Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

RINGKASAN NOVEL 9

Posted by lembursingkur pada Oktober 11, 2009

NOVEL 17

Judul: Bukan Impian Semusim

Pengarang: Marga T.

Penerbit: Gramedia

Tahun Terbit: 1991

Ringkasan: Di sekolah Santa Ursula ada seorang siswi yang bernama Nina, Ia pintar dan cantik. Nina tingal di asrama di Santa Ursula. Ia bercita cita untuk menjadi seorang biarawati. Keluarga Nina yang tinggal di luar Jakarta akan pindah ke Jakarta untuk menjalani pengobatan Ibunya yang sakit keras.Setelah keluarga Nina mendapat kontrakan maka Nina tidak lagi tinggal di asrama dan tinggal bersama keluarganya.Nina mempunyai seorang sahabat bernama Ita. Ita adalah anak orang kaya. Ia mempunyai seorang kakak bernama Miki. Miki sangat berbakat dalam bidang melukis. Ia pernah melukis Ita dan Nina, tetapi sayang belum selesai lukisan itu Ita meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas. Setelah Ita meninggal dunia hubungan antara Miki dan Nina terputus.

Nina menunda niatnya untuk masuk ke biara setelah lulus  SMA dan membantu biaya pengobatan Ibunya.  Ia bekerja sebagai sekretaris di sebuah perusahaan. Ternyata perusahaan itu adalah perusahaan milik keluarga Miki.  Pada suatu hari Miki dan Nina bertemu secara tidak sengaja dan memulai lagi hubungan pertemanan keduanya. Karena kondisi ibunya yang sudah mulai kritis maka Nina meminjam uang kepada Miki dan Miki mengabulakan permintaan nina malah Miki memberikan uang sampai ibu Nina sembuh. Pada akhirnya Miki melamar Nina. Setelah berpikir panjang maka Nina menyanggupi untuk menikah dengan Miki .

Setelah lama menikah Mereka berdua mempunyai anak kembar yang dinamai Joni dan Andi. Pada saat SD mereka berdua mempunyai cita-cita yang sama yaitu menjadi seorang pastor. TEtapi Miki masih belum menyetujui niat kedua anak nya dan baru member jawaban saat mereka SMA karena masih kecil dan bisa berubah sewaktu waktu. Miki ternyata mengidam sakit yang sangat mematikan. Tapi Miki berusaha menyembunyikannya dari Nina. Nina yang penasaran berusaha untuk mencari tahu  penyakit Miki.

Anak anak mereka sudah SMA mereka kembali menagih janji ayahnya terhadap mereka. Miki masih terkaget kaget karena anak anak mereka masih mengingat cita citannya dulu tetapi setelah berpikir  Miki menyetujui keinginan anak anaknya. Pada suatu hari mereka mendapat telepon dari dokter yang memberikan informasi agar Miki di bawa ke Amerika karena di sana sedang ada pengobatan penyakit seperti yang diderita Miki. Maka mereka berdua segera pergi ke Amerika. Setelah berbulan bulan mengalami chek up Miki ternyata salah mendapat informasi tentang penyakit yang  dideritanya dan ternyata penyakit yang dideritanya tidak berbahaya dan bisa di sembuhkan.

Opini: Novel ini bagus karena menceritakan cerita yang sangat menyentuh perasaan pembacanya dan bisa memotivasi agar anak anak  mempunyai impian yang tidak berganti ganti (Marsella Vinya)

Nilai yang diperoleh: Mempunyai mimpi yang tetap tidak berubah ubah

Tidak mudah menyerah  (Ray Tommy-9c/27)

NOVEL 18

Judul: Setelah Kematian
Pengarang: V.Lestari
Penerbit: PT.Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2001

Ringkasan:
Ida Farida terbangun dari tidurnya dengan sentakan kaget. Ia seperti mendengar jerit kesakitan dari rumah Dewi, tetangga sebelah, padahal saat itu ia sedang bermimpi buruk. Ia bermimpi, Dito suami tercinta, akan di lahab Dewi, seorang janda kembang di kampung Bulan yang di kenal suika menggoda suami orang dan membawa banyak pria ke rumahnya. Tapi ia tahu kalau suaminya tidak akan tergoda oleh janda cantik itu karena ia tahu, Dito jijik dengan wanita seperti Dewi.
Paginya terjadi kegemparan. Dewi mati terbunuh di kamar tidurnya. Dan Ida menemukan bukti-bukti keterlibatan Dito dalam pembunuhan itu. Hal itu juga di perkuat karena pada malam itu, Dito tidak tidur bersama Ida. Ia tidur di sofa dengan alasan sedang diare agar mudah ke toilet. Ida pun menyerahkan bukti-bukti tersebut kepada polisi. Dito di tangkap dan mengakui perbuatannya. Tapi ia tak pernah menyesalinnya. Ia malah menyalahkan Ida dan sangat dendam kepadanya.
Kejadian itupun membuka mata Ida, kalau suami yang selama ini ia banggakan ternyata seorang pengkhianat. Sudah 2 bulan terakhir, Dito menjalin hubungan haram dengan Dewi tanpa sepengatahuan Ida. Pria lain mendapat duplikat kunci pintu depan sedangkan Dito mendapatkan duplikat kunci pintu belakang. Dan malam itu merupakan malam yang tak dapat dilupakan Dito. Karena malam itu, setelah bermesraan, Dewi meminta Dito untuk tidak datang lagi karena Dewi akan segera menikah dengan Eko, kekasih resminya. Tapi Dito tak terima, ia merasa dirinya dibuang begitu saja. Setelah berdebat cukup hebat, tanpa pikir panjang Dito mengambil pisau dari dapur dan membunuh Dewi.
Dan ternyata kematian Dewi, bukan hanya membuat perubahan dalam hidup Ida yang ternyata sedang hamil anak Dito, tapi beberapa orang yang tadinya tak kenal Ida juga mengalami perubahan. Layaknya Ningsih, adik Dewi yang memiliki sifat berbeda jauh dengan kakaknya. Kini Ida berteman baik dengan Ningsih serta Nurul yang bersikap baik terhadap Ida. Dan yang paling berkesan ialah Eko, calon suami Dewi yang kini menjadi kekasihnya yang mau menerima Ida yang memiliki paket. Dan mereka pun berencana akan menikah setelah Ida resmi bercerai dari Dito yang dengan tega menceraikannya.
Dan tak lama muncul kabar, kalau perhiasan-perhiasan Dewi hilang di bobol maling. Padahal di dalamnya terdapat kalung berlian milik Hari Santoso, kerabat kerja Dewi yang dimana kalung itu belum diluinasi Dewi dengan uang, tetapi menurutnya ia sudah melunasinya dengan sejuta kemesraan. Padahal kalung itu juga bukan milik Hari, melainkan milik tante nya yang menyuruh Hari untuk menjualnya. Dan mau tak mau Ningsih pun melunasi hutang itu menggunakan uang Dewi yang kini menjadi miliknya. Tetapi berkat kalung itu, Ningsih bisa memiliki seorang kekasih yaitu Hari dan Nurul sahabatnya juga mendapatkan kekasih, Leo sepupu Hari.
Masalah tak berhenti di situ, setelah diotopsi ternyata Dewi meninggal dalam kondisi hamil 4 bulan. Dan karena itu Dewi pernah bilang kalau dia ingin segera menikah. Tapi tidak diketahui siapa ayah dari anak itu, karena baik Eko maupun Dito baru berhubungan dengan Dewi sekitar 2 sampai 3 bulan belakangan. Lalu masalah lain datang, dulu saat masih ada, Dewi pernah berfoto tanpa busana dan negative fotonya berada ditangan Irfan, yang merupakan lelaki pujaan Dewi karena ketampanannya. Irfan meminta bayaran atas negative foto itu.. Tapi karena Ningsih tidak memiliki cukup uang, ia pun rela bekerja dengan Irfan sebagai pengantar barang yang tidak ia ketahui isinya. Hal ini dilakukan karena Irfan mengancam akan memberitakan foto itu ke media. Dan pintarnya Ningsih ia telah melaporkan semua itu kepada polisi sehingga para polisi menyamar dan mengikuti Ningsih untuk melakukan penyelidikan. Dan pada hari H penyelidikan itu di buktikan. Dan ternyata Irfan itu merupakan bandar narkoba. Ia pun di penjara dan hidup Ningsih pun sudah bebas dari segala hal yang berhubungan dengan Dewi.
Setahun kemudian, Ida pun telah memiliki status perkawinan dengan Eko. Begitu juga dengan kedua sahabatnya. NIngsih telah menikah dengan Hari dan Nurul menikah dengan Leo. Mereka pun hidup bahagia dengan pasangan masing-masing tanpa mau melihat lagi ke belakang.

Opini:
Menurut saya isi novel i ni bagus. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti.Tetapi pemilihan kata menurut saya terlalu formal. Dalam percakapan antara 2 sahabat bahasanya terlalu formal, tidak seperti bahasa bersahabat melainkan seperti berbicara dengan orang lebih tua. Lalu dari novel ini saya belajar untuk menghargai diri saya, tidak dengan mudah terjerumus ke dalam hal-hal yang tak benar  hanya karena cinta dan belajar untukj bersikap baik kepada siapa saja, karena kalau bagitu orang lain juga akan bersikap baik dengan kita tapi bukan karena pamrih.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: