Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

PULAU SAMOSIR

Posted by lembursingkur pada Mei 20, 2009

KARYA PULAU SAMOSIR YANG MENGAGUMKAN

Kita tahu bahwa Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba, di provinsi Sumatra Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini, menjadikan pulau  Samosir ini sebagai sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Turis domestik maupun mancanegara, yang sangat tertarik oleh kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Salah satu desa yang menjadi pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir, adalah Desa Tuktuk. Dari Parapat, Tuktuk dapat dihubungkan dengan kapal feri penyeberangan. Selain perhubungan air, Pulau Samosir juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Pangururan yang menjadi tempat di mana Pulau Samosir dan Pulau Sumatera berhubungan.

Banyak karya yang telah dihasilkan warga Desa Tuktuk yang sangat menarik turis. Contohnya Gondang. Musik tradisi masyarakat Batak Toba disebut sebagai gondang. Gondang adalah sejenis gendang yang berbentuk lonjong. Cara memainkannya adalah ditabuh dengan kayu kecil. Beberapa gondang yang mempunyai nada berurutan biasanya disatukan dalam satu rak kayu. Satu rak dapat berisi tiga, lima, atau tujuh gondang. Ada tiga arti untuk kata “gondang”:

1. Satu jenis musik tradisi Batak toba

2. Komposisi yang ditemukan dalam jenis musik tsb. (misalnya komposisi          berjudul Gondang Mula-mula, Gondang Haroharo, dsb

3. Alat musik “kendang”.

Ada 2 ansambel musik gondang, yaitu Gondang Sabangunan yang biasanya dimainkan diluar rumah dihalaman rumah dan gondang Hasapi yang biasanya dimainkan dalam rumah.

Gondang Sabangunan terdiri dari Sarune Bolon (sejenis alat tiup-oboe),pemain sarune mempergunakan teknik yang disebut marsiulak hosa (kembalikan nafas terus menerus) dan biarkan pemain untuk memainkan frase-frase yang panjang sekali tanpa henti untuk tarik nafas.  Taganing (perlengkapan terdiri dari lima kendang yang dikunci punya peran melodis dengan sarune tersebut), Gordang (sebuah kendang besar yang menonjolkan irama ritme), empat gong yang disebut Ogung dan Hesek, sebuah alat perkusi (biasanya sebuah botol yang dipukul dengan batang kayu atau logam) yang membantu irama. Ogung terdiri dari empat gong yang masing-masing punya peran dalam struktur irama.Tangga nada gondang sabangunan disusun dalam cara yang sangat unik. Tangga nadanya dikunci dalam cara yang hampir sama (tapi tidak persis) dengan tangga nada yang dimulai dari urutan pertama sampai kelima tangga nada diatonis mayor yang ditemukan dimusik Barat: do, re, mi, fa, sol. Ini membentuk tangga nada pentatonis yang sangat unik, dan sejauh yang saya tahu, tidak bisa ditemukan ditempat lain di dunia ini.

Hasapi juga termasuk gondang. Hasapi dari Desa Tuktuk ini, sangat terkenal mutunya. Baik bentuk maupun nada yang dihasilkan dari gitar unik ini.  Tak heran kalau hasapi sering dijadikan cinderamata oleh wisatawan domestik, bahkan mancanegara. Membuat hasapi ini telah menjadi kegiatan sehari-hari warga Desa Tuktuk setelah berladang Sebahagian besar repertoar gondang sabangunan juga dimainkan dalam konteks ansambel gondang hasapi. Ansambel ini terdiri dari hasapi ende (sejenis gitar kecil yang punya dua tali yang main melodi), hasapi doal (sejenis gitar kecil yang punya dua tali yang main pola irama), garantung (sejenis gambang kecil yang main melody ambil peran taganing dalam ansambel gondang hasapi), sulim (sejenis suling terbuat dari bambu yang punya selaput kertas yang bergetar, seperti sulim dze dari Cina), sarune etek (sejenis klarinet yang ambil peran sarune bolon dalam ansambel ini), dan hesek (sejenis alat perkusi yang menguatkan irama, biasanya alat ini ada botol yang dipukul dengan sebuah sendok atau pisau).
Tangga nada yang dipakai dalam musik gondang hasapi hampir sama dengan yang dipakai dalam gondang sabangunan, tetapi lebih seperti tangga nada diatonis mayor yang dipakai di Barat. Ini karena pengaruh musik gereja Kristen.

Hasapi adalah alat musik sejenis gitar yang menjadi perangkat pemting dalam upacara adat batak. Musik gondang sabangunan dan hasapi dipakai dalam upacara agama untuk menyampaikan doa manusia ke dunia atas. Waktu musik dimainkan, pemain sarune dan pemain taganing dianggap sebagai menifestasi Batara Guru. Musik ini dipergunakan untuk berkomunikasi dengan dunia atas dan rupanya tranformasi pemain musik ini terjadi untuk memudahkan hubungan dengan dunia atas. Dengan kedatangan agama Kristen ke Tanah Batak, pokok kebudayaan Batak sangat diubah sekali. Interaksi dengan agama baru ini dan nilai-nilai barat menggoncangkan kebudayaan tradisi batak toba sampai ke akarnya. Menurut gereja Kristen musik gondang berhubungan dengan kesurupan, pemujaan roh nenek moyang, dan agama Batak asli, terlalu bahaya untuk dibolehkan terus dimainkan lagi.

Menyebut tanah Batak juga tentunya tak boleh mengabaikan yang namanya, ulos. Bahkan dapat dikatakan kain ini adalah cirri utama Tanah Batak. Ulos adalah busana penting dalam segala macam kegiatan dan upacara adapt. Ulos dapat juga diartikan  kain tenun khas Batak berbentuk selendang, yang melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak-anaknya atau antara seseorang dan orang lain. Motif ulos yang utama adalah hiasan alam, tumbuhan, dan binatang dengan latar belakang warna merah, hitam, dan biru. Setiap ulos mempunyai ‘raksa’ sendiri-sendiri, ertinya mempunyai sifat, keadaan, fungsi, dan hubungan dengan hal atau benda tertentu. Contohnya: ulos ragidup, ulos ragihotang, ulos sibolang, ulos nametmet, dan ulos nabalga.

Sumber:

http://parapat.multiply.com/journal/item/23

http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Samosir

http://www.silaban.net/2006/10/07/ulos/

Karya:

Innocentia F. N. Kishi

8A / 19

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: