Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL 6

Posted by lembursingkur pada September 26, 2009

NOVEL 11

Judul Buku: Bukalah Pintu Hatimu

Pengarang: Maria A. Sardjono

Penerbit: Alam Budaya, Jakarta

Tahun Penerbit: 2007

Ringkasan/opini:

Diceritakan kisah seorang perempuan yang sedang mencari ayahnya. Perempuan tersebut bernama Ina. Dan ibunya bernama Nanik. Ina mengira ayahnya telah mati.

Saat Ina sudah tamat kuliah, ibunya menceritakan kepada Ina.  Nanik menceritakan bahwa ayah Ina (Herlambang) masih hidup. nanik dan Herlambang berpisah karena Herlambang memiliki perempuan lain. Tapi Herlambang itu tidak tahu kalau Nanik hamil.  Nanik pergi karena takut kandungannya diambil.

Setelah mengetahui semuanya, Ina mulai menangis dan merasa kesal kepada ibunya.Nanik   merasa telah bersalah terhadap Ina. Ibunya memberikan kesempatan kepada Ina untuk mencari ayahnya. Lalu Ina  mencari ayahnya. Ternyata ayahnya, Herlambang, adalah pemimpin di perusahaan kosmetik bernama PT. Surya Gemilang.

Untuk bisa mendekati ayahnya, Ina mengirim surat lamaran kerja sebanyak delapan belas kali ke perusahaan tersebut.

Hingga akhirnya Ina bekerja di perusahaan tersebut. Ina merasa deg degan saat pertama kali melihat Herlambang, ayahnya.  Setelah lama Ina bekerja di perusahaan tersebut,  ibunya bekerja di situ juga. Di perusahaan tersebut Ina menjadi terkenal karena berkat kerja kerasnya perusahaan  menjadi maju. Tetepi salah seorang pegawai bernama Adi merasa sebal dengan Ina karena merasa tersaingi.  Selain itu juga karena Ina selalu dekat dengan Herlambang. Adi mencurigai hubungan Ina dengan Herlambang. Sebenarnya Adi tidak tahu bahwa Herlambang adalah ayahnya Ina.

Pada suatu waktu Herlambang mengalami kecelakaan dan masuk rumah sakit. Saat di rumah sakit Ina menemaninya. Lalu Ina mulai menceritakan siapa dirinya yang sebenarnya. Herlambang merasa kaget bahwa Ina adalah anaknya. Namun ia juga bahagia. Akhirnya mereka kembali menjadi keluarga .

Suatu hari,  Adi menyuruh Ina ke ruangannya. Adi memarahi Ina. Sebetulnya  Adi menyukai Ina. Saat itu Adi mencumbui Ina, dan Ina juga menerima cumbuannya. Setelah keluar, muka ina menjadi memerah. Ina tetap merasa kesal dengan Adi. Ia menyuruh ayahnya untuk memarahi Adi. Namun ayahnya tidak yakin akan perasaan marah Ina terhadap Adi.

Namun akhirnya, pintu hati  Ina terbuka lebar untuk Adi.

Nilai yang saya peroleh:

Bahwa kita harus belajar lebih berani. Juga harus berani mengungkapkan pikiran kita. Kita harus melakukan hal yang benar dan positif.

Mario

9C/21

NOVEL 12

Judul : Di hatimu  Aku Berlabuh

Pengarang : MARGA T

Penerbit/thn terbit : PT Gramedia,Desember 1988

Ringkasan :
Koleta culak-culek di dekat pintu gerbang seakan ada yang dicarinya. pagi itu dia menggunakan blus dan rok abu-abu. itu adalah hari pertama Koleta masuk sekolah di SMA. Di hari pertamanya masuk sekolah,koleteta sangat senang dengan teman-teman baru dan baik-baik. Koleta memiliki teman yang bernama Mesina,Dante,Osama,Miao-Miao, dan masih banyak lagi. Koleta adalah perempuan yang baik,cantik,dan pintar. Miao-Miao adalah seorang teman yang suka meneraktir Koleta. Saat sedang meneraktir teman-teman nya,ternyata uang Miao-Miao tidak cukup untuk membayar semua makanan yang dimakan teman-teman nya. Akhir nya koleta yang membantu membayar semua nya. Saat di kelas 2 SMA, Koleta menyukai cowok yang bernama Dante. Koleta menyukai Dante tetapi Koleta malu untuk mengungkapkannya. Tetapi dikelas 3 SMA Dante pun menyukai Koleta. Akhirnya mereka pun berpacan. Teman-teman Koleta bahagia mendengar kabar bahwa Koleta bepacaran dengan Dante.

Amanat : Jika kita menginginkan seseuatu,kita harus mengejar nya dan tidak boleh putus asa. Jika kita yakin kita bisa mendapatkannya,kita psati bisa mendapatkannya. Jadi kita harus berusaha dahulu dengan apa yang kita inginkan dan tidak boleh putus asa untuk mendapatkannya.

Opini : Menurut saya novel ini menarik. Novel karena novel ini menceritakan seseorang yang bejuang untuk mendapatkan cinta sejatinya.

Brian Argawana/9C

2 Tanggapan to “RINGKASAN NOVEL 6”

  1. rizkiyah said

    itu ibu’a ina bukan nanik tapi Handayani Kirana , Nanik itu nama ibu tiri’a ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: