Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN BUKU IPTEK V

Posted by lembursingkur pada September 13, 2009

Di bawah ini beberapa ringkasan buku tentang ilmu pengetahuan dan teknologi karya siswa-siswi SMP St. Ursula BSD.

Semoga menjadi khasanah ilmu pengetahuan.

Ch. Enung Martina

BUKU 21

PESAWAT ULANG ALIK

Diringkas oleh : Reinaldo Putra 8D/26

Ide awal pembuatan pesawat ulang alik sebenarnya adalah pembom roket yang seharusnya diluncurkan ke Antariksa, meluncur kembali memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan supersonik dan mengenai sasarannya di separuh belahan dunia. Desain pesawat ulang alik adalah pesawat yang dapat terbang ke Antariksa yang mesin dan tempat bahan bakarnya dapat dipaki ulang untuk penerbangan berikutnya. Hampir 50% desain pesawat ulang alik hanya terhenti di meja gambar saja karena sulitnya pembuatannya. Selain itu juga memerlukan biaya yang sangat besar. Swbagai contoh, misi penerbangan Apollo memerlukan biaya sebesar $400 juta.

Izin pembuatan prototipe pesawat ulang alik pertama dalam ukuran sebenarnya baru keluar pada awal tahun 1972. NASA mengunggulkan prototipe karya perusahaan penerbangan Rockwell Internasional. Pesawat yang yang awalnya diberi nama OV-101 ini diubah namanya menjadi Enterprise karena bentuk pesawat tersebut mirip dalam pesawat luar angkasa Enterprise dalam film ”Star Trek”. Namun, karena sebuah kegagalan, maka pesawat Enterprise hanya disimpan di museum sampai detik ini.

Mesin di pesawat ulang alik adalah roket pendorong berbahan bakar padat yang dilepaskan saat pesawat mulai masuk Antariksa, mesin utama yang dilepaskan saat pesawat sudah ada di Antariksa, dan yang terakhir mesin pengorbit yang tidak dilepas. Mesin utama pada pesawat ulang alik berbahan bakar hidrogen cair dan oksigen cair yang terbakar 500 kg per detik namun memberikan gaya dorong pada pesawat sangat luar biasa. Body pesawat pun dilapisi dengan bahan bernama karbon-karbon yang bisa menahan panas untuk suhu diatas 2.500*F atau setara dengan 1.370*C.

Persiapan yang dilakukan sebelum penerbangan adalah ketahanan pesawat tehadap angin, geraran, panas, dan gesekan. Selain itu, awak pesawat juga diberi latihan intensif setiap harinya. Bagaimanapun, keselamatan adalah segalanya. Para orang0orang dari Bumi yang akan terus berkomunikasi dengan awak pesawat juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam keberhasilan misi.

Dalam ruang kemudi, terdapat lebih dari 2.000 tombol dan 5 komputer. 4 komputer untuk memantau kerja pesawat dan berkomunikasi dan 1 komputer lagi untuk cadangan apabila ada komputer yang tidak beres. Bahkan, seorang pilot pesawat ulang alik yang ranknya sudah veteran pun, tidak akan sanggup untuk menguasai dan menghafal semua tombol di ruang kemudi. Di sinilah peran para orang Bumi dibutuhkan.

BUKU 22

PENYU HIJAU

Anak Penyu Hijau sering disebut juga dengan tukik. Penyu Hijau bertelur dan mengubur telurnya sekitar 70 cm.. Dalam waktu 50-60 hari, telur penyu akan menetas dan seekor tukik keluar dari telur tersebut. Mereka harus menunggu sampai semua tukik menetas dan bergerak bersama-sama. Pantai yang cocok untuk Penyu Hijau bertelur adalah pantai yang tidak terlalu landai, berpasir halus, arusnya kuat, dan mempunyai hamparan karang yang ditumbuhi rumput laut. Tukik yang baru menetas berwarna hitam, mempunyai tempurung sekitar 4,5 cm, berat badan sekitar 25 gram, dan tubuhnya masih lunak. Setiap matahari sudah tenggelam, tukik-tukik itu pun kembali ke laut.

Ancaman pada tukik, biasanya saat kepiting putih mau memangsa tukik. Kepiting putih kelur pada saat malam hari. Kepiting ini juga sangat suka pada telur Penyu Hijau. Walaupun tukik susah merangkak diatas pasir, namun di dalam air, tukik berenang dengan lincah dan mahir. Setelah dewasa, ia bisa tidur di atas batu di dasar laut atau di bawah batu karang pada malam hari. Ikan-ikan di terumbu karang banyak jenisnya yaitu ikan Kepe-kepe, ikan Goatfish, ikan Tosayakko jantan, dan ikan Variola louti. Ancaman kedua untuk tukik yaitu, saat tukik berenang di permukaan air ada Burung Gangsa Batu Coklat yang ingin memangsa tukik. Cara satu-satunya untuk menghindari burung tersebut, tukik harus menyelam.

Penyu Hijau dapat bertelur kira-kira 100 butir. Seekor Penyu Hijau mampu bertelur sampai 4 hingga 7 kali dalam waktu 15 hari. Sekali, bertelur, waktu yang dibutuhkan lebih dari 3 jam. Setelah bertelur, biasanya Penyu Hijau menimbun telurnya dengan pasir.Jenis-jenis penyu beragam, ada Penyu Hijau, ada Penyu Merah, dan Penyu Sisik. Dan tukik adalah hewan yang luar biasa. Tukik mempunyai perjalanan hidup yang menarik dan membuat orang-orang kagum terhadap binatang ini.

DituliDiringkas : Luisa Agata

VIII-D/19

BUKU 23

Judul buku: Buku Ilmu Pengetahuanku Cahaya

Penulis: Neil Ardley

Penerbit: P.T. MANDIRA Semarang

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas teknologi tentang cahaya. Cahaya sangat diperlukan bagi makhluk hidup.  Tanpa cahaya, dunia akan menjadi gelap. Dan kita tidak dapat melakukan aktifivitas kita dengan baik.

“Gerak” cahaya tidak dapat kita lihat, tetapi keceptan rambat sinar matahari sangat mengagumkan, hamper 300.000 km (18,300 mil) per detik. Tidak ada benda lain yang mampu merambat melebihi kecapatan cahaya. Selain itu, cahaya pada kamera juga mampu merambat ke objek atau orang yang akan difoto. Cahaya tersebut dibiaskan kembali oleh benda, merambat, masuk ke lensa kamera, dan membentuk ganbar pada film.

Keajaiban cahaya yang lainnya adalah ikan yang berpujat di dalam kegelapan. Beberapa ikan yang hidup di laut yang dalam bercahaya. Karena laut tyersebut gelap, ikan-ikan berpijar agar dapat melihat yang lainnya. Di ilmu astronomi, para astronom menggunakan teleskop untuk mempelajari bintang-bintang yang jauh letaknya. Cahaya bintang-bintang itu membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai bumi.

Semua benda-benda yang ada di Bumi memiliki bayangan. Bayangan dapat terbentuk karena sinar-sinar dari cahaya hanya dapat merambat lurus. Karena sinar-sinar tidak membelok disekitar objek, maka bayangannya mempunyai bentuk yang sama dengan objek tersebut.

Salah satu sifat-sifat cahaya adalah dapat dibiaskan. Bahan-bahan transparan akan membelokkan cahaya. Saat kamu memasukkan sedotan ke dalam gelas berisi air, sedotan tersebut akan terlihat bengkok. Hal itu terjadi karena gelas dan air (transparan) membiaskan cahaya yang menebus gelas dan air, dan membuat sedotan tampak bengkok.

Demikianlah pembahasan saya tentang cahaya.

(Felicia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: