Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL 7

Posted by lembursingkur pada September 28, 2009

Novel 13

Judul : Di hatimu  Aku Berlabuh

Pengarang : MARGA T

Penerbit/thn terbit : PT Gramedia,Desember 1988

Ringkasan :
Koleta culak-culek di dekat pintu gerbang seakan ada yang dicarinya. pagi itu dia menggunakan blus dan rok abu-abu. itu adalah hari pertama Koleta masuk sekolah di SMA. Di hari pertamanya masuk sekolah,koleteta sangat senang dengan teman-teman baru dan baik-baik. Koleta memiliki teman yang bernama Mesina,Dante,Osama,Miao-Miao, dan masih banyak lagi. Koleta adalah perempuan yang baik,cantik,dan pintar. Miao-Miao adalah seorang teman yang suka meneraktir Koleta. Saat sedang meneraktir teman-teman nya,ternyata uang Miao-Miao tidak cukup untuk membayar semua makanan yang dimakan teman-teman nya. Akhir nya koleta yang membantu membayar semua nya. Saat di kelas 2 SMA, Koleta menyukai cowok yang bernama Dante. Koleta menyukai Dante tetapi Koleta malu untuk mengungkapkannya. Tetapi dikelas 3 SMA Dante pun menyukai Koleta. Akhirnya mereka pun berpacan. Teman-teman Koleta bahagia mendengar kabar bahwa Koleta bepacaran dengan Dante.

Amanat : Jika kita menginginkan seseuatu,kita harus mengejar nya dan tidak boleh putus asa. Jika kita yakin kita bisa mendapatkannya,kita psati bisa mendapatkannya. Jadi kita harus berusaha dahulu dengan apa yang kita inginkan dan tidak boleh putus asa untuk mendapatkannya.

Opini : Menurut saya novel ini menarik. Novel karena novel ini menceritakan seseorang yang bejuang untuk mendapatkan cinta sejatinya.

NOVEL 14

Judul Novel             : Masih Ada Kereta yang Lewat

Pengarang               : Mira W.

Tahun Terbit          : 1970-an

Novel ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Arini yang dahulu pernah menikah dengan seorang lelaki bernama Helmi yang meninggalkannya dengan wanita lain yang tidak lain adalah sahabatnya sendiri, yaitu Rita. Setelah semua kejadian itu telah dilupakannya, datanglah seorang pemuda yang akhirnya menjadi dekat dengan Arini. Mereka bertemu di dalam kereta api yang membawanya pergi ke suatu kota di Belanda untuk suatu tugas pekerjaannya di Indonesia. Nick semakin dekat dengan Arini setelah Arini membawa Nick untuk pergi berkeliling di negeri tersebut. Namun yang menjadi kebingungan Arini adalah mengapa seorang pemuda seperti Nick dapat pergi ke negeri ini sendiri, bahkan uang yang dibawanya pun tidak mencukupi. Sampai-sampai, Arini pun sempat memberinya uang saku untuknya. Tujuan Nick yang diberi tahu oleh Arini adalah ia ingin pergi berkeliling di negeri Kincir Angin ini. Namun, selain itu, ia meninggalkan Indonesia pun sebagai sebuah pelarian dari kedua orang tuanya yang dirasanya tidak pernah memperhatikan dirinya. Pertemuannya dengan Arini pun merupakan suatu ketidaksengajaan. Tetapi dari ketidaksengajaan itulah yang membuat Nick jatuh cinta pada pandangan pertamanya dengan Arini di negeri tersebut. Meskipun sudah beberapa ciuman yang diberikan oleh Nick kepada Arini, namun Arini pun tetap menganggap Nick hanyalah sebagai adik bahkan anaknya sendiri. Umurlah yang membuat Arini berpikir demikian. Umur mereka terlalu jauh untuk disebut sebagai sepasang kekasih. Selain itu, Arini juga masih merindukan seorang pria yang dahulu pernah mengisi hidupnya, yaitu mantan suaminya sendiri, Helmi.

Waktu pun terus berlalu, dan kini waktunya Arini untuk kembali ke Indonesia karena tugasnya di negara itupun sudah berakhir. Yang menjadi kesedihan bagi Arini adalah ia akan berpisah dengan Nick yang selalu membuatnya ceria. Dia sayang dengan Nick, namun sayang itu bukanlah sayang yang diberikan sebagai seorang kekasih. Dengan kesedihan yang mendalam, ia harus meninggalkan Nick dan kembali ke Indonesia.

Arini pun tiba di Jakarta, dan keesokan harinya ia memulai pekerjaannya kembali di kantornya. Di kantor, ia mendapat sambutan hangat dari para karyawan lainnya dan tentu ia pun mendapatkan pujian dari atasannya karena keberhasilan pekerjaannya di luar negeri itu. Namun, Arini terkejut dengan adanya karyawan baru yang kini bekerja sebagai bawahan dari Arini. Orang tersebut adalah Helmi, suami yang telah meninggalkan dirinya untuk sahabatnya.

Tiba-tiba Nick datang kerumah Arini dan Arini pun terkejut melihatnya. Nick baru saja tiba di Jakarta dan langsung menuju rumah Arini. Meskipun ada sedikit pertengkaran diantara mereka, namun mereka akhirnya dapat menjadi teman baik lagi seperti di Belanda dulu. Tetapi, setalh Nick kembali kerumah dan akhirnya ibunya pun mengetahui hubungannya dengan Arini. Tentu saja ibu Nick tidak menyetujui hubungan mereka, dengan berbagai cara ibunya akan melakukan segalanya untuk memisahkan mereka.

Saat di kantor, Helmi selalu ingin berbicara dengan Arini karena ada suatu hal penting yang harus Arini ketahui, namun Arini selalu tidak ingin tahu dan malah memarahi Helmi. Oleh sebab itu, Helmi pun mendatangi rumah Arini dan pada saat itu ada Nick. Nick pun sekarang telah mengetahui siapa pria yang telah menyakiti hati Arini sekaligus mantan suami Arini.

Setelah pertemuannya dengan Helmi, bertambahlah masalah Arini sekarang. Nick telah pergi kembali ke Belanda untuk melanjutkan studinya, dan yang lebih mengejutkan lagi bahwa anaknya yang selama ini dikira telah meninggal masih hidup dan kini dalam keadaan yang kurang membahagiakan. Anak itu bernama Ella, dan ia sejak kecil telah menderita penyakit kelainan ginjal. Hanya ginjal Arinilah saat ini yang dapat menolong anak ini agar dapat menikmati hidupnya kembali. Helmi terus memohon kepada Arini, dan akhirnya, operasi pun dimulai. Ella kembali sehat dan bertemu dengan keluarganya kembali. Helmi tidak melanjutkan pekerjaan di kantor Arini lagi karena adanya masalah yang dilakukannya. Arini pun kembali menikmati hidupnya kembali. Namun, Arini akhirnya pergi menyusul Nick ke Belanda. Saat di Belanda, bertemulah mereka dan kebahagiaan pun tumbuh kembali.

Opini

Menurut saya, cerita yang dicerikatan pada novel ini sungguh menarik dan bahasa yang digunakannya pun cukup baik. Novel ini mengambil tema yang menarik yang membuat pembacanya menjadikan novel ini popular. Dan bagian punutup cerita yang lucu membuat pembaca tidak bosan. Pada bagian-bagian yang mengisahkan kesedihan, membuat pembacanya ikut terharu membacanya, bahkan tidak segan-segan untuk mengeluarkan sedikit air matanya. Namun, ada beberapa adegan yang kurang baik untuk diceritakan karena kurang cocok bagi pembaca yang belum mencukupi umurnya, seperti adegan berciuman atau yang lainnya. Meskipun begitu, rating novel ini pun tetap pada tingkat biasanya.

Nilai-Nilai

–          Dibutuhkan beberapa kesabaran untuk mencapai sebuah kebahagiaan

–          Tidak semua masalah dapat diselesaikan sendiri

–          Jika kita disakiti oleh seseorang yang kita sayangi, maka janganlah beranggapan bahwa tidak akan ada cinta lagi di dalam diri kita

–          Janganlah membuat hidup kita menjadi sebuah hidup yang sunyi karena adanya suatu masalah yang menghantui kita, namun jadikanlah masalah itu sebagai suatu pembelajaran bagi kita.   (ASTRID PUTRI-9C)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: