Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL SASTRA 2

Posted by lembursingkur pada Oktober 18, 2009

NOVEL SASTRA 3

Judul: Hulubalang Raja

Pengarang: N. ST. Iskandar

Penerbit: Balai Pustaka

Cetakan:  ke-24

Ringkasan:

Raja kota Hulu, merasa putrinya Ambun Suri sudah saatnya untuk menikah. Untuk itu dia mengundang para bangsawan di daerah sekitar kota Hulu untuk mengadakan semacam seleksi yang di sini disebut sebagai ‘Gelanggang’ untuk memperebutkan putrinya itu. Namun ternyata hanya Sutan Muhammad Syah, seorang raja serakah di kota Hilir yang berhasil melampaui perlombaan yang digelarkan, sehingga hanya dialah yang berhak melamar Putri Ambun Suri. Lamaran Raja Sutan Muhammad Syah yang sebenarnya sudah mempunyai istri dan merupakan seorang raja yang serakah itu dengan terpaksa harus diterima oleh Raja Kota Hulu.

Rupanya Putri Kemala Sari, istri Sutan Muhammad Syah merasa iri dengan Ambun Suri istri barunya itu, sehingga dia berniat mencelakakan Ambun Suri. Akhirnya kesempatan muncul juga itu. Putri Ambun Suri ditenggelamkan ke sungai ke dalam sungai ketika putri itu mandi sehingga Putri Ambun Suri lenyap dibawa arus sungai dan hilang.

Hilangnya Putri Ambun Suri itu ternyata membuat Ali Akbar, kakak Putri Ambun Suri marah setelah dia tahu bahwa yang mencelakakan adik yang sangat dia cintai itu adalah Putri Kemala Sari, istri tua Sutan Muhammad Syah itu. Akibatnya terjadilah perang antara kedua belah pihak, yaitu antara laskar pendukung Ali akbar dengan laskar pendukung Sutan Muhammad Syah. Cukup lama dan sengit pertempuran yang terjadi, namun karena Sutan Muhammad Syah mendapat bantuan dari kompeni (Belanda) maka pasukan Sutan Ali Akbar semakin lama semakin terdesak. Karena tak mampu melawan secara terbuka, kemudian Sutan Ali Akbar lari ke hutan dan melakukan perlawanan secara gerilya. Sedangkan daerah Sutan Ali Akbar yang bergelar Raja Adil itu habis dibumihanguskan oleh laskar kompeni dan Sutan Muhammad Syah.

Kehadiran kompeni di daerah itu memang selalu mendapat reaksi negatif dari kebanyakan penduduk, karena kedatangan mereka disana dilihat dari tingkah lakunya tidak hanya sekedar berdagang akan tetapi ada maksud hendak menguasai perdagangan secara monopoli maupun menguasai tanahnya sekalian. Dalam menumpas orang-orang atau rakyat yang tidak setuju dengan kehadiran kompeni-kompeni itu, maka kompeni selalu mencari dan minta bantuan pada raja-raja atau siapa saja dari rakyat yang bersedia bekerjasama dengan mereka. Usahanya menumpas para pemberontak itu dibantu Sutan Malakewi. Awalnya Sutan Malakewi adalah seorang pemuda yang gemar menyabung ayam. Suatu hari dia kalah dan ‘bangkrut’ karena kalah menyabung berkali-kali, ia pulang meminta uang pada ayah dan ibunya tetapi ditolak dan ia-pun diusir. Demi menyambung hidup ia bekerja sama dengan Belanda dan angkat senjata terhadap kaumnya sendiri. Sutan Malakewi ini ditugaskan oleh kompeni untuk menumpas kaum pemberontak yang berada didaerah Pauh. Berkat bantuan Sutan Malakewi, banyak kaum pemberontak yang hancur. Namun ada satu laskar pemberontak yang paling sulit dia tumpaskan, yaitu laskar yang dipimpin oleh Raja Adil atau Sutan Ali Akbar. Malah dalam suatu pertempuran, pimpinan pasukan kompeni yang bernama Groenewegen hampi tewas dibunuh oleh Laskar Raja Adil, akan tetapi Groenewegen selamat ditolong oleh Sutan Malakewi. Namun sejak kecelakaan itu, Groenewegen terus mengalami sakit-sakitan hingga sampai meninggal dunia.

Gruys yang menggantikan Groenewegen ternyata tak becus dalam melawan perlawanan orang-orang Pauh. Karena tak becus, dia kemudian di gantikan oleh Abraham Verspreet. Verspreet yang dibantu oleh laskar-laskar yang dibawa dari Ambon dan Bugis itu dan bersama Sutan Malakewi menggempur para pemberontak habis-habisan.

Namun perlawanan rakyat terus saja gigih. Malah Sutan Malakewi kalau tidak diselamatkan oleh laskar yang berasal dari Bugis, dia hampir tewas. Dia hanya terluka saja. Adik Sutan Malakewi juga tertawan dan diculik oleh orang-orang Raja Adil. Setelah Sutan Malakewi sembuh dari lukanya, Sutan Malakewi mencari adiknya dengan cara menyamar sebagai rakyat biasa kedalam tubuh laskar Raja Adil. Namun penyamarannya itu tak lama kemudian terbongkar. Sutan Malakewi tidak dicelakai oleh Raja Adil karena ternyata perempuan yang dia culik itu, yang sekarang dia telah jadikan istri itu, ternyata adik kandung Sutan Malakewi. Melihat kenyataan itu, rupanya Sutan Malakewi juga tidak bisa berbuat apa-apa, karena musuh besarnya itu sekarang telah menjadi adik iparnya sendiri. Kemudian keduanya, karena sudah menjadi saudara saling melupakan permusuhan masa lalunya. Sutan Malakewi kemudian membawa Raja Adil dan Adnan Dewi adiknya itu ke kedua orang tuanya. Dan ternyata orang tua Sutan Malakewi menerima kedatangan mereka dengan sukacita. Tidak lama kemudian pesta penyambutan Raja Adil dan istrinya itu dilanjutkan pesta besar berikutnya, yaitu pesta perkawinan antara Sarayawa dengan Sutan Malakewi yang bergelar Hulubalang Raja itu.

Opini Tentang isi:

Buat saya secara pribadi sebenarnya ceritanya agak rumit, khususnya bagian ketika Sutan Malakewi mulai diperkenalkan. Saya agak bingung, koq selagi menceritakan tentang kematian Noortwijck tiba-tiba berganti menjadi Sutan Malakewi yang menurut saya pada bagian itu Sutan Malakewi tidak punya hubungan apa-apa dengan karakter-karakter yang telah diperkenalkan sebelumnya, meskipun dibagian akhir mulai nampak hubungan Sutan Malakewi dengan Raja Adil. Secara keseluruhan alur ceritanya untuk saya agak berat, tidak seperti novel sekarang contohnya Lupus, tetapi lumayan menarik karena alur cerita yang sulit ditebak. Contohnya, Sutan Malakewi yang awalnya dianggap sebagai penjahat oleh Raja Adil yang pertama saya anggap sebagai tokoh utama, ternyata adalah protagonisnya.

Nilai Moril:

Karena kejahatan 1 orang ( dimana Putri Kemala Sari membunuh Putri Ambun Suri ) banyak orang yang kehilangan nyawa ( karena menurut saya peperangan Raja Adil melawan Sutan Muhammad Syah dimulai dari perbuatan Putri Kemala Sari, yang kita ketahui juga sampai akhirnya ikut-ikutan menyeret Belanda dalam pertempuran itu ). KESIMPULANNYA : Janganlah sekali-kali berbuat jahat untuk kepuasan diri sendiri karena akan melibatkan banyak orang menjadi korban meski kejahatan itu kita anggap kecil.

Ivan Sanders 9B/23

KUMPULAN CERPEN SASTRA

Judul Buku : Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma

    b. Pengarang : Idrus

    c. Penerbit : Balai Pustaka

    d. Cetakan Ke : 13

    e. Ringkasan

    Judul : Kisah Sebuah Celana Pendek

    Tepat pada hari Pearl Harbor diserang Jepang, Kusno dibelikan ayahnya

    sebuah celana pendek. Celana kepar 1001, Made In Italia. Pak Kusno buta

    politik. Yamg ia ketahui hanya, bahwa anaknya sudah tidak punya celana lagi

    yang pantas dipakai. Kala setiap orang yang sedikit banyak tahu politik di

    seluruh dunia mengernyitkan dahinya, karena dendam, karena khawatir,

    karena marah. Tapi keluarga Pak Kusno pada hari itu bergembira hati. Ia

    telah berhasil, apa yang disangkanya tak mungkin terjadi, membelikan Kusno

    sebuah celan pendek. Kusno yang saat itu baru berusia 14 tahun, baru tamat se-

    kolah rakyat. Sekarang ia hendak melamar kerja, dan dengan celana baru itu,

    rasanya segala pekerjaan untuknya.

    Tapi ternyata Kusno tak secepat sangkaannya mendapat pekerjaan. Sam-

    pai-sampai Kusno harus menurunkan harga dagangannya, dari juru tulis,

    menjadi portir dari portir menjadi opas. Dan setelah sepuluh kantor Kusno sam-

    bangi, akhirnya ia berhasil juga mendapat pekerjaan sebagai opas. Dengan gaji

    10 rupiah sebulan.

    Pak Kusno sedih, ia sendiri seorang opas. Mestikah anaknya menjadi

    opas lagi? Turun-temurun menjadi opas? Tidak pernah ia bercita-cita bila kelu-

    arganya menjadi keluarga opas. Kusno bekerja dengan rajin, tapi celana kepar-

    nya makin lama makin pudar. Setiap bulan ia berharap untuk bisa membeli ce-

    lana baru, namun apa daya untuk makan saja gajinya tidak cukup. Seluruh

    pikiran Kusno tertuju pada celana kepar 1001 itu. Setiap hari ia berdoa, agar

    Tuhan tidak turunkan hujan. Kalau pikiran Kusno mengenangkan celana

    1001 ini, apalagi kalau tidak ada uang membeli sabun, sedang celana lagi

    kotor. Rakyat sederhana tak mau perang, ia hanya mau hidup sederhana dan

    hidup bebas dari ketakutan esol hari tidak punya celana lagi.

    Kebanyakan bangsa Indonesia hidup dengan pengharapan akan kemer-

    dekaan, Kusno hidup dengan pengharapan akan celana baru, berharap selama

    3,5 tahun. Waktu Kusno melepas harapannya itu, celana 1001 itu sedah tidak

    seperti celana lagi, disana-sini benangnya keluar dan dulu yang berwarna putih,

    sekarang sudah kuning kehitam-hitaman.

    Pada suatu hari Kusno sakit kepala. Dua hari dua malam tak ada yang

    lain dimakannya selain daun-daun kayu.Sempat ingin menjual celana 1001

    itu untuk membeli makanan yang pantas dimakan manusia,namun lekas di-

    buangnya pikiran itu.Begitulah Kusno tak menjual celana,tidak mencuri,se-

    ring sakit kepala dan hidup dengan daun-daun kayu.Tapi ia hidup terus,seng-

    sara memang,tapi hidup dengan bangga.Tapi bagaimanapun juga,Kusno tak akan putus asa.Ia dilahirkan dalam kesengsaraan,hidup bersama kesengsaraan.

    Dan biarpun celana 1001-nya lenyap menjadi topo,Kusno akan berjuang keras

    melawan kesengsaraan,biarpun hanya guna mendapatkan sebuah celana kepar

    1001 yang lain.

    Pesan moral : -manusia hanya berusaha sedangkan Tuhan yang menentukan.

    -orang-orang besar yang mau perang, rakyat sederhana cuma

    mau perdamaian.

    -dengan kerha keras tanpa kenal putus asa, apapun hasilnya takkan

    pernah sia-sia dan menjadi kebanggaan.

    (Chyntia Hans-9B)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: