Lembur Singkur

Kumpulan Karya Pendidikan dan Budaya

ARTIKEL KEKUATAN MIMPI

Posted by lembursingkur pada Juni 15, 2009

(ch. Enung Martina)

KEKUATA N MIMPI

Part 6: Mimpi untuk Manajemen  Stress

Salah satu tujuan penting dari bermimpi adalah membantu kita memahami aspek yang membuat kita stress. Mimpi sebagai manajemen stress membantu kita menyeimbangkan apa yang sepertinya tidak adil dalam hidup kita.

Tubuh kita bereaksi dengan cara yang sama pada saat kita mengalami perubahan baik atau buruk. Mimpi bertindak sebagai barometer kesehatan emosional. Karena kesibukan kita, kita tak pernah mempunyai waktu untuk menganalisis jiwa kita.

Kita mungkin menyimpan atau melupakan kemarahan tanpa menyelesaikan pemicunya. Akhirnya kemarahan akan menumpuk pada jiwa kita. Kemarahan yang tertumpuk akan berusaha keluar dan biasanya akan meledak pada saat yang tepat. Kalau kita tidak bisa mengekspresikan kemarahan, kemarahan itu akan muncul dalam bentuk  mimpi.

Beberapa mimpi mencerminkan kecemasan yang merupakan bentuk lain dari stress. Kecemasan adalah antisipasi terhadap masa depan, terutama rasa takut terhadap hasil yang akan muncul di masa depan. Orang yang mengalami kecemasan merasa khawatir terluka atau kehilangan semua yang berharga (materi-non materi).

Stess yang lain adalah depresi yang melibatkan rasa takut mengenai masa lalu. Deperesi terjadi karena seseorang terus tenggelam dalam perasaan negative. Depresi klinis ditandai dengan hilang nafsu makan, perubahan pola tidur, hilangnya gairah sex, hilangnya minat mengerjakan berbagai hal.

Stress lain disebabkan karena perasaan bersalah. Perasaan ini membuat kita merasa tidak enak, tidak berharga, dan tidak berguna. Perasaan bersalah memang harus dimiliki oleh seseorang jika dia dia melakukan kesalahan agar ia bisa mengoreksi diri dan memperbaikinya. Namun, perasaan bersalah yang berlebihan bisa  merusak dari seseorang.

Berbagai emosi negatif  terpendam  yang dijelaskan di atas bisa menyebabkan seseorang mengalami stress. Perasaan-perasaan itu terkadang kita abaikan karena kita jarang punya waktu secara sengaja untuk menganalisisnya. Mimpi merupakan salah satu cara yang alami untuk mengatasi stress pada diri kita. Dengan menuliskan mimpi kita pada jurnal mimpi dan mengkajinya dapat menolong seseorang untuk mengelola stress.

Dengan menyadari perasaan negatif, kita dapat mengambil langkah tepat untuk menyingkirkan dan memulihkan situasi buruk. Akhirnya kita mampu menerima diri kita apa adanya dan belajar untuk  berpikir dan bertindak positif sehingga dunia mimpi dan dunia nyata kita akan menjadi lebih cerah.

KEKUATAN MIMPI

Part 7: Mimpi  dengan Penafsiran Maknanya

Kalau kita bermimpi hal yang sama terus menerus, itu merupakan pesan penting merupakan pesan penting darai bawah sadar kita.  Mimpi tersebut akan terus menerus muncul samapai kita menyadari pesan yang dikirimkan.

Beberapa mimpi dengan arti simbolnya:

* kamar kecil

mewakili usaha untuk membersihkan diri, kloset melambangkan tempat kita untuk melepaskan sesuatu yang tidak bermanfaat.

* Dikejar (setan, monster, penjahat dll)

Dikejar setan menggambarkan konflik kebaikan dan keburukan.  Menunjukkan bahwa si pemimpi juga sedang dikejar oleh kecanduan, tenggat waktu, tekanan dll.

* Penyusup

Bisa orang yang menyusup ke rumah  kita, atau masuk rumah dengan paksa.

Mewakili aspek dari diri kita yang muncul dari dalam bawah sadar, ada sesuatu atau seseorang yang memaksa masuk dalam kehidupan kita. Bisa juga mewakili mewakili perhatian seseorang yang tidak kita inginkan. Selain itu juga bisa merupakan dampak dari kemarahan, ketidakpuasan, dan kebutuhan untuk berkomunikasi yang terpendam.

* Bencana alam

Kecelakaan, gempa, angina ribut, gelombang pasang, dll. Muncul pada saat kita mengalami gelombang pasang baik positif dan negatif. Mencerminkan perubahan besar dalam kehidupan seseorang. Merupakan gejolak emosi dari orang yang bermimpi. Ada beberapa mimpi tentang bencana alam sebagai sebuah ramalan.

* Mimpi Terbang

Merupakan pengalaman luar biasa. Terbang bisa terjadi dalam keadaan melayang, pakai sayap, dengan kedua tangan, naik pesawat, naik balon udara, dll.

-          Mimpi memberikan perasaan positif. Melihat sesuatu hal dari sudut pandang baru. Memberikan kebebasan dari masalah duniawi. Terkadang mewakili perasaan si pemimpi untuk melarikan diri dari masalah sulit dalam kehidupan sehari-hari.

-          Kategori yang kedua membuat ketakutan (negative). Biasanya berkaitan dengan terbang, tetapi ada kecelakaan pesawat, terjebak, disandera dll. Mewakili perasaan yang terjebak atau tenggelam dalam perasaan negative.  Pesawat juga mewakili status yang lebih besar. Sigmund Freud  menghubungkan mimpi terbang dengan gairah sexual. Carl Jung menganggap mimpi terbang sebagai keinginan untuk membebaskan diri dari kekangan.

* Bertemu Selebriti

Gambaran selebriti mungkin mempengaruhi gambaran dan asosiasi kita terhadap tokoh tersebut. Kita harus melihat gambaran sifat dari tokoh yang dimimpikan. Terkadang mempunyai makna merupakan godaan untuk lari dari kenyataan. Bisa juga berarti bahwa kita melihat kualitas bintang pada diri kita sesuai dengan sifat bintang yang dimimpikan. Ini berkaitan dengan  dengan rasa percaya diri bahwa kita memiliki sifat-sifat yang menonjol seperti selebriti dalam diri kita.

* Bertemu Pemimpin Politik

Pemimpin politik dari masa lampau dan masa kini adalah symbol kekuasaan dan kewenangan. Jika dalam mimpi kita berteman dalam mereka, menunjukkan bahwa kita merasa mampu atau pantas menduduki posisi penting dalam masyarakat.

* Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Almarhum yang kita mimpikan memiliki karakteristik tertentu, misalnya symbol cinta kasih, tanggung jawab, humor, atau hal-hal lain yang kita kenang dalam pribadi mereka. Ada beberapa orang mengalami perasaan keberadaan mereka seolah nyata. Kebanyakan mereka memberikan penguatan. Bila bermimpi buruk tentang mereka, hendaknya kita memaafkan dan mendoakan mereka. Kita adalah entitas yang mengalirkan listrik. Otak dan system syaraf berkomunikasi melalui impuls elektrik. Kenyataannya, keseluruhan materi terdiri dari energi yang bergetar dengan frekuensi yang tepat. Sebagian orang percaya bahwa jiwa masih ada setelah tubuh mati. Terkadang bermimpi  bertemu dengan orang yang sudah meninggal menjadi suatu yang bisa menguatkan orang dalam menjalani hidupnya.

* Bermimpi tentang Sex

Dalam bahasa mimpi selain makna yang pasti yaitu gairah dan hasrat sexual, hubungan sexual juga mewakili penyatuan kualitas dan karakteristik dari dua orang. Penyatuian sexual menunjukkan penggabungan energi, kehidupan, keintiman, atau keinginan untuk menerapkan sifat orang lain.

* Kehamilan dan Bayi

Dalam arti yang mistis kehamilan berarti mewakili proyek kreatif yang harus kita rawat agar terus bertumbuh. Bayi melambangkan adanya kelahiran usaha kreatif yang baru. Bayi juga berarti awal kehidupan baru, kemurnian, serta potensi yang belum ditemukan. Dianggap pertanda baik.

* Mimpi Pakaian

Pakaian sering mewakili sebagai peran yang kita mainkan dalam kehidupan nyata. Baju baru menunjukkan kita baru saja memiliki citra atau peran baru dalam hidup. Baju lama menunjukkan kita mempertahankan pikoran lama atau peran yang sudah usang. Baju dengan jenis kelamin beda menunjukkan bahwa kita bisa memerankan tugas laki-laki/suami atau pereempuan/suami.

* Mimpi Gigi dan Rambut

Tema ini merupakan tema umum dan biasanya berhubungan dengan masalah kesejahteraan, kekuatan, dan kelangsungan hidup.

Mimpi tentang gigi  dapat berhubungan dengan pikiran tentang kelangsungan hidup. Rambut selama ini dikaitkan dengan kekuatan. Mimpi rambut mempunyai tujuan sendiri dalam masalah spiritual. Rambut juga bisa dikaitkan dengan kejantanan, godaan, dan kekuatan.

* Dompet dan Uang

Dompet menyimpan identitas kita. Dompet dan tas tangan mewakili siapa diri kita, atau diri kita yang ingin terlihat oleh orang lain. Kehilangan dompet berarti kehilangan diri sendiri, baik dalam hubungan atau hidup, seperti kehilangan posisi atau pendapatan. Bisa juga bermakna kehilangan seseorang yang berhubungan dengan kita oleh karena kematian atau perceraian. Kebalikannya bila menemukan dompet/tas: kemungkinan kita sedang berusaha mengubah identitas atau cara orang melihat kita. Uang mewakili sesuatu yang kita hargai atau sering dihubungkan dengan harga diri. Berarti akan menemukan sesuatu yang lebih berharga secara pribadi. Yang ditemukan mungkin lebih filosofis, misalnya ekspresi cinta dari teman.

* Bermimpi Rumah

Tubuh adalah rumah bagi roh, pikiran, dan jiwa. Rumah dalam mimpi mewakili tubuh fisik kita. Struktur rumah juga bersifat simbolis. Ruang bawah tanah mewakili alam bawah sadar. Tangga mewakili tulang belakang. Loteng mewakili pikiran serta aspek yang memberikan pencerahan spiritual atau pedoman. Dapur melambangkan makanan dan diet. Kamar mandi mewakili pembersihan dan pelepasan hal-hal yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Kamar tidur melambangkan istirahat, tidur, privasi, sex, pemulihan dalam sakit. Rumah yang kita tinggali semasa kecil mewakili apa yang kita pelajari pada masa kanak-kanak, pikiran di masa kecil yang masih mempengaruhi hidup kita pada saat ini, juga berkaitan dengan rasa aman. Mimpi rumah yang pernah kita tinggali pada masa tertentu berkaitan dengan sesuatu yang terjadi pada masa tersebut. Mimpi membangun, merenovasi rumah berarti berkaitan dengan perubahan besar dalam hidup.

* Bermimpi tentang Penginapan

Menunjukkan bahwa kita ingin menjauh untuk mendapatkan sudut pandang baru, beristirahat, dan relaksasi. Selain itu penginapan juga menunjukkan sedang berhadapan dengan situasi temporer karena penginapan adalah tempat tinggal sementara.

* Memimpikan kendaraan

pesawat, kereta, mobil, atau kendaraan apa pun mewakili tubuh. Tubuh merupakan kendaraan bagi jiwa kita. Jika menjadi penunpang berarti kita mengikuti ke mana yang membawa kita. Kita tidak mengendalikan diri kita. Orang lain yang mengendalikan kita. Kalau kita bermimpi menyetir berarti kita kita bisa mengendalikan hidup kita. Jika kendaraan bergerak tanpa kendali hendaknya kita memperhatikan kesehatan kita, makanan, kecanduan, atau stress yang dirasakan. Jika kendaraan kita mendaki/naik bukit atau gunung itu berarti kita bergerak menuju tujuan hidup kita.

* Mimpi Lift

Naik lift artinya: peningkatan hidup, karir, kesadaran, status.

Turun lift            : kehilangan status, penghargaan diri

* Bencana alam

Kecelakaan, gempa, angin ribut, gelombang pasang dll. Muncul pada saat kita mengalami gelombang pasang kehidupan baik yang negatif atau positif dan juga beberapa orang mengalami bencana sebagai peringatan sebelum bencana sungguhan terjadi. Penyebab mimpi bencana adalah gejolak emosi.

* Mimpi Binatang

Binatang mengingatkan pada sifat primitif dan naluriah yang kita miliki.

*Mimpi air (laut, danau, sungai, kolam)

Air dihubungkan dengan Maha Pencipta yang merupakan sumber dari segalanya. Air juga merupakan simbol bawah sadar yang dapat mengarahkan kehidupan dan memotivasi perilaku kita.  Air mempunyai aspek emosional dalam diri kita. Air dalam jumlah besar mewakili emosi yang mendalam, air yang bergelombang mewakili emosi yang  bergejolak, air kotor dapat berarti emosi yang dirasakan tidak jelas. Gelombang pasang adalah peningkatan emosi yang kuat, pasang surut menunjukkan pergerakan emosi. Hujan merupakan pembersihan emosi negatif, juga pertumbuhan baru. Air terjun mewakili titik balik emosi dan juga mewakili pelepasan sexual. Kolam, danau, dan air dalam jumlah kecil menunjukkan emosi yang tertahan dan berbagai hal yang terpendam.

* Mimpi adegan kekerasan

Bisa jadi terpengaruh adegan kekerasan di dunia nyata (berita, kejadian yang dirasakan-dialami, dilihat, didengar). Bisa juga sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan diri dari ketertekanan yang dirasakan untuk bisa melawan dalam dunia nyata, tetapi tidak bisa melakukannya. Bisa juga peringatan alam bawah sadar yang menyarankan kita mencari bantuan.

Mimpi tentang darah mewakili kuasa kehidupan dan energi kehidupan. Jika berdarah berarti kita kehilangan kuasa/energi kehidupan.

Kekerasan juga bisa merupakan refleksi kemarahan jika kita pelaku, dan perasaan rapuh jika kita yang menjadi korban. Bisa juga merupakan tindakan menyeimbangkan situasi. Di dunia nyata kita menjadi korban dalam dunia mimpi kita pelaku kekerasan.Bisa pula merupaan ungkapan kemarahan yang terpendam dalam hidup nyata kita.

* Mimpi Burung/Serangga

Burung mewakili kebebasan. Burung dalam sangkar mewakili perasaan terbelenggu. Burung elang mewakili perbedaan, formalitas yang kaku. Bila berwarna hitam dan putih mewakili sisi baik dan sisi buruk dalam diri seseorang. Burung merah mewakili kesombongan dan harga diri.

Serangga diartika sebagai ganguan.

* Mimpi Sekolah/Ujian

Mimpi sekolah berarti menunjukkan awa kita memiliki kesempatan untuk belajar (juga termasuk pelajaran kehidupan yang tidak terjadi di sekolah formal)

Mimpi kembali ke sekolah di masa lalu artinya mungkin kita berhadapan dengan masalah/pelajaran pada masa lalu.

Mimpi tidak menemukan ruang ujian muncul kalau kita merasa dihakimi atau diuji dalam kehidupan nyata.


About these ads

7 Tanggapan to “ARTIKEL KEKUATAN MIMPI”

  1. jika mimpi lainnya,,,

  2. Titin Ritmi said

    makasih, bagus sekali anlisis mimpinya….

  3. siswanto said

    kalau mimpi ikut pendidikan prajabatan lagi apa maknanya?

  4. Devy said

    bagus artikelnya …
    aku mimpi kembali ke masa sekolah uda 2 kali dlm 1 mnggu ini. yg pertama mimpi masih di bangku SMA kls 3 wKtu pengambilan ijazah. yang kedua mimpi masih smp kelas 3 pengambilan raport. apa ini maksud dari alam bawah sadar saya ya ???
    mohon yang mengerti tolong dijelaskan

    • lembursingkur said

      Untuk Devy:
      mencoba menafsir mimpi berdasarkan semantik/makna kata ya:
      masa sekolah: masa mencari ilmu, masa belajar, masa yang penuh antusias untuk belajar sesuatu
      kelas 3: kelas terakhir, masa akhir dari sebuah pembelajaran, masa terakhir dari perjuangan
      pengambilan ijazah: tanda bukti tamat belajar, bukti perjuangan, bukti kelulusan
      pengambilan rapot: bukti – hasil belajar, hasil perjuangan
      SMP-SMA: masa remaja, masa ceria
      mimpi sampai 2x : pengulangan. Berarti ada sesuatu yang penting terutama pada kelas 3 dan pengambilan rapot/ijazah.

      Saran : Coba dilihat apakah ada kesinambungan dengan perjalanan hidupmu. yang bisa mengartikan mimpi itu adalah diri kita sendidri. Orang lain hanya membantu menafsir. alasannya: karena yang mengalami liku-likunya hidup adalah dirimu.

      Selamat merefleksikan arti mimpimu!

      Salam
      Admin

  5. siti jafiyah said

    trimakasih, artikel di atas sgt membantu,

    tp sy mau tanya arti mimpi:
    sy khilangan d0mpet putih, yg dikasih mantan pacar saya.
    dan di saat yg sama, sy jg kehilangan spdh m0t0r yg sya pinjam dr tman saya yg saat itu jg ada dlm mimpi saya tman2 sy menikah.
    trimakasih

  6. salmon said

    saya bermimpi dompet saya hilang,
    nah saya baca artiker diatas kok beda dengan artikel yang lain.

    jadi bingung

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: