Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL 11

Posted by lembursingkur pada Oktober 11, 2009

NOVEL 21

Judul : Sepanjang Sungai Amazon

Pengarang : Mira W

Penerbit  : PT.Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit :

Ringkasan , Opini , dan Nilai :

Aries Dewa Brata adalah anak konglomerat yang menjadi donatur di tempat kuliahnya . Aries selalu di temani oleh sahabat sekaligus ajudannya yang bernama Guntur . Suatu ketika Aries pergi ke warnet milik Vania . dan pada saat itu aries seperti merasakan perasaan yang lebihn . Akan tetapi awal pertemuan mereka kurang baik karena di awal pertemuan , mereka sudah bertengkar . Berawal dari Guntur yang somvong dan Aries yang berbasa basi menanyakan apakah ada tempat di warnet itu yang kosong padayhal pada saat itu warnet sedang penuh. Dan ulah mereka inilah yang membuat Vania kesal.

Perasaan mereka pun lama – lama menjadi perasaan cinta . Hingga pada ajhirnya mereka memutuskan berpacaran dan akhirnya juga mereka memutuskan untuk menikah . Di awal mereka menikah mereka masih bisa saling menerima . Akan tetapi Guntur masih tetap saja mengikuti Aries padahal Aries sudah mempunyai istri . Mereka berbulan madu ke Sungai Amazon . Pada awalnya Vania merasa kuranng nyaman pada tempat mereka berbulan madu . Setelah mereka berbulan madu dan tidak lama dari saat itu keadaan semua berubah . Vania mengalami pemerkosaan dan itu membuat Vania trauma jika mau berhubungan dengan suaminya , Aries .

Hingga pada suatu hari Vania mengandung seorang anak . Ia tahu kalau anak yang dikandungnya itu bukan anak dari Aries dan ia berniat untuk menggugurkan anaknya itu . Aries yang tau akan hal itu langsung datang ke tempat damana Vania akan menggugurkan anaknya dan mengancam dokter Gani jika ia menggugurkan kandungan Vania. Dari saat itu lah mereka memutuskan untuk bercerai . Mereka akan bercerai setelah anak dikandungan Vania lahir . Ketika anak tersebut lahir dan semakin dekat hari perceraian mereka ternyata ayah dari anak itu adalah Rudy ( belum pasti juga ) dan anak itu memanggil Rudy dengan sebutan ayah . Sedangkan Aries yang mengakui arvan sebagai anaknya hanya di panggil om. Hingga pada akhirnya terkuak kalau Rudy mengidap suatu penyakit dan umurnya tidak lama lagi .

Ketika Rudy meninggal seluruh hartanya pun di berikan kepada Arvan anak Vania dan ia . Dan saat itu Aries berjanji unutk tidak menceraikan Vania sebelum Rudy meninggal. Rudy pun meninggal dan Aries pun menceraikan Vania. Akan tetapi Aries beberapa tahun kemudian mengirim email kepada Vania dab ia meminta agar Vania mau datang ke tempat mereka dulu berbulan madu pada saat hari ulang tahun pernikahan mereka yang kesepuluh dan Vania pun menurutiya ia datang dan menunggu Aries di tangga cottagenya.

Opini saya tentang novel tersebut : Kalau menurut saya novel ini sudah bagus karena masalah yang di ambil sangat rumit dan critanya pun sulit bagi saya untuk di tebak . Akan tetapi saya secara pribadi kurang suka dengan novel ini karena ceritanya bagi saya terlalu mendalam tapi nilai positif dari karya Mira W ini adalah ya itu alur ceritanya yang sulit ditebak .

Nilai yang saya dapat : ketika kita sudah membina suatu keluarga jangan kita tergantung lagi dengan sahabat karena sahabat tidak akan pernah mengerti tentang keluarga kita . Dan walau pun sahabat itu tinggal atau menumpang dengan kita jangan pernah yang namanya kita lebih mendahulukan dia karena itu sama saja tidak menghargai pasangan.Selain itu saya juga mendapat nilai keterbukaan jadi jika kita mengalami suatu kejadian yang membuat luka batin jangan pernah kita menyimpannya sendiri.

Kita harus menceritakan semuanya kepada keluarga atau siapa pun dan kita juga harus berani melawan trauma yang ditimbulkan dari kejadian tersebut .Dalam artian kita harus berani menatap masa depan dan bangun dari keterjatuhan kita . (Maria Felicity 9C/20)

NOVEL 22

  1. Judul : Di Tepi Jeram Kehancuran
  2. Pengarang  : Mira W.
  3. Penerbit  : PT. Gramedia Pustaka Utama
  4. Tahun Terbit  : 2007
  1. Ringkasan :

Rianti, seorang siswa sebuah kursus sekretaris di Jakarta sedang mencari lowongan pekerjaan sebagai sekretaris. Bu Titi seorang wanita yang membantu di business service milik Pak Rasid, yang biasa dipanggil Pak Ras, sangat ingin membantu Rianti. Karena Rianti adalah seorang gadis yang benar-benar baik hati dan tulus, tidak seperti teman-teman satu kursusnya yang mendapatkan pekerjaan karena kemampuannya merayu Pak Ras. Tapi Rianti tidak sama sekali berpikir seperti itu. Ternyata, Pak Ras memiliki lowongan kerja untuk para calon sekretaris ini untuk pergi ke kongres internasional di Kairo. Rianti harus mendapatkan pekerjaan ini, karena ayah tirinya selalu mendesaknya, karena kebutuhan ekonomi keluarga mereka memang membutuhkannya. Rianti harus menanggung beban sebagai tulang punggung keluarga, empat orang adiknya yang masih sekolah, seorang ayah tiri yang pengangguran, dan seorang ibu.

Ternyata Rianti yang beruntung, ia diberi kesempatan oleh Pak Ras untuk mendapatkan pekerjaan ini. Dalam perjalanan di Kairo, ia duduk bersama Pak Ario dan Pak Ariffin. Pak Ariffin sangat baik dan perhatian padanya, namun Pak Ario terlihat sangat dingin, angkuh dan suka sekali tidur. Rianti sampai-sampai menyebutnya si tunggul. Setelah sampai di Kairo, sekretaris seniornya, mbak Sri ternyata sangat angkuh, namun pekerjaannya sangat mengagumkan. Ia mengajarkan Rianti hal-hal yang tidak didapatkannya dalam kursus. Kerja Rianti pun cukup bagus di Kairo sebagai pemula. Karena kerjanya yang bagus itu, Pak Ariffin menawarkan pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaannya. Pengalaman tak terlupakan di Kairo ini, membuat Rianti merasakan sesuatu perasaan yang lain terhadap Pak Ario. Namun ia belum tahu perasaan apa itu.

Sepulangnya dari Kairo, ia seharusnya mendapatkan upahnya setelah bekerja di kongres tersebut. Namun uang itu tidak diberikan juga oleh Pak Ras, katanya ia meminjamnya dulu untuk kebutuhan keluarga. Tapi Rianti harus segera mendapatkan uang untuk diberikan kepada ayahnya. Akhirnya ia memutuskan untuk bekerja di perusahaan Pak Ariffin supaya mendapatkan uang dulu agar bisa diberikan kepada ayahnya. Dan secara tak sengaja Pak Ario telah meminjamkan uang itu pada ayahnya, karena ayahnya memaksa. Oleh karena itu, Rianti jadi merasa berhutang pada Pak Ario. Karena kerja sama antara perusahaan Pak Ariffin dan Pak Ario, Rianti harus ikut juga melihat proyeknya di Surabaya, sebagai sekretaris Pak Ariffin. Di Surabaya ini, Pak Ario akhirnya mengaku bahwa ia jatuh cinta kepada Rianti pada pandangan pertama. Dia hanya menutupi rasa terpikatnya kepada Rianti dengan skap yang angkuh. Dan ternyata Rianti juga jatuh cinta kepadanya. Dan esok paginya, tak disangka-sangka Pak Ario melamar Rianti untuk menjadi istrinya.

Rianti langsung setuju, setelah membicarakan hal ini dengan ibunya. Namun, Bu Danu, Ibu dari Pak Ario tidak setuju. Karena ia telah trauma menghadapi wanita yang mau merebut kasih sayang dari putranya itu. Ia tidak rela cinta putranya itu dibagi kepada wanita lain. Karena istri Pak Ario yang pertama, Karin, sering bertengkar dengan Bu Danu, akibat hubungan yang terlalu erat antara anak dan ibunya itu. Akhirnya istri Pak Ario yang pertama itu meminta cerai dan pulang ke Jerman dengan membawa satu-satunya putra mereka. Namun lama-kelamaan hati keras Bu Danu luluh juga karena sikap lembut Rianti. Rianti jadi tidak terpisahkan dari keluarga barunya itu, dengan Mas Ario dan Bu Danu.

Namun hubungan keharmonisan ini mulai retak saat Karin datang ke Indonesia dengan membawa Awan, buah hati mereka. Saat bertemu dengan Karin yang lebih dapat membangkitkan gairahnya, Ario dengan mudahnya melupakan Rianti yang setia menunggunya di rumah. Setelah mengetahuinya, Rianti menjadi sangat jijik kepadanya, ia tak mau lagi disentuh sedikitpun oleh Ario. Ario menjadi kesal, apalagi ditambah surat untuk Rianti dari Pak Ras, yang ditunjukkan ibunya. Kecemburuan Ario memuncak dan ia memaksa Rianti melayaninya, namun kekasaran itu ternyata membunuh anak dalam perut Rianti, yang ternyata sedang hamil. Di tepi jeram kehancuran hidupnya, ia harus memilih, kebahagiaannya bersama Ario atau penderitaan seorang anak kecil yang sangat membutuhkan ayahnya. Rianti akhirnya menginginkan cerai dari Ario.

Setelah Karin mengetahui peristiwa ini, ia memutuskan untuk kembali ke Jerman, Karena ia tahu, seorang yang bisa membuat hati Bu Danu yang keras itu luluh, hanyalah seorang wanita istimewa, dan itulah Rianti. Namun Rianti sudah terlanjur sakit hati dan akhirnya pergi ke Surabaya karena dipindah tugaskan oleh Pak Ariffin. Ario baru mengetahi bahwa Awan bukanlah anak kandungnya, melainkan anak dari Budiman. Apalagi saat itu pula, Bu DAnu mengakui bahwa surat yang ditunjukkan kepada Ario itu bukanlah surat dari Pak Ras, melainkan Bu Danulah yang membuatnya, agar Ario tidak bercerai dengan Rianti. Dan Ario baru merasa kehilangan Rianti, dan untuk meminta Rianti kembali ke sisinya, Ario pun menyusul ke Surabaya. Namun di Surabaya, ia mendapatkan kabar bahwa Pak Ariffin telah menceraikan istrinya untuk menikahi Rianti. Ia terpukul dan langsung kembali ke Jakarta dan mengulang kebiasaan lamanya, mabuk.

Bu Danu yang tidak menginginkan perceraian itu terjadi, jadi ia datang ke Surabaya untuk menjemput Rianti pulang ke Jakarta dengan mengatakan bahwa  Ario sedang sakit. Dan Rianti pun bergegas pulang. Di rumahnya, ia mendapati Ario pulang dengan kondisi mabuk, namun setelah melihat Rianti, Ario sadar kembali dari peningnya. Dan akhirnya Rianti dapat melupakan kejijikannya terhadap Ario yang sudah menyentuh wanita lain, dengan membalas ciuman Ario dengan mesra.

  1. Opini tentang isi novel :

Cerita novel ini sangat bagus. Tidak terlalu melenceng dari kehidupan nyata, dan ceritanya tidak terlalu muluk-muluk. Menceritakan sisi kehidupan lain dari seseorang yang sangat tidak kita sangka-sangka. Alur ceritanya juga bagus, ada titik klimaksnya. Sehingga sedikit terharu saat membacanya. Namun novel ini mungkin belum cocok dibaca oleh remaja seusia SMP, karena dalam novel ini diceritakan hubungan-hubungan intim yang dilakukan orang dewasa. Tapi dalam novel ini, penulis juga membuat pikiran pembaca menjadi lebih dewasa lagi, dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh tokoh utama dalam novel ini dan cara penyelesaiannya.

  1. Nilai yang diperoleh :

–         Kita harus bisa memilih salah satu. Kita tidak dapat memiliki semua yang kita inginkan.

–         Kita harus memperjuangkan cinta kita, jangan cepat menyerah atau putus asa.

–         Kita harus melakukan sesuatu sebaik-baiknya dengan kemampuan yang kita punya

–         Kita harus menjadi orang yang baik hati dengan menolong siapapun, karena kebaikan yang kita berikan akan membuahkan kebaikan yang akan kita terima.

Innocentia F. N. Kishi

9C/12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: