Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

PUISI PEREMPUAN

Posted by lembursingkur pada Agustus 2, 2009

PEREMPUAN MENGGUGAT


Aku perempuan harus menggugat

atas semua yang terjadi pada negriku:

korupsi, berbagai teror,  dan kerusuhan,

beratnya beban hidup,

kesejahteraan yang tak kunjung dirasa,

pelayanan kesehatan yang buruk,

serta pendidikan yang kian mahal.

Siapa yang akan kugugat

untuk semua eksploitasi:

alam, perempuan, dan anak

yang ada di depan mataku?

Aku harus menggugat siapa

untuk terkaparnya generasi muda akibat narkoba?

Mengapa aku harus menggugat?

ini semata karena jiwaku

yang terobek dan compang-camping

menjadi saksi ketakadilan

Apa yang akan kugugat?

yang kugugat adalah hak kami perempuan

yang kehilangan anak-anak karena kelaparan dan narkoba

kehilangan lelaki dari hidup kami

sebab berbagai alasan: dari mencari rejeki

sampai jihad mencari surga

Aku menggugat dengan sangat

untuk surga yang katanya tercipta dari nestapa,

rintihan, regangan nyawa, dan penderitaan

Aku perempuan menggugat

adakah surga itu membias dari ledakan bom rakitan?

adakah surga itu terpantul dari atas ceceran daging tubuh yang hangus

dan kucuran darah dari luka yang menganga?

atau dari tubuh yang tercincang karena ledakan?

Adakah surga yang tertulis dalam tiap buku suci

tervisualisasi melalui jeritan pilu dan regangan nyawa?

Kalau begitu aku akan menggugat surga

untuk definisi yang tak pasti dan makna yang tak jelas

serta kriteria siapa yang akan masuk di dalamnya

atau jangan-jangan salah kita untuk menafsirnya?

Aku perempuan, benar-benar menggugat

dengan segenap jiwa dan ragaku

dan seluruh darah perempuanku

menggelegak bergolak

Wahai semesta,  di sini ada perempuan yang menggugat!

(Puisi ini ditulis ch. enung martina karena keprihatinan akan banyak hal yang  menimpa negri kita tercinta)

Tinggalkan Balasan

 
