Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL 4

Posted by lembursingkur pada September 26, 2009

NOVEL 7

JUDUL             : Bintang Dini Hari

PENGARANG:Maria.A. Sarjdono

RINGKASAN  :Siska adalah seorang wanita rumah tangga biasa.Namun Kehidupan rumah tangganya tidak didasari oleh cinta.sang suami Totok adalah pria bisnis,sedangkan Siska sendiri seorang guru les di sebuah kursus bahasa asing.Mereka berdua mereka berdua menikah tidak didasari oleh cinta,melainkan dijodohkan orang tua mereka.Dulu Siska berpacaran dengan Victor seorang keturunan Tionghoa.Hubungan mereka tidak disetujui orang tua Siska karena Victor berbeda SARA dan bukan keturunana bangsawan.Sedangkan Totok berpacaran dengan Astari,hubungan mereka juga tidak disetujui orang tua karena Astari punya kehidupan yang bebas dan glamour.

Totok dan Siska dijodohkan karena hubungan dekat kedua orang tua mereka.Sebelum menikah mereka berdua bersepakat untuk tidak mencampuri urusan masing-masing,dan boleh menjalin hubungan dengan siapapun kerena mereka berdua menikah tanpa adanya cinta.Kehidupan mereka berdua berjalan biasa saja.Malam itu Totok belum pulang kerja,Siska menunggunya hingga larut malam karena hari itu hari ulang tahun perkawinan mereka.sedikit demi sedikit muncul rasa cinta dan peduli dalam diri Siska pada Totok karena kebersamaan mereka  selama ini.Namun saat itu pula Totok mulai menaruh perhatian pada Astari mantan pacarnya.Siska menunjukan tanda-tanda cemburu,karena Totok lebih mementingkan  kepentingan Astari daripada dirinya.Siska merasa sudah tidak dianggap istri lagi oleh Totok,karena itu ia mengambil pekerjaan di Bandung agar ia dapat menghibur diri sekaligus berusaha melupakan Totok.

Setelah lama bekerja di Bandung  ia bertemu dengan Victor,mantan pacarnya.Victor telah menjadi pengusaha yang sukses,setiap hari libur Siska pergi bersama Victor berkeliling kota Bandung dan sedikit demi sedikit muncul rasa cinta seperti dulu.Namun rasa rindu Siska terhadap Totok membuat rasa cintanya pada Victor tidak berkembang,tetapi Siska masik sakit hati ketika mengingat Totok yang bermesraan dengan Astari.setelah dua bulan berada di Bandung Siska kembali ke rumahnya.setelah lama berkeliling Siska menyadari bahwa beberapa barangnya hilang,dan ia menemukan lipstik Astari di tempat tidurnya.Marahlah Siska pada Totok karena pada saat ia pergi ada yang meniduri ranjangnya.

Setelah lama berprasangka buruk satu sama lain akhirnya Totok mengakui bahwa ia mengajak Astari ke rumahnya dan ia memberikan barang-barang milik Siska pada anak Astari,namun ia tidak berbuat seronoh.karena pengakuan itu akhirnya Siska mengakui bahwa semakin lama semakin mencintai Totok karena segala permasalahan di rumah tangganya selalu dihadapi berdua.setelah itu mereka terus memupuk cinta.Sampai suatu saat Siska hamil,kejadian ini sungguh menggembirakan hati Totok  karena selama lima tahun mereka menikah belum dikaruniai kehadiran seorang anak.Sejak peristiwa itulah kehidupan rumah tangga mereka mulai membaik dan lebih dipenuhi cinta.

Levin /9C/16

NOVEL 8

1.      Judul : Manusia Asap dari Pattaya

2.      Pengarang : Marga T.

3.      Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

4.      Tahun terbit : 1990

5.      Ringkasan :

Zenon Bairi ada salah satu agen yang ditugaskan oleh Bos nya untuk menyelidiki sebuah dan memecahkan kasus yang sedang heboh terjadi di seluruh dunia. Ia ditugaskan untuk mencari tau tentang kasus perampokan, pencurian, pembunuhan . Kasus – kasus  ini meninggalkan banyak misteri. Setiap terjadi sebuah kasus, salah satunya adalah kasus pada saat ada seorang wanita teroris yang melempar bom ke sebuah bangunan, jatuh korban tetapi teroris nya hilang tanpa bekas. Kasus – kasus seperti ini juga sedang heboh di seluruh dunia. Karena itu Zenon Bairi ditugaskan ke Thailand, Pattaya untuk memecahkan masalah ini, lebih tepatnya untuk mencari tahu biang keladi dari kasus teror ini.

Setelah Zenon samapi di Thailand, ia langsung menemui Madam Ladda. Zenon diberitahu bahwa Madam Ladda dapat membantunya dalam memecahkan kasus ini. Tetapi pada hari itu Ladda tidak dapat bertemu Zenon. Sebagai gantinya ia mengundangnya untuk makan siang keesokan harinya. Tetapi pada hari itu juga asisten Ladda menemui Zenon. Asisten itu bernama Zabrina, ia adalah seorang wanita yang sangat cantik. Zenon menganggap bahwa Zabrina adalah seorang bidadari. Zabrina mengajak Zenon keliling – keliling Pattaya. Setelah mengenal Zabrina cukup lama, Zenon mulai tertarik kepada Zabrina. Suatu hari, tiba – tiba Zabrina hilang seperti lenyap di telan bumi. Zenon merasa panik tetapi ia tidak bisa berbuat apa – apa.

Suatu hari saat Zenon sedang menghadiri pesta penyambutan tamu di hotelnya, ia dipaksa masuk oleh beberapa lelaki. Zenon di bawa ke suatu tempat. Disana ia bertemu dengan Debby dan Profesor Mulsi. Zenon mengetahui bahwa Profesor Mulsi ternyata adalah seorang yang suka membuat android atau robot – robot manusia. Di rumah Profesor Mulsi, Zenon menemukan Zabrina. Ternyata Zabrina disandera oleh Profesor Mulsi. Suatu malam, ketika Zenon menginap di rumah Profesor Mulsi, Zabrina mendatangi kamar Zenon dan menyuruh Zenon untuk pergi dari rumah tersebut, karena ia bisa ikut disandera juga. Akhirnya Zenon mengikuti saran Zabrina. Ia pergi melalui lorong bawah tanah, tetapi sayangnya Zenon tertangkap dan dikurung di sebuah kamar. Setiap hari ia di suruh untuk makan dan minum obat yang sebenarnya obat itu adalah obat bius..

Zenon menyadari bahwa yang dikurung di kamar tersebut bukan hanya dirinya. Terdapat seorang kakek-kakek yang bernasib sama dengan Zenon. Setelah bercakap – cakap. Zenon dan Kakek tersebut menyusun rencana. Mereka kabur melalui lorong – lorong. Sayang, rencana mereka diketahui oleh petugas di rumah tersebut. Zenon dan kakek dikurung dan di ikat oleh seorang wanita. Wanita itu adalah Madam Ladda. Tetapi, Zenon bisa melepaskan diri dan membebaskan kakek. Madam Ladda tewas karena tertembak. Tetapi, sebelum Madam Ladda tertembak, Zabrina datang untuk menyelamatkan Zenon. Sayangnya, Zabrina tertembak dan tewas. Zenon kaget karena ternyata Zabrina adalah manusia asap. Setelah mereka bebas, mereka berusaha mencari jalan keluar, mereka bertemu dengan Profesor Mulsi. Profesor Mulsi mengancam kakek tersebut. Kakek tersebut ternyata adalah saudara dari Profesor Mulsi. Karena Zenon kesal, ia menembak Profesor Mulsi. Madam Zita, merupakan istri dari Profesor Mulsi. Ia kesal dan berusaha membunuh kakek dan Zenon. Tetapi, pada akhirnya ia tewas dan ternyata semua orang yang tewas adalah manusia asap. Akhirnya, kasus manusia – manusia asap ini terpecahkan.

6.      Opini :

Menurut saya, novel Manusia Asap dari Pattaya ini cukup bagus dan menarik. Novel ini mudah di mengerti bahasanya, dan cerita ini cukup imajinatif dan tidak mudah ditebak jalan ceritanya. Novel ini menarik karena banyak kejadian – kejadian yang tidak kita dapat kita bayangkan. Tetapi, sampul depan novel ini menurut saya kurang menarik dan terlalu mencolok. Tetapi, dari keseluruhan novel ini menurut saya bagus dan menarik.

7.      Hal yang didapat :

Hal yang saya dapat setelah membaca novel ini adalah kita tidak boleh langsung percaya kepada orang lain atau orang yang baru kita kenal.

Nama : Felicia Amelia A.

Kls/No : 9 C / 9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: