Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

BERITA KOPERASI PANTAI SANUR

Posted by lembursingkur pada Mei 23, 2009

Saudara-Saudariku yang terkasih, para anggota Koperasi PANTAI  SANUR, saya mendapatkan informasi tentang perkoprasian dari salah seorang yang berkecimpung dalam bidang perkoprasian. Bapak Antonius Sumarwan, itulah orang yang saya maksudkan. Beliau yang artikelnya kita baca pada majalah BASIS beberapa waktu yang lalu. Kita akan belajar dari berbagai sumber untuk kemajuan perkoprasian kita. Kita tahu bahwa koperasi kita bisa maju apabila kita juga mau belajar. Selamat belajar! Di bawah ini saya copy juga e-mail dari Bapak Marwan. Dan teman-teman semua bisa belajar dari alamat yang dicantumkan dalam e-mail di bawah ini. Ayo kita kunjungi beramai-ramai!

Salam

Ibu Nung

Saudari Christina Enung,

proficiat dan salut atas kegigihan untuk membentuk koperasi di tengah tiada dukungannya dari Yayasan. Jangan salah, CU-CU besar di Kalimantan dimulai dan dimotori oleh para guru. Jangan risau bahwa Anda orang yang awam dalam koperasi. Saya sebelumnya juga tidak tahu apa-apa tentang koperasi dan Credit Union. Baru setahun ini saya belajar dan ikut dalam gerakan ini.

Dari sisi anggota dan aset, apa yang sudah Anda rintis cukup mengesankan. Tinggal bagaimana yang sudah dimulai ini akan dikembangkan.

Sekadar untuk tahu tentang Credit Union, Anda dapat mengunjungi Credit Union yang ada kenal, atau ke Credit Union Bererod Gratia (CUBG) di mana saya terlibat. Dengan melihat apa yang dikerjakan di CUBG mungkin nanti akan ada ide-ide baru. Anggota CUBG sekarang ini sekitar 3.800 orang dengan aset Rp 33 Milyar. Kantor Pusat kami di Jl. Matraman 31 dengan Tempat Pelayanan di Tangerang, Tanjung Priok, Bintaro, Kampung Sawah, Blok Q, Duren Sawit, Pamulang, Wedi, Bawen dan Jogjakarta.

Kalau mau tahu tentang CUBG silahkan kunjungi web cubgindonesia.com. Web ini masih sederhana, tapi memberi cukup memberi informasi.

Tentang cara menyimpan uang, menyimpan di Bank Mandiri tidak ada soal. CUBG juga memanfaatkan jasa bank untuk menyimpan dana yang belum dipinjam anggota.

Maaf dalam email ini saya belum bisa banyak memberikan saran, karena saya belum tahu betul apa yang dibutuhkan. Kalau ingin kontak via telpon silahkan hubungi 081317749527 atau 021 7208640.

Saya akan kirimkan brosur CUBG pada email berikutnya. Tentang pelatihan itu, kalau Anda serius saya dapat meminta teman-teman saya yang ada di Tangerang untuk membantu.

salam

marwan

Bottom of Form

Top of Form

Bottom of Form

Top of Form

Move… Nung

Bottom of Form

Go to Previous message | Go to Next message | Back to Messages

Top of Form

Select Message Encoding ASCII (ASCII) Greek (ISO-8859-7) Greek (Windows-1253) Latin-10 (ISO-8859-16) Latin-3 (ISO-8859-3) Latin-6 (ISO-8859-10) Latin-7 (ISO-8859-13) Latin-8 (ISO-8859-14) Latin-9 (ISO-8859-15) W. European (850) W. European (CP858) W. European (HPROMAN8) W. European (MACROMAN8) W. European (Windows-1252) Armenia (ARMSCII-8) Baltic Rim (ISO-8859-4) Baltic Rim (WINDOWS-1257) Cyrillic (866) Cyrillic (ISO-8859-5) Cyrillic (KOI8-R) Cyrillic (KOI8-RU) Cyrillic (KOI8-T) Cyrillic (KOI8-U) Cyrillic (WINDOWS-1251) Latin-2 (852) Latin-2 (ISO-8859-2) Latin-2 (WINDOWS-1250) Turkish (ISO-8859-9) Turkish (WINDOWS-1254) Arabic (ISO-8859-6, ASMO-708) Arabic (WINDOWS-1256) Hebrew (856) Hebrew (862) Hebrew (WINDOWS-1255) Chinese Simplified (GB-2312-80) Chinese Simplified (GB18030) Chinese Simplified (HZ-GB-2312) Chinese Simplified (ISO-2022-CN) Chinese Simplified (WINDOWS-936) Chinese Trad.-Hong Kong (BIG5-HKSCS) Chinese Traditional (BIG5) Chinese Traditional (EUC-TW) Japanese (SHIFT_JIS) Japanese (EUC-JP) Japanese (ISO-2022-JP) Korean (ISO-2022-KR) Korean (EUC-KR) Thai (TIS-620-2533) Thai (WINDOWS-874) Vietnamese (TCVN-5712) Vietnamese (VISCII) Vietnamese (WINDOWS-1258) Unicode (UTF-7) Unicode (UTF-8) Unicode (UTF-16) Unicode (UTF-32)

Bottom of Form

Saudari Enung,

berikut ini saya sampaikan gambaran umum tentang apa yang sedang saya kerjakan. Semoga gambaran ini memberikan ide untuk diskusi selanjutnya. Berkaitan dengan keinginan Anda untuk mengembangkan koperasi (Credit Union) silahkan baca secara teliti Leaflet CUBG Blok Q sebagai gambaran tentang apa yang dikerjakan dalam CU. Setelah ada pertanyaan dari situ, nanti saya akan memberikan pejelasan lebih lanjut.

Penjelasan tentang CUMI mungkin sebagai tambahan wawasan saja.

1. Gerakan Credit Union Bererod Gratia (CUBG). CUBG pada intinya adalah sebuah koperasi yang keanggotaanya terbuka untuk semua kalangan, entah miskin maupun kaya. Hanya saja saya mempromosikan terutama untuk kelompok miskin karena merekalah yang selama ini tidak memperoleh banyak alternatif pelayanan keuangan. Dengan menjadi anggota CUBG warga miskin didorong untuk menabung. Mereka memperoleh fasilitas balas jasa simpanan tinggi (14% per tahun) dan asuransi jiwa sebesar tabungan. Mereka juga dapat memperoleh pinjaman sejumlah maksimal 3 kali simpanan mereka.

Kelompok kaya juga boleh menjadi anggota CUBG sebagai bentuk keikutsertaan dalam gerakan pemberdayaan. Dengan menanamkan uangnya di CUBG, kelompok kaya memberi kesempatan orang miskin mempergunakan uang itu. Hanya saja saran saya, untuk kelompok kaya, ketika menabung di CUBG sebaiknya tidak menanam dalam produk yang balas jasa simpanannya 14% itu, tetapi yang 5% saja, supaya tidak memberatkan lembaga CUBG dalam memberi bunga. Untuk menjadi anggota CUBG anggota harus menyimpan Rp 2.360.000, lalu ada simpanan wajib tiap bulan minimal Rp 15.000. Beberapa kalangan kaya di Blok Q sudah ikut CUBG ini juga. Keterangan lengkap persyaratan dan cara menjadi anggota CUBG, silahkan lihat lampiran.

Hingga akhir April, anggota CUBG di Blok Q telah mencapai 268 orang, dengan total aset Rp 1,346 milayar yang merupakan simpanan anggota. Pinjaman yang beredar Rp 715 juta. Hingga kini pelayanan kepada anggota baru dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu. Apabila jumlah anggota telah 300 orang, kami akan mengadakan pelayanan sepanjang 5 hari per minggu. Secara keseluruhan, yakni mencakup anggota di Tangerang, Bintaro, Tanjung Priok, Cikini, Kampung Sawah,  Pamulang, Bawen, Wedi dan Jogja, jumlah anggota CUBG sekarang ini 3.800 lebih dengan total aset Rp 33 Milayar.

2. Program berikutnya bernama CUMI (Credit Union Microfinance Innovation). Program ini muncul karena kenyataan bahwa kalangan bawah tidak begitu mudah untuk menjadi anggota CUBG karena tabungan awal yang tinggi (Rp 2 juta lebih). Tabungan ini sebenarnya dapat dicicil selama 3 tahun, tapi warga kecil tetap takut dengan jumlah Rp 2 juta itu. Maka, kami buatlah CUMI, yaitu program kredit mikro bagi pengusaha kecil sebagai persiapan menjadi anggota CUBG. Dengan memberikan pinjaman pertama kali sebesar Rp 500.000 kepada usahawan kecil kami berharap membantu mereka meningkatkan pendapatan. Sementara mencicil pinjaman, mereka juga diwajibkan menabung. Harapannya dengan mengikuti program ini pendapatan mereka naik, tabungan terus bertambah dan pada akhirnya mereka dapat menjadi anggota CUBG. Pinjaman dan tabungan dalam CUMI dilaksanakan lewat sistem kelompok yang terdiri dari 5 orang. Ceritanya, progam ini adalah replikasi kecil-kecil sistem Grameen Banknya Muhammad Yunus.

CUMI kami mulai pada Desember 2008, per April ini telah beranggotakan 95 orang. Ada anggota yang tabungannya telah lebih dari Rp 1 juta dan telah mengajukan pinjaman kedua sebesar Rp 3 juta.

Untuk kredit CUBG, uang diperoleh dari tabungan anggota. Untuk CUMI, saat anggota belum mulai menabung, kredit diperoleh dari pinjaman pihak lain (donatur). Hingga sekarang kami memperoleh Pinjaman dari Pihak Ketiga Rp 11.263.250, Pinjaman dari PSE 10.000.000 dan donasi Rp 8.200.000. (Pos donasi kami cadangkan untuk honor karyawan CUMI sebesar Rp 500.000 per bulan). Setelah mengucurkan total pinjaman Rp 48.000.000 (yang Rp 26.150.000 di antaranya telah dibayar kembali), kami berhasil menghimpun tabungan dari anggota sebesar Rp 12.195.500. (Data keuangan lengkap saya lampirkan).

Hasil-hasil di atas tentu menggembirakan. Kami selalu bergembira setiap minggu menerima anggota-anggota kami yang antusias membayar pinjaman dan menabung. Mereka punya cita-cita untuk terus mengembangkan usaha. Dan yang membahagiakan, mereka semua tidak menadahkan tangan meminta. Mereka memperoleh kredit dan dengan keuletan dan kecerdikan itu mereka mengembangkan modal.
Kalau ingin tahu lebih banyak, silahakan kunjungi web cubgindonesia.com atau mediapendidikancubg.wordpress.com

salam

marwan

Satu Tanggapan to “BERITA KOPERASI PANTAI SANUR”

  1. Shandie said

    nice share…
    thanks!!

    this just for shared too, OK!!
    Lintas Berita Populer
    Download Software Full Version
    Download Game Gratis & Full

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: