Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

PEREMPUAN ITU BERNAMA ASTRID LINDGREN

Posted by lembursingkur pada Juli 7, 2009


Kita akan belajar dari seorang perempuan bernama Astrid Lindgren. Pelajaran kita kali ini adalah tentang masa kanak-kanak yang indah, tentang kasih sayang dan persahabatan, tentang makna keluarga, tentang keakraban dengan alam dan lingkungan, dan  tentang perbuatan yang dianggap gila. Betapa kita sering berada di seputar itu semua, namun terkadang kita menjauh karena banyak alasan untuk melakukannya.

Siapakah Astrid Lindgren itu? Astrid dilahirkan tahun 1907 dengan nama Astrid Anna Emilia Erricson. Ia dibesaran di tanah pertanian bernama Nas, sebuah desa di luar kota kecil Vimmerby, Swedia sebelah selatan. Beberapa buku karyanya berdasarkan pada kehidupan keluarganya dan pengalaman masa kecilnya.

Astrid Lindgren adalah puteri dari Samuel Augustus Erricson dan Hanna Jhonson. Ia mempunyai dua orang saudari dan seorang saudara laki-laki yang bernama Gunnar Erricson. Gunnar Erricson pernah menjadi salah satu anggota parlemen Swedia.

Sesudah menyelesaikan sekolahnya Astrid bekerja di salah satu kantor surat kabar lokal di Vimmerby. Tahun 1926 ia hamil dari hasil hubungannya dengan kepala editornya. Kepala editornya menawarkan diri untuk menikahi Astrid, tetapi Astrid keberatan. Akhirnya  Astrid pindah ke Stockholm untuk belajar menjadi juru tik dan stenographer. Ia menitipkan anak lelakinya, Lars, dalam pengasuhan keluarga angkat.

Meskipun ia mendapatkan bayaran yang rendah, ia berusaha sedapat mungkin untuk menabung dan bepergian ke Kophenhagen sesering mungkin untuk berada bersama Lars. Ia banyak menghabiskan waktunya di kereta api dalam perjalanan pergi- pulang.

Akhirnya ia merencanakan untuk membawa Lars ke rumahnya, menitipkannya kepada kedua oang tuanya sampai ia mamapu mebawanya ke Stockholm. Tahun 1931, ia menikah dengan atasannya Sture Lindgren. Tiga tahun kemudian ia hamil dan melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Karin.

Akhirnya tahun 1941, Astrid dan keluarganya pindah ke sebuah apartemen di Dalagatan, dengan pemandangan ke seluruh Vasaparken. Ia wafat di Dalagatan pada tahun 2002 dalam usia 94 tahun.

Banyak penghargaan yang ia peroleh, antara lain sebagai juara ke-2 dalam kompetisi yang diselenggarakan  oleh penerbit Raben & Sjogren untuk novelnya yang berjudul Britt-Marie Unberdus Her Heart pada tahun 1944. Setahun kemudian, ia mendaatkan juara pertama dalam kompetisi yang sama untuk buku anak yang dikarangnya yang berjudul Pippi Longstocking. Sejak itu buku-bukunya disukai anak-anak di seluruh dunia. Setelah itu ia selalu menerbitkan bukunya setiap tahun, kadang-kadang lebih.

Sejak tahun 1946 sampai tahun 1970 ia bekerja sebagai editor kepala di penerbit Raben & Sjogren. Buku-bukunya diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa di dunia. Ia selalu membela hak anak-anak. Karya-karyanya jelas ditulis dan ditujukan untuk anak-anak, tampak dari pilian bahasa, dan juga alurnya, serta juga sudut pandangnya. Pesan dalam ceritanya sangat universal dan bisa dipahami semua anak di dunia.

(dikumpulkan dari berbagai sumber oleh Ch. Enung Martina)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: