Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

CONTOH PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI

Posted by lembursingkur pada Juni 9, 2009


DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Tahun Ajaran 2007-2008

Oleh Christina Enung Martina

Kelas VII

No. Standar Kompetensi Kegiatan Nilai Keterangan

1.

Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara

  1. Siswa menentukan topik dan

tokoh yang akan

diwawancarai  dalam

kelompok

2.  Siswa menyusun pertanyaan

wawancara dalam kelompok

3  . Siswa membagi tugas untuk

berwawancara dalam

kelompok

4. Siswa melakukan wawancara

5. Siswa menyusun narasi

berdasarkan hasil

wawancara  dan me-

ne       mukan keteladanan dari

narasumber.

6.  Siswa membacakan hasil

wawancara di depan kelas

7.  Siswa dari kelompok lain

menanggapi hasil wawancara

yang dibacakan di depan

  1. Siswa dan guru membuat k

kesimpulan dari hasil

wawancara

  1. Siswa mencari nilai/ pesan

moral dari berwawancara

10.   Siswa memberikan pendapatnya

Kerjasama

Daya juang

2.

Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan  identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai

1. Siswa diajak melihat contoh

teks tentang salah satu

riwayat hidup tokoh

2. Siswa dan guru bertanya

jawab tentang isi wacana

  1. Siswa berkelompok lima-lima
  2. Siswa menjawab pertanyaan tentang tokoh dalam wacana dalam kelompok
  3. Siswa menyusun kesimpulan tentang tokoh dalam bacaan
  4. Siswa membaca buku riwayat hidup di perpustakaan
  5. Siswa membuat ikhtisar dari

biografi tokoh yang dipilihnya

  1. Siswa membuat kesimpulan

dari riwayat tokoh yang dipilihnya

  1. Siswa mencari keteladanan

dari tokoh yang dipilihnya

10.  Siswa membuat kesimpulan dalam bentuk refleksi pribadi

Daya juang

Tanggung jawab

3.

Mengungkapkan  pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui  kegiatan membuat puisi

1.   Siswa diajak melihat contoh

teks tentang salah satu puisi

  1. Siswa dan guru bertanya

jawab tentang isi puisi

  1. Siswa berkelompok lima-lima
  2. Siswa mencari kata-kata yang indah/bagus seputar tema lingkungan alam
  3. Siswa menyusun puisi bertema lingkungan berdasarkan kata-kata yang     dicarinya tadi
  4. Siswa membaca menyempunkana puisinya
  5. Siswa membacakan puisi yang dibuatnya

Cinta lingkungan

4.

Mengungkapkan  pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan bersastra (merefleksikan pembacaan puisi)

  1. Siswa diajak mencari puisi

Kepahlawanan dari

Perpustakaan

2. Siswa mempelajari puisi yang

ditemukannya dengan

memahami isinya

  1. Siswa mendeklamasikan puisi kepahlawanan dengan baik
  2. Siswa mendeklamasikan puisi kepahlawanan dengan baik

5.  Siswa mendeklamasikan puisi kepahlawanan dengan baik

  1. Siswa membuat kesimpulan tentang nilai dari puisi yang dideklamasikan

Kepahlawanan

Daya juang

Cinta tanah air

5.

Membaca ekstensif dan menyimpulkan isu/masalah utama dari wacana bertema kemasyarakatan

  1. 1. Siswa diajak membaca dua
  2. berita  aktual dari media
  3. massa  yang berbeda dengan
  4. topik  yang sama.
  5. 2. Siswa membuat ringkasan
  6. kedua berita tersebut
  7. 3. Siswa menemukan isu dari
  8. kedua berita tersebut.

4. Siswa membuat menemukan

unsur-unsur pokok dari kedua

berita tersebut.

5. Siswa menyimpulkan

persamaan isu dari kedua

berita tersebut.

6.Siswa membuat refleksi

pribadi dari isi kedua berita

Peduli sosial

Kelas VIII

No. Standar Kompetensi Kegiatan Nilai Keterangan

1.

Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai  kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara

1. Siswa diminta berpasang-

pasangan dan membuat

kesepakatan. Salah satu

siswa sebagai seorang

narasumber (siswa teladan,

ketua OSIS, juara lomba

lukis, atau siswa beropini

tentang topik tertentu/ sesuai

keadaan masing-masing).

2.Setiap siswa menyiapkan

pertanyan-pertanyaan untuk

pasangannya masing-masing.

  1. 3.Siswa dibimbing guru
  2. menentukan hala-hal yang
  3. perlu dilakukan dan yang
  4. tidak boleh dilakukan saat
  5. berwawancara.
  6. 4. Setiap pasangan  siswa
  7. melakukan kegiatan simulasi
  8. wawancara ke depan kelas

5.Siswa diajak menemukan nilai-nilai hidup dari kegiatan berwawancara

Kerjasama

Daya juang

Tanggung jawab

2.

3.

Mendeskripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang se­benarnya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah.

Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran

1. Siswa diajak bertanya jawab tentang pentingnya denah secara berkelompok (2-3 orang).

2.  jawab tentang pentingnya denah secara berkelompok

(2-3 orang).

3. Siswa membaca denah yang diberikan guru

4. Siswa membuat keimpulan tentang gunanya membaca denah dengan benar

1. Siswa berkumpul sesuai kelompok pementasan drama untuk membaca. kerangka teks  drama yang telah ditulis.

2. Bersama kelompoknya siswa menentukan karakter tokoh

3. Siswa memilih tokoh yang akan diperankan

4. Siswa memilih tokoh yang akan diperankan

5. Siswa berlatih olah vokal.

6. Siswa menyiapkan perangkat

pendukung tokoh yang akan

diperankan

  1. Siswa memerankan tokoh dengan improvisasi

Siswa 8. diajak menemukan hikmah

yang diperoleh dari kegiatan

mementaskan naskah drama

Ketelitian

Kerjasama

Keamnusiaan

4.

Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia

1. Siswa mendiskusikan cara

menentukan kerangka cerita

dalam novel.

2. Siswa menentukan kerangka

novel remaja yang

dipinjamnya masing-masing

dari perpustakaan

3. Siswa menulis sinopsis novelnya masing-masing.

4. Siswa diajak menemukan nilai-nilai hidup yang diperoleh dari novel yang dibacanya

Kepedulian

Pengargaan

5.

Menemu­kan masalah utama dari berbagai beri­ta yang ber­topik sama melalui mem­baca eks­ten­sif bertema sosial

1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang pengertian berita dan manfaat berita

dalam kehidupan

2. Membaca beberapa berita untuk bertanya jawab mengenai perma­salahan yang

dalam  tiap-tiap berita

3. Bertanya jawab mengenai

masa­lah utama pada setiap

berita

4. menyimpul­kan kesamaan

masalah dalam beberapa

berita

5. Siswa dan guru melakukan refleksi tentang permasalahan sosial

Kepedulian sosial

Kelas IX

No. Standar Kompetensi Kegiatan Nilai Keterangan

1.

Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar (bertea ke-Tuhan-an

  1. Mendengarkan pidato/ceramah/khotbah
    1. Mendiskusikan hal-hal

pokok dalam

idato/ceramah/khotbah

  1. Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah dalam beberapa kalimat
  2. Menuliskan nilai-nilai yang bisa diperoleh dari pidato/ceramah

Ke-Tuhan-an

2.

Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif (bertema kemanusiaan)

  1. Membaca artikel dan buku untuk menemukan berbagai gagasan yang terdapat di dalamnya.

2.Membaca artikel

dan/atau buku dengan

cara mengutip

pernyataan-pernyataan

yang terdapat di

dalamnya dan

memanfaatkannya dalam

penulisan karya ilmiah

3.Menemukan nilai-nilai

dari artikel

Kemanusiaan

3.

Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca (bertema penghargaan)

1.  Membaca cerita pendek

2. Bertanya jawab untuk

menentukan ide-ide

pokok cerpen sesuai

dengan alur cerpen

3.Mengembangkan ide-ide

pokok dengan kalimat

sendiri  menjadi cerpen

kembali

4.Menyunting cerpen yang sudah ditulis.

5. Menemukan nilai-nilai moal dari cerpen

Penghargaan

4.

Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun dalam kelompok

1.Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi

2.  Berdiskusi untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan

3.  Menentukan suasana puisi lewat diskusi

4.  Menghubungkan suasana puisi  dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan

5.  Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan  berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun

6.  Membuat refleksi pribadi tentang kegiatan musikalisasi puisi

Kerjasama

4.

Berpidato dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas (tema tanaha air)

1.Mengamati dan mencermati pidato di televisi

2.Berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato dengan topik lingkungan

3.Mengembangkan kerangka pidato

4.Berlatihpidato

5.Melaksanakan kegiatan pidato di depan kelas

Cinta tanah air

5.

Menulis  surat pembaca tentang lingkungan sekolah

1. Membaca dan mencermati surat pembaca yang diambil dari media cetak

2.Berdiskusi untuk menentukan hal-hal pokok yang harus ada dalam surat pembaca

3. Mengamati lingkungan sekolah untuk menentukan permasalahan/usul/ saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca

4.Menulis surat pembaca

5.Menyunting surat pembaca

Kepedulian

Cinta lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: