Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

ARTIKEL KEKUATAN MIMPI (Ch. Enung Martina)

Posted by lembursingkur pada Juni 12, 2009

KEKUATAN MIMPI

Pendahuluan

Dalam obrolan kita kali ini, kita akan berbicara tentang mimpi-mimpi kita yang muncul dalam setiap tidur kita. Jangan khawatir saya tidak akan memaksa saudara-saudari untuk mempercayai tulisan di bawah ini. Ini adalah tulisan yang saya ungkapkan berdasarkan persepsi saya terhadap apa yang saya baca tentang mimpi dari beberapa sumber. Ditambah sedikit tentang pengalaman ketika saya bermimpi.   Karena itu saya mengucapkan:

SELAMAT DATANG  DI DUNIA MIMPI, WAHAI PARA PENJELAJAH MIMPI!!

Sepanjang sejarah, mimpi mimpi diyakini merupakan komunikasi langsung dari dunia lain: para dewa, bahkan Tuhan, mengenai visi masa depan. Mimpi dihormati sebagai wawasan psikologis penting pada diri seseorang.

Meskipun kita bersikeras bahwa kita tidak bermimpi pada tidur malam kita, tetapi kenyataannya kita bermimpi. Namun, tidak mengingatnya.

Manfaat mimpi:

  1. Manajemen stress (baik mimpi itu diingat atau pun tidak)
  2. dengan mengingat mimpi,  kita dibantu untuk mengenal diri kita dengan lebih baik
  3. Dengan menafsirkan mimpi, kita dapat membantu kesehatan jiwa (secara mental, emosional, dan spiritual)
  4. dapat memberikan saran dan peringatan mengenai kesehatan fisik kita karena alam bawah sadar lebih mengetahui  kondisi setiap sel tubuh kita
  5. terkadang mendapat solusi kreatif melalui mimpi untuk masalah yang kita hadapi
  6. mengetahui kecemasan dan ketakutan yang kita rasakan
  7. 12 % mimpi kita adalah ramalan yang mungkin bisa menjadi kesempatan

Pendapat para ahli tentang mimpi:

Carls Gustaf Jung:

Tema mimpi yang umum terjadi pada budaya apa pun dan sudah berlangsung lama

Sigmund Freud dalam bukunya The Interpretation of Dreams:

Ia meyakini penyebab penyakit syaraf lebih bersifat psikologis daripada fisiologis. Pendapatnya bahwa sebagian besar mimpi kita mencerminkan dorongan sexual yang tertekan. Hal ini sampai kini masih menjadi sebuah perdebatan. Mimpi dianggap sebagai ‘jalan raya’ menuju alam bawah sadar.

Pada masa kini orang melihat bahwa mimpi terlihat sepele. Mimpi hanya memproses peristiwa yang terjadi siang hari dan kemudian mengeluarkannya saat tidur. Namun, ada orang  berpendapat sebagian besar mimpi pantas kita tafsirkan.

Cyntia Ricmond dalam penelitiannya menemukan dua tataran penafsiran mimpi, yaitu:

  1. tataran personal : mencari makna individual bagi si pemimpi
  2. tataran universal : mimpi mengungkapkan makna yang lebih universal dan spiritual

Menurut para peneliti, dengan memperhatikan mimpi yang muncul ketika kita tidur, dapat ;

  1. membantu kita menyadari tujuan hidup kita
  2. menjadi alat bantu agar kita belajar mengenali berbagai hal yang menghambat kebahagiaan dan kesejahteraan
  3. belajar mendapatkan jawaban dari berbagai pertanyaan sulit yang selama ini kita ajukan pada diri sendiri
  4. mendapatkan solusi atas masalah
  5. mendesain atau melakukan hal-hal kreatif  (alur cerita, corak, motif, tema, warna, visual. dll) yang bisa ditulis, dilukis, atau diungkapkan.
  6. mengenali kecemasan depresi, atau kemarahan yang tidak kita sadari
  7. mengetahui posisi kita, baik secara fisik, maupun secara spiritual, profesional, dan hubungan personal
  8. menggunakan mimpi untuk untuk menjelajahi apa yang kita inginkan dalam hidup dan bagaimana caranya agar kita bisa mencapainya.

KEKUATAN MIMPI

Part 1: Mengapa Kita Bermimpi?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah : agar kita dapat menerima arahan, inspirasi, dan dorongan karena memperhatikan mimpi itu ada gunnya.

Beberapa orang beranggapan bahwa mimpi dapat menciptakan jembatan antara dunia spiritual dengan dunia fisik. Mimpi sering membawa dan memberikan wawasan dan pesan yang menenangkan.

Sebagain besar agama dan filosofi mengakui keberadaan roh. Menyatakan bahwa roh sudah terlebih dahulu ada sebelum tubuh dan roh masih terus ada bahkan ketika tubuh kita tidak bernafas.

Jiwa dianggap sebagai sekumpulan energi yang bergetar, kulminasi pengalaman dan ingatan yang sama nyatanya dengan tubuh, walau kita tidak dapat melihatnya. Jiwa itu ada dan memiliki kebutuhan seperti halnya tubuh. Tubuh adalah sarana atau kendaraan yang membantu jiwa mengalami berbagai hal, seperti perkembangan, evolusi, kedewasaan, kemampuan menolong, dll. Tidak satu hal pun yang mempengaruhi tubuh tanpa mempengaruhi jiwa, dan mimpi menjadi jembatannya.  Mimpi menghubungkan kita dengan berbagai bagian dari diri kita yang tidak terlihat dan tak kalah penting dengan yang terlihat. Kita bermimpi untuk melihat siapa diri sejati kita.

KEKUATAN MIMPI

Part 2: Mengingat Mimpi

Sebagian orang mengingat mimpinya di malam hari, tetapi ada juga yang tidak.

Sementara yang lain yang tidurnya gelisah di malam hari, akan ingat mimpinya ketika terjaga di malam hari.

Sebetulnya semua orang dapat belajar untuk mengingat mimpinya. Untuk bisa mengingatnya, kita harus sampai dulu di dunia mimpi. Untuk sampai di dunia mimpi, tak ada persiapan spesial karena mimpi datang secra otomatis. Namun, membuat rencana terlebih dahulu untuk sampai ke sana, akan menjadikan pengalaman bermimpi lebih produktif.

Langkah-langkah persiapan berlayar ke dunia mimpi dan mengingatnya:

  1. pastikan tempat tidur kita nyaman
  2. pastikan baju tidur kita juga nyaman
  3. atur pencahayaan di kamar tidur dalam keadaan temaram
  4. siapkan alat tulis buku (jurnal mimpi) dan bolpoin di dekat tempat tidur yang mudah dijangkau
  5. bangunlah perlahan-lahan untuk membantu otak kita mengingat mimpi kita. Bagi yang sulit bangun: stel alarm dan instruksikan diri kita untuk mengingat mimpi saat alarm berbunyi
  6. tidak boleh minum alkohol/obat penenang sebelum tidur
  7. sebelum masuk ke alam tidur, tuliskan di jurnal pokok-pokok kejadian yang dialami hari itu (pertentangan, kemarahan, kecemasan, kebahagiaan, dll) untuk membantu mengartikan mimpi kita. Jangan lupa menuliskan tanggal, bulan, tahun.
  8. Duduklah dalam hening beberapa saat. Bagi yang suka melakukan ritual doa sebelum tidur, berdoalah. Sesudahnya, katakana pada diri kita dengan kata-kata: Aku akan mengingat mimpiku. Mimpi sesuatu yang penting bagiku. Saat aku terjaga aku terjaga aku akan mengingat mimpiku. DIUCAPKAN minimal 3 X.

Ada mimpi yang tak mudah diingat, hal ini disebabkan:

  1. bunyi-bunyian yang mengganggu tidur sehingga kita terpaksa bangun
  2. saat-saat stress
  3. sangat letih
  4. kita malu/tak mau mengingat  mimpi kita sendiri. Hal ini mungkin karena kejadian dalam mimpi berbagai hal yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan nyata. Misalnya: kekerasan (pembunuhan, perkosaan dll) hubungan sex (bukan dengan pasangan- suami-istri, bahkan hubungan sex dengan orang yang sedarah dengan kita), atau juga mimpi yang menakutkan (setan, neraka, dll).
  5. melupakan mimpi karena menganggap tidak penting.

KEKUATAN MIMPI

Part 3: Menuliskan Mimpi

Ketika kita terbangun entah pagi atau malam hari, kita terkadang mengingat mimpi kita, tetapi terkadang juga lupa. Untuk membantu mengingatnya dan menuliskannya dalam jurnal mimpi kita ada langkah yang bisa kita lakukan, yaitu:

1.  berbaringlah untuk beberapa saat dan biarkan mimpi kembali hadir dan   diingat denganbaik

2.  ketika sudah ingat langsung ambil jurnal dan tuliskan. Jangan sekali-kali menunda (alasan mandi, mneyiapkan sarapan, pipis, senam…) untuk menuliskannya karena pasti akan lupa dan seluruh detil dan rangkaiannya hilang.

3.  Ketika mencatat di jurnal, catatlah dengan rinci dan lengkap (warna, tekstur, perkataan, nomor, arahan, tindakan,  cirri-ciri orang, tempat waktu, dll) sampai sedetail-detailnya karena akan mempengaruhi pada penjelasan makna mimpi.

4.  Jika belum juga mengingat mimpi dengan baik, bergoleklah dahulu di tempat tidur, ambil kira-kira posisi tidur saat kita bermimpi sambil terus mencoba untuk mengingat.

5.  kalau tidak ingat secara utuh, tuliskan saja potongan mimpi yang kita ingat

6.  Jika benar-benar tidak ingat dan merasa tidak bermimpi: renungkan apa yang kita rasakan (lelah, lemas, segar, bahagia, semangat, sedih, dll)  saat terbangun. Lalu tuliskan

7. jangan lupa memberi judul pada jurnal mimpi kita sesuai dengan tema mimpi kita

8.  Latih terus cara ini dan isilah jurnal mimpi kita

KEKUATAN MIMPI

Part 4: Menafsirkan Mimpi

Para ahli memasukkan mimpi dalam beberapa kategori. Beberapa pengkategorian didasarkan pada tema dan isi mimpi. Ada juga yang mengkategorikan berdasarkan kapan waktu mimpi berlangsung. Di bawah ini beberapa kategori mimpi:

  1. mimpi yang dapat membantu memanajemen stress
  2. mimpi yang terus muncul
  3. mimpi buruk
  4. mimpi yang menyembuhkan
  5. mimpi ramalan
  6. mimpi sebagai pemandu spiritual

Mimpi seseorang hanya bisa diartikan oleh orang yang memimpikannya. Orang lain hanya bersifat membantu atau menuntun.

Di bawah ini langkah-langkah menafsirkan mimpi:

  1. bacalah jurnal mimpi dengan baik
  2. tuliskan perasaan kita tentang mimpi itu: cemas, prihati, gembira, semangat, takut, bahagia, dll
  3. lingkari/tandai kata-kata yang kita yakini memiliki makna simbolik. Simbol dipengaruhi oleh budaya, keyakinan, pengalaman, pengetahuan.
  4. kalau tidak tahu arti kata-kata, bisa bisa mencari bantuan dengan melihat kamus untuk mencari makna leksikal dari  kata-kata yang kita maksud.
  5. mulailah perlahan-lahan menafsirkan mimpi kita dengan menghubungkan tema mimpi, perasaan kita, hal yang dialami sebelum mimpi (kejadian nyata), arti kata-kata simbolik, dan alur mimpi kita
  6. tuliskan rangkaian tafsiran mimpi kita dengan kalimat kita

Mimpi  adalah hubungan pribadi kita dengan alam bawah sadar dan jiwa kita. Terkadang mimpi kita akan lengkap menjadi jalinan cerita utuh dalam beberapa episode mimpi yang terjadi dalam beberapa malam. Bahkan, mimpi yang tidak saling berhubungan pun akan menjadi cara untuk alam bawah sadar kita dalam memberikan informasi penting.

KEKUATAN MIMPI

Part 5: Lambang Mimpi – Tipe Utama

Tipe utama yang muncul dalam  mimpi seseorang  adalah simbol yang muncul juga  pada orang lain dari berbagai  latar belakang budaya. Makna yang dimunculkan oleh tipe utama ini biasanya bersifat universal. Tipe utama ini merupakan penghubung bagi semua orang dari beragam latar budaya.

Berikut ini beberapa tipe utama dan maknanya universal:

  • orang bijak (pria-wanita)

muncul dalam wujud penyihir, guru, ayah, pemimpin religius, dukun. Paranormal,dll

Simbol ini mewakili: kebijakan, pengetahuan, kekuatan, keyakinan

  • penipu

muncul dalam wujud badut. Menampilkan simbol  permainan Ilahi untuk mencela sifat kita yang jahat, egois, sombong. Lambang ini membawa kita untuk bersentuhan dengan sisi gelap diri kita

  • pahlawan

muncul dalam mimpi untuk menyelamatkan situasi. Mewakili sifat tertinggi kita  yang muncul ketika situasi sedang gawat. Tipe ini mau berbicara pada kita bahwa kita dapat menangani situasi sesulit  apa pun dalam hidup kita.

  • bayangan

muncul dalam mimpi dengan wujud penjahat, orang iri, pencuri. Mewakili sifat dan karakteristik yang ingin kita sembunyikan atau bagian yang ingin kita tolak atau tidak kita akui.

  • ibu

tampi dalam sosok ibu kita atau perempuan bersifat keibuan. Memberi gambaran tentang karakteristik merawat, kesuburan, cinta yang bersifat keibuan, juga mewakili sifat kepemilikan, dominasi, godaan.  Selain itu juga berkaitan dengan kelahiran, penciptaan, control, dan juga bagaimana hubungan kita dengan ibu kandung kita.

  • anak ajaib

tampil dalam wujud bayi atau anak kecil. Mewakili keluguan, kemurnian, dan awal hidup suci. Hal ini mengingatkan pada apa yang kita niatkan dalam hidup sejak awal, dan seberapa dekat kita dari tujuan murni itu. Selain itu juga bisa mewakili lahirnya usaha kreatif

  • anima-animus

menggambarkan gagasan yang kita milki, kualitas diri kita, jati diri kita. Mewakili sifat feminine pada diri pria dan maskulin pada perempuan. Muncul dalam mimpi para pria (sebagai anima) dalam wujud seorang perempuan – gadis cantik. Bagi pemimpi perempuan (sebagai animus) muncul dalam wujud pangeran, pemuda tampan, lelaki macho.

(Bersambung pada bagian berikutnya di hari lain…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: