Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

ACEH

Posted by lembursingkur pada Mei 20, 2009

Budaya Aceh

Tari Seudati adalah nama tarian yang berasal dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Seudati berasal dari kata Syahadat, yang berarti saksi/bersaksi/pengakuan terhadap Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad utusan Allah.

Tarian ini juga termasuk kategori Tari Perang, yang mana syairnya selalu membangkitkan semangat pemuda Aceh untuk bangkit dan melawan penjajahan. Oleh sebab itu tarian ini sempat dilarang pada zaman penjajahan Belanda, tetapi sekarang tarian ini diperbolehkan kembali dan menjadi Kesenian Nasional Indonesia.

Rumah Aceh nama lainnya adalah Rumah Aceh. Dalam Rumoh (rumah Aceh), pengaruh agama Islam dan alam sekitar tampak menyatu mewarnai bentuk dan ornamen ragam hiasnya. Kentalnya warna Islam membuat Aceh dikenal dengan sebutan “Serambi Mekah”. Bertiang selalu genap, beratap rumbia da berdinding kayu atau papan menjadikan rumah panggung Aceh selaras dengan lingkungannya.

Opini :

Menurut saya budaya – budaya Aceh ini sangat menarik untuk diketahui. Ternyata sampai sekarang pada umumnya masyarakat Aceh masih memegang teguh budayanya. Contohnya agama islam mereka yang masih sangat kental. Selain itu sampai sekarang banyak masyarakat Aceh yang memakai rumah adat daerah Aceh. Rumah – rumah adat mereka masih terjaga dengan baik sampai sekarang. Sehingga rumah – rumah adat itu juga bisa dijadikan obyek wisata disana. Selain itu, sekarang juga banyak orang yang senang dan tertarik untuk mempelajari tarian adat dari Aceh. Kita juga harus mencontoh masyarakat Aceh yang memelihara dan mengembangkan budayanya.

Tugas Bhs. Indonesia

Nama: Yohana Anita

Kelas/no: 8A/35

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: