Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

BUDAYA DAERAH

Posted by lembursingkur pada Mei 18, 2009

Desa di Ufuk Barat

Sebuah desa yang bertempat di Desa Iboih, Kota Madya Sabang, Daerah Istimewa Aceh ini,terletak di Pulau Weh, sebuah pulau diujung barat wilayah Indonesia, yang berbatasan dengan Pulau Rubiah di sebelah utara, Pulau Beras disebelah barat, Hutan Lindung disebelah timur, dan radar AURI di sebelah selatan. Desa Iboih ini, memiliki luas daratan 3.650 hektar, dengan jumlah penduduk kurang lebih 425 jiwa, dan laut seluas 2.600 hektar. Desa ini, dikelilingi oleh pantai, dataran rendah yang bergelombang, dan perbukitan. Alam sekirar Desa Iboih ini, sangat menarik sebagai daerah kunjungan wisata. Pantai Pulau Beras bukan hanya bersih, namun juga mempunyai pasir berwarna putih yang lembut. Disana terdapat juga hutan lindung yang masih rimbun, tempat sejumlah binatang dan tanaman langka yang harus dilindungi hidup dan berkembang biaknya.

Di Desa Iboih ini, terdapat beberapa tempat atau objek wisata yang dapat dikunjungi, misalnya Ujung Ba’u yang terletak 10 km dari desa Iboh yang dapat ditempuh dengan mobil. Di lokasi ini terdapat Tugu Kilometer Nol Indonesia . Sepanjang perjalanan  pengunjung dapat menikmati hutan wisata alam yang masih alami disekitarnya. Ada juga salah satu tempat wisata yaitu Pantai Long Angin, terletak 8 km sebelum Desa Iboih, keadaan alam pantai masih alami, dengan ombak yang cukup besar dan keindahan sunset.

Berikut adalah gambaran peta Desa Iboih yang terletak di Pulau Weh.

Opini saya terhadap Desa Iboih adalah, desa ini sangat menarik, dan saya pun cukup tertarik dengan wilayah ini. Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi pun juga beda dari tempat yang lain, lalu keindahan alamnya seperti pantai yang sangat mempesona. Saya rasa, jangan sampai Desa Iboih ini dikotori oleh ulah-ulah manusia, jagalah keindahan alam yang ada, dan rawatlah sedemikian rupa sehingga keindahan alam tersebut terus bertahan. Kebudayaan Desa Iboih ini pun saya rasa sangat berbeda dari tempat yang lainnya, walaupun letaknya yang dipinggir pulau Sumatra dan wilayahnya tidak terlalu besar, tetapi berbagai keindahan alam, maupun budayanya sangat menarik perhatian. Saya rasa objek wisata yang telah adapun , sebisa mungkin di rawat dan diperbaiki bentuknya atau di renovasi sehingga lebih bagus dan lebih menarik lagi.

Gisela Gladys

8A/16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: