Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL 5

Posted by lembursingkur pada September 26, 2009

NOVEL 9

Judul                          : Misteri Bunga Tasbih

Pengarang                  : V. Lestari

Penerbit                     : PT Gramedia

Tahun Penerbitan     : 1989

Ringkasan                  :

Farida Gunawan pindah ke kota Bogor untuk menenangkan perasaannya yang terluka sejak kematian suaminya. Ia tinggal di rumah kecilnya yang ternyata sangat nyaman bersama Bi Icah, pembantunya. Setiap seminggu sekali, Tommy yang merupakan anak laki – lakinya datang berkunjung. Tommy tinggal di sebuah kos karena merasa tanggung harus pindah sekolah saat sebentar lagi ia akan lulus. Kini Farida harus meninggalkan kehidupannya yang lama, dan ia sudah siap untuk menyambut yang baru.

Setelah Farida selesai membenahi rumah dan melaksanakan tugasnya sebagai penghuni baru, ia segera berkenalan dengan para tetangga. Farida berterus terang bahwa ia berprofesi sebagai pengarang novel misteri, namun agak kecewa saat mengetahui bahwa para tetangganya belum pernah membaca karyanya. Dari perkenalannya itu ia bertemu dengan Ibu Nurlaila. Bu Nur adalah tetangga seberang rumah yang suka bergosip dan Farida segera tahu darinya bahwa rumah yang kelihatan kosong di sebelahnya ternyata dihuni oleh Pak Irawan, seorang duda. Katanya, istri Pak Irawan mendadak pergi tanpa memberitahu suaminya dan menghilang.

Tepat saat Bu Nur masih bercerita, Pak Irawan pulang. Bu Nur segera memperkenalkan mereka satu sama lain. Rupanya Pak Irawan adalah penggemar berat Farida dan ia sangat menyukai novel – novel misterinya. Ia sangat senang bisa bertemu dengan pengarang favoritnya. Pak Irawan sering meneleponnya dan meminjaminya buku – buku yang dapat memberi Farida ide untuk menulis buku selanjutnya. Setelah Farida sudah lebih terbiasa tinggal di tempat itu, ia mulai mengetik cerita barunya. Cerita itu terinspirasi oleh Pak Irawan dan misteri hilangnya istrinya.

Walaupun Pak Irawan baik sekali terhadapnya, Farida merasa ada yang agak ganjil dengannya. Ia terutama sangat penasaran dengan bunga tasbih yang berada di pojok kebun Pak Irawan. Pak Irawan mengaku tidak suka berkebun dan tidak peduli akan kebunnya, tetapi Farida tetap bingung. Tanaman tersebut kelihatan sangat merana, padahal mereka adalah jenis tanaman yang mudah tumbuh, terutama di tanah Bogor yang subur. Apalagi bunga tasbih putih yang berada di paling ujung memiliki bercak – bercak merah, seakan – akan terciprat darah. Karena rasa ingin tahunya tak tertahankan, saat Pak Irawan sedang pergi bertugas ke Medan, Farida membujuk Tommy untuk mencuri bunga tasbih putih itu. Tommy menyanggupi dan mereka berhasil mendapatkan bunga itu, walaupun dengan susah payah.

Setelah berhasil mendapatkan bunga tasbih milik Pak Irawan, Farida menanamnya dan memetik bunganya yang bernoda merah. Ia segera menyelipkannya di buku telepon agar bunga itu kering. Lalu Farida segera melanjutkan mengetik bukunya. Ia berpikir bahwa istri sang tokoh cerita yang mati dibunuh sebaiknya dikubur di pojok kebun sang pemilik rumah, dan di atasnya ada deretan bunga tasbih yang tumbuh merana, seakan – akan mereka adalah saksi dari kejahatan yang terjadi. Farida agak takut kalau cerita ini bisa menyinggung perasaan Pak Irawan, tapi ia tetap melanjutkannya.

Setelah pencurian bunga itu, Pak Irawan tahu ada yang mengambil bunganya dan ia baru sadar bahwa bunga – bunga tasbih itu jelek sekali. Ia segera menggantinya dengan pohon belimbing. Ada peristiwa aneh yang terjadi saat bunga itu diganti. Bi Icah kebetulan sedang iseng melihat ke arah rumah Pak Irawan dan Bi Icah melihatnya sedang membawa bungkusan plastik biru yang panjang seukuran manusia dan memasukannya ke dalam mobil. Bi Icah memberitahu Farida tentang hal tersebut. Farida merasa curiga, tetapi ia lalu berjalan ke kebun belakangnya untuk melihat tanaman hasil curiannya. Ternyata pohon itu sudah berbunga lagi, tetapi bunga itu hanya putih polos. Farida bingung tetapi ia memetik bunganya dan menyelipkannya juga di buku telepon.

Tak lama kemudian, terdengar berita bahwa sebuah kerangka manusia terbungkus tanah dan plastik biru ditemukan. Para ahli memastikan bahwa kerangka itu dulunya adalah seorang wanita dan adalah korban pembunuhan. Beberapa tulang jarinya ada yang hilang, mungkin karena si pembunuh terburu – buru memindahkannya. Anehnya, tangan kerangka itu mencengkeram bunga tasbih. Tetapi bunga itu tidak layu, padahal seharusnya bunga itu sudah membusuk. Farida menyadari ada yang tidak beres dengan kasus ini dan segera menemui polisi untuk minta izin melihat kerangka itu. Ia bahkan membawa bunga bernoda merah yang sudah dikeringkannya, yang ternyata persis sekali dengan bunga yang dicengkeram sang kerangka. Farida dan para polisi langsung menuju rumah Irawan untuk menggali tempat bekas tumbuhnya bunga tasbih yang merana itu.

Setelah dilakukan penggalian, ditemukan tulang – tulang jari dan gumpalan rambut yang cocok dengan kerangka sang korban. Pak Irawan mengaku bersalah dan ia membunuh istrinya karena kebosanan dan kebencian. Dengan tertangkapnya sang penjahat, Farida memutuskan untuk berhenti melanjutkan novelnya tentang Irawan dan menulis cerita yang baru. Ia merasa cerita itu bukan karya aslinya. Memang ditulis dengan gaya dan caranya sendiri, tetapi idenya bukan. Setelah semua masalah selesai, ia bisa melanjutkan kembali hidupnya dengan damai.

Opini                          :

Buku ini cukup menarik untuk dibaca karena di samping misteri kadang – kadang diselipkan humor. Ceritanya juga tidak membosankan dan unik, sebab misteri tersebut dipecahkan bukan oleh detektif yang hebat tetapi oleh seorang pengarang buku. Menurut saya, walaupun cerita ini agak terlalu santai, pemilihan tempat kejahatannya cukup bagus. Dengan kompleks perumahan yang damai dan penghuni – penghuninya yang baik, tidak akan ada yang menyangka Irawan adalah seorang penjahat.

Nilai yang didapat    :

1.      Jangan menilai orang dari penampilannya saja.

2.      Bangkai yang disembunyikan baunya pasti akan tercium juga.

Fani IX C / 30

NOVEL 10

Judul                           : Cinta Berkalang Noda

Pengarang                   : Mira W.

Penerbit                       : PT Gramedia Pusaka Utama Jakarta

Tahun Terbit                : Tahun 2000

Ringkasan                   : Lima  tahun setelah Ardi dijebloskan ke penjara karena istri Amran , Irna mengungkapkan kasus pembunuhan Amran oleh kakaknya sendiri , Amran.Ia menganggap bila Irna adalah penghacur keluarganya.Irna sekarang menikah dengan Elman dan mengasuh Rian yang pertamanya anak dari Amran dengan istri Aman sebelumnya,ternyata Rian bukan anak dari mereka.Rian adalah anak dari Nuranti dan Narno.Narno telah meninggalkan Nuranti untuk bekerja.Sebelum Narno meninggalkan Nuranti,ia menitipkan kandungan di perut Nuranti.Nuranti pun memerlukan suami untuk membesarkan kandungan itu yang ahkirnya lahir sebagai Rian,sehingga ia menikah lagi dengan Amran.Tapi Nuranti tak sanggup mengasuh Rian,Nuranti pun meninggalkan Amran dan meninggalkan Rian pada Amran.Karena Amran juga tak sanggup membesarkan Rian sendirian,ia menikah dengan Irna.Irna pun mencintai Rian.Mereka berdua terpaksa menikah karena Irna tak ingin menjadi sebagai pasangan simpanan yang membuat ia tekenang dengan ibunya yang membuat nama baik keluarganya tercoreng.Irna ingin meluruskan hidup keluarganya.Irna dan kakak – adiknya merupakan wanita karier yang sukses.Mereka semua berhasil membersihkan nama baik mereka.Setelah terjadinya kasus pembunuhan Amran , Irna menikahi seorang lelaki yang telah mencintainya dari lama , Elman.Irna hidup bersama Elman , ibu Elman , dan Rian.Ibu Elman tidak meyukai Irna karena anaknya telah ditolak berkali – kali tapi ahkirnya beliau merestui karena merasa iba dengan kejadian yang menimpah Irna.Tetapi rasa  muak kembali lagi karena mereka sudah menikah selama 1 tahun tapi belum juga punya anak.
Narno , Nuranti , dan Safrida kakak dari Ardi ingin menuntut Irna untuk mengembalikan Rian pada mereka sehingga mereka mendapatkan warisan yang sudah dikembangkan oleh kakak Irna menjadi perusahaan yang kaya.Mereka mengurusi itu di pengadilan.Ahkirnya mereka menyerah karena uang mereka habis , Irna pun menang.Memang dari semula Rian ingin tinggal bersama Irna.

Irna kembali ke tempat asal Arman untuk mengurusi surat wasiat.Tetapi disana ia diperkosa oleh Ardi dan 2 temannya.Irna menjadi stress dan mencoba bunuh diri.Untung segera dibawa rumah sakit oleh Rian.Rian menjadi sedih karena mamanya yang diangkap Wonder Woman telah hilang.Hasil dari pemerkosaan itu adalah kehamilan Irna.Elman selalu mendukung Irna.Irna pun sudah semangat lagi.Tiba – tiba Rian kabur dari rumah untuk membalas dendam ibunya.Tetapi Rian sudah lemah karena dipukuli oleh preman – preman berbau ahlkohol itu.Irna pun menolongnya dan hampir diperkosa lagi.Untung Elma segera mencari bantuan.

Irna pun melahirkan anak perempuan yang cacat pada kaki.Kaki anak itu pincang.Irna tak mau melihat anak hasil dosa itu.Elma tidak tega.Mereka memberi anak itu pada Yayasan Kasih Ibu.Setiap hari Elman datang untuk mengetahui anak Irna yang berarti anaknya juga.Tapi tak ada yang mau mengasuh karena kakiknya yang cacat.Ahkirnya diam-diam ia mengadopsi anak itu.Diberinya nama Anyelir.Anyelir tumbuh dan menjadi gadis yang nakal.Ia hanya mencintai ayahnya.Neneknya menjadi stress dengan kenakalan Anyelir.Irna dan Elman pun berantam karena Elman terlalu memanjakan Anyelir.Lama – lama Irna tahu bahwa Anyelir anak hasil dosa itu tapi ia udah terlanjur cinta dengan Anyelir.Nenek pun menderita penyakir stroke yang membuat ia tak bisa bergerak.Suatu hari saat neneknya duduk di kursi roda memandang jalanan , Anyelir dengan rasa keingin tahunya melepaskan rem pada kursi roda itu dan mendorong sekuat tenaga.Kursi roda itu pun melaju dengan cepat menuju mobil Rian yang mau masuk rumah.Neneknya dirawat  di Rumah Sakit.Makin lama Irna menyukai ibunya yang selalu membelanya.Saat mereka hanya berdua di rumah , Ardi datang dan berusaha memperkosa mereka tetapi dengan keberanian Irna , ia menolong anaknya sampai ahkirnya ia terdorong jatuh dari lantai dua.Irna masuk ruma sakit dan tak ada yang tahu penyebab karena Irna mengalami lupa ingatan.Semua orang mengira Anyelir yang melakukan sampa mereka membenci Anyelir.Anyelir pun kabur dari rumah.Saat Irna kembali kesadaran,ia menceritakan semua cerita kejadiannya.Mereka semua pun mencari Anyelir yang sudah pingsan.Ternyata selama berhari – hari itu Anyelir tidak makan.Ia menderita banyak penyakit yang membutuhkan donor untuk operasi cangkok sumsum tulang dan membutuhkan ayah secara biologisnya untuk mendonorkan.Irna pun menemui sendiri pelaku yang membuat ia trauma hanya demi anaknya.Tapi ahkirnya Anyelir meniggal akibat infeksi.Dari situ mereka semua mendapat pelajaran.

Opini               : Menurut saya buku bagus karena menceritakan suatu hal yang memuat ajaran hidup.Dan novel ini agak sulit dimengerti oleh anak – anak karena ceritanya adalah gaya hidup orang dewasa dan banyak sekali kata – kata seks didalamnya.Sehingga novel ini hanya dapat dibaca oleh orang dewasa dan remaja.Ceritanya seru sehingga membuat pembaca menarik dan dapat membaca dengan cepat.Pemilihan judul yang baik juga mempengaruhi ketertarikan pembaca pada buku ini.Gambar mawar pada sampul buku ini juga menarik.Sehingga secara keseluruhan buku ini dapat digolongkan buku yang bagus dan wajib dibaca.

Hikmah           : Dari cerita ini saya dapat mengambil banyak pelajaran.Yang pertama adalah janganlah ada rasa balas dendam dalam hati dan bila ada masalah selesaikan dengan musyawarah.Lalu saya juga mendapat pelajaran bahwa perempuan bukan mahkluk yang lemah.Perempuan mempunya harga diri yang membuat charisma terlihat oleh karena itu perempuan harus sejajar bahkan lebih dari kaum laki – laki.

SANTI MARIA PERMATASARI

9C/28

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: