Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

DUSUNKU

Posted by lembursingkur pada Mei 20, 2009

Ada Merapi di Dusunku

Judul buku            : Pustaka Anak Nusantara – Ada Merapi di Dusunku

Penulis naskah      : Thomas Sutikno

Penerbit                : PT. Dian Rakyat

Seperti di daerah-daerah lain di Indonesia, di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki rumah adat yang disebut omah kampung.

Rumah adat ini berbentuk persegi empat. Gentingnya terbuat dari tanah liat yang di bakar dengan arang, dan tiang rumahnya terbuat dari kayu yang di serut menjadi berbentuk persegi panjang, sehingga kuat untuk menyangga rumah tersebut. Dinding rumah adat ini sebagian biasa terbuat dari papan kayu yang lebar dan sebagian dindingnya lagi terbuat dari gedheg (anyaman bambu) yang di anyam oleh warga sendiri.  Rumah adat ini juga ada yang dindingnya terbuat dari tembok, namun masih sangat jarang di temukan di daerah pedesaan.

Rumah adat ini memiliki ruangan yang sama dengan rumah-rumah lainnya, yaitu runag tamu, ruang keluarga, memuat beberapa sethong (kamar tidur), dapur, dan kamar mandi. Sebagian besar penduduk disini berprofesi sebagai peternak, sehingga banyak di temukan kandang sapi dan kambing pada halaman belakang rumah mereka. Rumah dengan bentuk seperti inilah yang disebut omah kampung (rumah kampung) atau rumah rakyat kebanyakan.

Omah kampung memiliki tekstur yang unik dan alami namun indah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu omah kampung, sangatlah sedikit dan tidak memakan banyak biaya. Dindingnya yang sebagian terbuat dari anyaman mambu menyimpan daya tarik tersendiri bagi omah kampung ini. Anyaman bambu memang tidak bernilai jual mahal, namun keindahan yang di hasilkan, apalagi dibuat dengan tangan manusia, menjadikan omah kampung semakin cantik. Anyaman bambu itu juga tidak rusak, atau terbang tertiup angin, terkecuali angin topan atau angin puting beliung, meskipun bahannya sangat tipis dan tidak terlalu berat.

Indonesia memang kaya akan budaya. Omah kampung hanyalah segelintir dari banyaknya rumah adat yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki rumah dareah masing-masing dengan bentuk dan tekstur yang berbeda, juga dengan cirri khas yang berbeda-beda pula.

Jesica Rosalina

8A / 20

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: