Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

OPINI TENTANG KEGIATAN MEMBACA DI KALANGAN REMAJA

Posted by lembursingkur pada Mei 31, 2009


Salah satu dari empat ketrampilan berbahasa adalah  membaca.  Membaca terdengarnya adalah kata yang biasa dan akrab kita dengar dan kita lakukan sehari-hari. Namun, bila kita perhatikan kegiatan ini merupakan kegiatan yang belum membudaya pada bangsa kita. Dahulu sebelum marak dengan kecanggihan berkomunikasi dengan teknologi canggih seperti sekarang ini, membaca belum membudaya karena bangsa kita lebih mencintai bahasa lisan (mengobrol) daripada membaca. Sekarang ketika dunia komunikasi makin canggih dengan keajaibannya yang mencengangkan itu, kegiatan membaca menjadi terkalahkan karena adanya berbagai bentuk media komunikasi yang lebih menarik, salah satunya facebook.

Kegiatan membaca  di kalangan remaja pada umumnya hanya menjadi sebuah kewajiban karena tuntutan dari sekolah. Namun, tak bisa kita pungkiri bahwa ada juga remaja yang sangat cinta dengan membaca sehingga beberapa remaja mampu membaca puluhan bahkan ratusan eksemplar buku.

Ketrampilan membaca kalau terus digeluti sangat baik untuk membawa para remaja pada cakrawala pengetahan yang luas dan juga akan membawa mereka pada ketrampilan bahasa lain yaitu menulis. Dengan banyak membaca remaja mendapatkan kosa kata dan juga wawasan yang luas. Akhirnya remaja akan melangkah  dengan mencoba membuat tulisan, bisa dimulai dari yang sederhana tentang ungkapan perasaan atau opini pribadi tentang suatu hal. Kalau terus-menerus dia melatih ketrampilan menulisnya, niscaya tulisannya akan semakin baik.

Di bawah ini akan disajikan beberapa  opini para siswa kelas VIID SMP Santa Ursula BSD tahun ajaran 2008-2009 tentanng kegiatan membaca di kalangan remaja.  Dari opini mereka kita menjadi tahu bagaimana pandangan mereka tentang kegiatan membaca dan manfaat yang mereka rasakan. Selamat membaca.

(Christina Enung Martina)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: