Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

About

SEKAPUR SIRIH

Lembur Singkur ini tercipta dalam rangka memberikan sedikit rasa kepedulian kami terhadap budaya daerah yang makin hari makin terkikis karena pengaruh zaman. Selain itu juga karena para pemiliknya sudah tidak peduli terhadap miliknya. Biasanya memang begitu, kita merasa tidak memiliki. Namun bagitu giliran ada negeri tetangga yang mengaku, mengambil, mencuri, atau me. . . budaya kita, baru kita geger dan membakar jenggot masing-masing.

Lembur Singkur ini tidak membatasi budaya dari satu tempat saja, tapi juga dari berbagai daerah, juga Negara lain. Lembur Singkur juga akan memuat juga karya sastra Indonesia , daerah, bahkan dunia. Tak tertutup kemungkinan juga hal-hal lain seputar kebangsaan dan pendidikan.

Kata Lembur Singkur berasal dari bahasa sunda yang artinya desa terpencil yang masih asli dan asri. Masih mempertahankan hal-hal yang sifatnya tradisional: cara hidup, adat, makanan, kesenian dll.

Bagi siapa saja yang mau bergabung untuk menambah tulisan fiksi/ nonfiksi, artikel, opini, atau komentar kami persilakan. Yang jelas batasannya dalam forum ini sifatnya tidak mendeskriditkan / menyinggung satu kelompok, ras, golongan, atau agama. Di Lembur Singkur ada kedamaian, cinta kasih, gotong royong, dan keterbukaan.

Semoga Lembur Singkur menjadi ajang silaturahmi dan menjadi tempat yang nyaman untuk pulang kampung sejenak dari rasa penat kita mengarungi lautan kota besar yang penuh dengan intrik dan manipulasinya. Di Lembur Singkur sejenak kita tetirah menikmati semilir angin di bawah pohon di atas perbukitan sambil memandang ke lembah nun jauh di bawah dengan kehijauan yang diselingi perkampungan. Di Lembur Singkur kita sejenak menikmati ubi rebus atau pisang rebus sambil menyeruput teh/ kopi panas di bele-bale depan rumah bersama keluarga dan tetangga. Mangga sadayana mampir di Lembah Singkur.

O ya… euy lupa. Lembur Singkur ingin juga menemukan jejak keluarga sunda. Cigugur ( Kuningan) dan Susuru-Kertayasa-Panawangan-Ciamis yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, bahkan mungkin di luar negeri. Tak lupa pula keluarga jawa dari pihak big family Martopranoto ( kakek-eyang-buyut) dari pihak keluarga Yohanes Bob Haryadi Martopranoto ( pihak papi Martono Martopranoto) . Juga keluarga dari pihak ibu (mami Dientje Breton van Groll) yang tersebar di Belanda juga beberapa di Amerika . Om, Tante, Uwa, Mamang, Bibi, Para alo/keponakkan, dan para sepupu kalau semuanya melanglangbuana di dunia maya mari bergabung dengan keluarga asalmu, kempung halamanmu, dan negerimu.

Tak lupa juga kepada para sahabat/ kawan lama atau pun baru kami persilakan untuk bergabung. Yang terutama para sahabat/teman ex Sanata Dharma – Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta, Wenzao Ursuline College-Kaohsiung-Taiwan,  keluarga besar Santa Ursula – BSD, ex SPG Santa Angela – Bandung, SMA Santo Ignatius – Semarang, SMPN Panawangan-Ciamis, SMPN 3 Semarang. Monggo dihaturaken pinara teng Lembur Kuring. Matur nuwun.

Lembur Singkur,

Yohanes Bob Haryadi Martopranoto

Christina Enung Martina

Cicilia Metta Asriniarti Martopranoto

Aloysius Gonzaga Ilham Sidharta Martopranoto

Tarsisius Abraham Abhimanyu Martopranoto

2 Tanggapan to “About”

  1. Red said

    salam kenal dari bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: