Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

CONTOH NASKAH PIDATO 1

Posted by lembursingkur pada Desember 6, 2009

Pidato merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang tergolong dalam ketrampilan berbicara. Di bawah ini contoh naskah pidato karya siswa SMP St. Ursula BSD. ( Ch. Enung Martina )

Felisia Causalia Pinem

XI-B/17-SMP Santa Ursula BSD

Bahasa Indonesia

Jumat, 4 Dec 2009

Judul: Pupuk Mikroba.

Tema: Lingkungan.

Sumber: Onny Untung.

Pendengar: Kepala sekolah, Guru, dan Teman-teman.

Pupuk Mikroba

Selamat pagi/siang kepada yang terhormat, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bapak-ibu guru dan teman-teman sekalian yang saya kasihi. Terima kasih karena saya diperbolehkan untuk berbicara didepan. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak untuk lebih mengenal salah satu bakteri yang pada umumnya merugikan manusia, tetapi dapat dibuat menjadi pupuk yang akan menghasilkna sebuah tanaman yang baik. Pupuk yang diolah ini akan menghasilkan hasil terbaik dan cocok untuk diberikan pada semua jenis tumbuhan, baik pada tumbuhan penghasil bahan baku maupun hanaya sekedar pada tumbuhan hias.

Saya ingin menyampaikan hal ini kepada bapak-ibu, dan teman-teman sekalian untuk membantu dalam menjaga lingkungan tumbuh-tumbuhan yang sangat mudah untuk dilakukan dan dalaksanakan. Baiklah, untuk itu saya akan membahas topic ini lebih dalam dan lebih jelas. Dari hasil yang saya peroleh lewat wawancara dengan narasumber sampai mencarai beberapa informasi dari jaringan internet, saya telah memperoleh hasil bahwa bakteri mikroba yang dikenal sebagai bakteri kecil yang merugikan bagi manusia, tetapi bagi para petani, bakteri mikroba ini sangat menuntungkan. Apabila bakteri mikroba telah diolah menjadi pupuk tanaman, mikroba ini akan menggrogoti bakteri lain yang mengahmbat pertumbuhan tanaman tersebut.

Mikroba ini diolah sebagai pupuk agar mudah diserap oleh tumbuhan yang sulit untuk berkembang. Mikroba ini membantu mengahcurkan zat-zat yang sulit diserap oleh tumbuhan agar mudah diserap oleh tanaman tersebut.  Bentuk nyata telah dialami oleh Bapak Doyo Mulyo, seorang petani di daerah Sukabumi. Pak Doyo pada awalnya adalah seorang petani miskin yang bekerja mengurusi lahan orang lain. Setelah Pak Doyo menggunakan  pupuk mikroba, tumbuhan yang dihasilkan sangat memuaskan. Setelah mengetahui manfaat yang sangat pesat untuk perkembangan tumbuhan tersebut , pak Doyo mencoba untuk membuat lahanya sendiri, dan berhasil. Sekarang Pak Doyo menjadi seorang pengepul, perkebun, dan pemilik sebuah pertanian yang luas, dan sekaligus pula menjadi pembicara di bernbagai pelatihan budidaya secara alami.

Hal sama juga dialami oleh Ayub S. Parnata, seorang penjual tanaman hias, khususnya tanaman bunga anggrek . Ayub mempunyai impian untuk memperbanyak hasil tumbuhannya  dengan  hasil terbaik. Lalu ia mencoba untuk menggunakan pupuk mikroba dan alhasil impiannya itupun terwujud. Para peniliti BATAN ( Badan Tenaga Nuklir Nasional) juga dapat menghasilkan buah Jeruk Keprok tanpa biji dalam jumlah yang banyak dan kualitas terbaik.

Dengan ini telah dipastikan bahwa pupuk mikroba sangat  menguntungkan bagi tumbuhan dan tanaman yang sulit tumbuh. Maka itu, dengan pupuk mikroba kita dapat membantu tumbuh-tumbhuan di sekitar untuk tumbuh lebih baik dan subur, dan juga untuk mengurangi polusi udara serta pemanasan global yang kita kenal juga sebagai global warming.

Dengan ini, saya sudahi pidato saya ini, saya berharap bapak-ibu sekalian mau menjaga lingkungan khususnya tanaman- tanaman hijau yang sanagt bermanfaat bagi lingkungan, dan saya berharap juga informasi serta penjelasan yang saya berikan berguna bagi Bapai-Ibu, dan teman-teman sekalian. Terima kasih atas perhatiannya, dan mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Dan saya tau juga, pidato ssya ini masih jauh dari sempurna. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Naskah Pidato

Remaja, Lingkungan, dan Pemanasan Global

Oleh

Felicia Melina Lase

IX B/15

*   *   *


Naskah Pidato

Pendengar: Murid-murid beserta guru-guru SMP Santa Ursula BSD

Pembicara: Salah satu murid SMP Santa Ursula BSD

Tema: Globalisasi

Topik: Pengaruh globalisasi di berbagai aspek kehidupan

Judul: Globalisasi di abad-21

Selamat siang,

Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD, Victoria Istiningsih.

Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah SMP Santa Ursula BSD Eusthasia Suwarti.

Yang terhormat guru-guru SMP Santa Ursula BSD.

Beserta seluruh murid SMP Santa Ursula BSD yang berbahagia.

Salam sejahtera

Puji Syukur saya ucapkan kepada kepala sekolah kita karena saya diperbolehkan untuk hadir disini. Saya juga berterima kasih kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan acara ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung acara ini.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mengingat kembali, beberapa pola hidup yang kita lakukan dari penyebab globalisasi. Apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Saya berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu, seberapa besar pengaruh globalisasi dalam hidup kita. Saya juga berharap kita semua dapat menghadapi pengaruh globalisasi.

Di abad ke 21 ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang mendunia. Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Selain hand phone, yang tak kalah penting adalah internet. Globalisasi seperti mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. Contohnya Pizza Hut, KFC, CFC, Hoka Hoka Bento, dan sebagainya. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negri menjadi kurang diminati. Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fashion. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia?

Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi. Contohnya sepatu. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya.

Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi. Kita harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai  negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negri kita. Karena budaya dalam negri adalah ciri khas negri kita sendiri, yang harus kita jaga. Agar tidak kehilangan informasi, kita harus mengikuti perkembangan informasi dan teknologi.

Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruhnya, namun kita harus mengambil dampak positifnya, dan membuang dampak negatifnya.

Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatian guru-guru, teman-teman, beserta kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMP Santa Ursula BSD. Sekian dan, selamat siang.

Yohana Anita 9B/33

About these ads

8 Tanggapan to “CONTOH NASKAH PIDATO 1”

  1. ryan said

    wah makasih ya yas pidato2nya!!

  2. acems.... said

    tolong batuin dunk tentang pidato yg temanya lingkungan nxfg98fgda

  3. kampid..... said

    aduwhhhh tugas2 pd numpuk nie,bantuin dunk bkinin pidato yang berjudul pencemaran lingkungan……

  4. rindu said

    thankz bgt ya atas contoh pidatonya…………………….

  5. aditya pramukti said

    toloNk doNk criin contoh pidato yang bertema cita-citaku atw kiat belajar sukse………….tlong eah!!!!!!

  6. [...] The busiest day of the year was January 19th with 344 views. The most popular post that day was CONTOH NASKAH PIDATO 1. [...]

  7. thania said

    minta bahasa inggrisnya dong

  8. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: