuk meminta maaf,namun teman-teman korban kecelakaan sudah emosi dan memukul Agus.Agus yang terluka dilarikan ke rumah sakit dan harus di operasi.

Sempat ada masalah di rumah sakit karena Rini diminta untuk membayar uang muka telebih dahulu sementara ia tidak membawa uang.Namun Setelah seseorang yang tidak Rini kenal membayar uang muka perawatan,akhirnya Agus bisa dirawat.Rini lalu pergi menjemput Ibunya Agus.Ibunya merasa sedih dan marah pada Rini.

Luka Agus cukup parah,terutama matanya.Ia harus dioperasi.Esok hari, saat Rini menjenguk Agus, ia bertemu dengan Rudi,orang yang kemarin ia tabrak.Ia datang bermaksud meminta maaf,tapi karena Agus belum sadar saat meminta maaf ke Ibu Agus ia dimarahai.Ternyata Rudi orang yang baik

Rini tidak ke sekolah karena sekolahnya libur.Saat ia masuk sekolah, teman-temannya menanyakan kejadian yang terjadi pada Agus.Siang harinya mereka semua menengok Agus di rumah sakit.Pada saat perjalanan pulang dari menjenguk Agus, Rini dan teman-teman sekelasnya bertemu dengan Rudi dan teman-temannya.Teman-teman Rini,terutama yang laki-laki,yang emosian sudah memukul teman Rudi karena merekalah alasan Agus dirawat di rumah sakit dan mata Agus terluka.Rini sudah berusaha melerai,begitu juga dengan Rudi.Sayang Rini hanya sendiri dan suaranya tidak terdengar karena kegaduhan yang sudah terlanjur terjadi.Rudi terluka saat berusaha melindungi Rini diacara pukul memukul itu.Akhirnya Rudi dibawa ke rumah sakit untuk diobati.

Rini menceritakan hal yang telah terjadi pada Agus esok harinya.Kamar Agus telah dipindah ke kelas tiga.Rudi lalu datang menjenguk Agus.Walau Rudi menyapa Rini dengan lembut,Rini menanggapinya dengan ketus.Ia tidak ingin memberi kesan yang lain pada Agus walau ia sendiri sebenarnya sudah mulai jatuh hati pada Rudi.Rudi sendiri telah menyatakan kalau ia suka pada Rini beberapa hari lalu.

Beberapa hari kemudian teman-teman Rini kembali menjenguk Agus di rumah sakit.teman-teman Rini memberi sumbangan pada Rini untuk biaya oengobatan Agus.Ibu Agus dan Rini sangat berterima kasih.Tak lama kemudian Rudi dan teman-temannya muncul.Teman-teman Rini sempat emosi lagi tapi saat Rudi menyatakan kalau mereka ingin menjenguk Agus dan meminta maaf.Mereka juga memberikan sumbangan untuk biaya pengobatan Agus.Akhirnya teman-teman Rini dan Agus berdamai.Lalu mereka bergantian menjenguk Agus karena tempat yang sempit.Agus sempat mencari Rudi dan Rini.Namun mereka berdua tidak ada dan Agus bisa menebak hal yang telah terjadi walaupun ia tidak dapat melihatnya.

2.Di Bawah Bayangan Keruntuhan

Nadine dan Nali adalah kakak-beradik.Nadine adalah gadis yang cantik,baik hati,lemah lembut dan cerdas.Seorang figur kakak yang sempurna.Nali sangat mengagumi Nadine berusaha menirunya.Namun saat manginjak masa remajanya,Nali mulai iri dan membenci kakaknya.Padahal Nadine-lah yang telah membesarkan Nali karena Ibunya telah meninggal dan Ayahnya sibuk bekerja di toko dagangannya.Nadine memberikan apa yang Nali minta, tapi pada suatu saat,Nali meminta kekasih Nadine,Hariadi.

Suatu Hari Hariadi dan Parto, temannya, beserta Yina,pacar Parto mengajak Nadine merayakan Tahun Baru di villa. Nadine menyutujuinya.Masalah muncul saat Nali ingin ikut.Akhirnya dengan berat hati Hariadi dan Parto mengizinkan Nali ikut.Semua tahu bagaimana sikap Nali,serba kebalikkannya Nadine. Nali sempat menghilang walau akhirnya kembali.Selesai merayakan Tahun Baru,Nadine dan Yani langsung pergi tidur,sementara Hariadi dan Parto tertidur di ruang tamu karena mabuk.Tidak ada yang tahu,mungkin Nali yang pertama menghampiri setelah melihat Hariadi mabuk.Hariadi sendiri tidak sadar karena mabuk.Nali menuduh Hariadi memerkosa dirinya pada saat mereka menginap di villa.

Sejak kejadian itu Nadine menjadi lebih pendiam.Walau Hariadi telah minta maaf,nadine tetap diam.Akhirnya Nadine meminta Hariadi menikahi Nila sebagai bentuk pertanggung-jawaban.Hariadi dengan berat hati dan marah menerima keinginan Nadine tersebut.Nadine yang mengurus semua persiapan pernikahan adiknya lalu pergi ke Jakarta menjauh dari Nali dan Hariadi.

Dalam perjalanan Nadine ditabrak mobil.Dua hari dua malam tidak sadarkan diri,akhirnya Nadine terbangun dengan perasaan sedih karena ia tidak bisa menghilang, tidak bisa menjauh dari adiknya sesuai keinginan adiknya sendiri.Nadine lalu bertemu Jerry Aksan,orang yang menabraknya.Jerry sangat senang karena Nadine tidak meninggal,kalau iya hukumannya pasti sangat berat kerna ia mengemudi dengan keadaan setengah teler.

Dari pertemuan itu Nadine dan Jerry mulai menjalin hubungan.Jerry adalah pria yang baik hati,namun karena salah pergaulan yang salah ia jatuh ke jalur yang salah.Ia hidup dengan berbagai macam obat dan perempuan.Nadine membantu Jerry memperbaiki diri.Hubungan mereka berjalan selama 6 tahun.Nadine tidak ingin menjadikan Jerry sebagai pelarian dan ia menunggu Jerry memenuhi janjinya.Jerry kembali berkuliah dan mendapat posisi yang cukup bagus di kantornya.Akhirnya Nadine menerima lamaran Jerry dan mereka menikah.

Dua tahun berlalu dan kehidupan mereka selalu berjalan dengan bahagia.Namun saat Jerry sadar Nadine belum juga hamil,ia sempat khawatir,takut ia mandul karena kebiasaanya berganti wanita saat muda.Jerry mengajak Nadine ke dokter.Kata dokter hasil tes mereka normal,tidak ada penyakit.Jerry merasa senang,setidaknya ia sehat-sehat saja.Rasa senang itu berubah menjadi kebahagiaan ketika Nadine memberitahu kalau ia telah hamil 6 minggu.

Jerry sangat memanjakan Nadine selama ia hamil.Ia tidak sabar melihat putranya.Sayang,Jerry meniggal dalam kecelakaan pesawat ketika melakukan perjalanan bisnis ke Medan.Nadine sangat sedih.Ia hampir bunuh diri kalau ia tidak mengingat anak dalam kandungannya.

Waktu berlalu,Jeremy, anaknya, telah lahir.Mengurusi Jeremey membuat hati Nadine kembali tenang,kesedihan berlalu.Suatu hari di sebuah mal Nadine bertemu dengan Hariadi.Ternyata Hariaditelah menikah lagi da memiliki seorang anak.Dua hari sesudah itu mereka bertemu kembali karena Nadine ingin mengetahui nasib Nila.Dari pertemuan itu ia tahu kalau pernikahan Hariadi dan Nila hanya bertahan dua bulan dan Nila diusir oleh istri kedua Ayahnya.Tidak ada yang tahu pergi ke mana Nila.

Esoknya Nadine pulang ke rumah Ayahnya.Ayahnya senang melihat Nadine,namun saat mendengar nama Nila,kegembiraan Ayahnya hilang.Karena Nadine sangat ingin melihat Nila,Ayahnya membawNadine ke tempat peristirahatan Nila yang terakhir, ke kuburan dengan batu nisan bertuliskan nama Nila.Kata Ayahnya ada yang mengantarkan jasadnya karena ia ingin dikuburkan disebelah Ibunya.Sepertinya ia pergi mencari Nadine setelah sadar bahwa hanyalah Nadine yang benar-benar menyayanginya.Jasad Nila sangat kurus dan wajahnya seperti menahan penderitaan.Nadine sangat sedih karena tidak bisa menjaga adiknya,namun sekarang di dunia ia berisitrahat,akan ada yang selalu menjaganya.Nadine akan selalu menyayangi Nila apapun yang talah Nila perbuat padanya dan berjanji untuk tidak mengambil miliknya.

Enam bulan kemudian Hariadi datang bertemu Nadine.Mengetahui tujuan Hariadi, Nadine menolak Hariadi.Cukup Nila yang ditinggalakan Hariadi, jangan sampai ada korban lain.Hariadi-pun berhenti mendesak,karen ia tahu walau Nadine terlihat lembut,ia memiliki pendirian yang kokoh dan ia sudah menetapakan jalan hidupnya
Amanat

-Kita harus bisa memaafkan kesalahan orang lain

-Jangan memaksakan kehendak diri sendiri / egois

-Hargailah perbuatan baik orang lain


Opini

Kumpulan novelet ini sudah bagus.Mudah dimengerti dengan bahasa anak muda dan membahas masalah anak muda,cinta.

Radella Caroline Arviana / 9C / 25

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: